Tips Dekorasi dan Desain Rumah dengan Ilmu Fengshui

Peran seorang interior designer dalam mendekorasi sebuah ruangan sangat besar. Kini banyak orang mulai menggunakan jasa designer untuk menyesuaikan ruangan atau interior rumahnya agar sesuai dengan yang diinginkan. Dalam mendesain ruangan, setiap orang lebih menonjolkan gaya pribadi masing-masing, dan setiap orang tentunya memiliki pandangan yang berbeda, walaupun saat ini garisnya lebih banyak ke arah yang lebih simple, seperti profil profilnya lebih sedikit, penyelesaian lantai dan penyelesaian dinding memakai garis – garis yang lebih sederhana.

Haruskah kita menyewa jasa seorang desainer interior?
Ya atau tidaknya kita menyewa jasa seorang design interior adalah soal yang menarik untuk dijawab. Jadi walaupun ukurannya kecil atau besar ruangan itu sebetulnya tetap bisa menghasilkan design yang baik. Jadi tergantung berapa pandai kita merespon ruangan.

desain rumah fengshui

Apa yang harus pertamakali diperhatikan saat menentukan letak furniture?
Yang pertama adalah kita harus melihat posisi – posisi pintu terlebih dahulu. Posisi pintu akan menentukan sirkulasi ruangan itu seperti apa. Jadi jangan kita taruh sofa atau kursi yang menghalangi jalan menuju ke suatu ruangan. Hal itu tentu tidak nyaman, bukan? Setelah menentukan seperti apa gambaran sirkulasi dalam ruangan maka pada daerah yang lebih bebas, bisa kita meletakkan furniture.

Seperti apa material furniture yang sebaiknya digunakan?
Material yang digunakan pada furniture itu ada beraneka ragam, mulai dari yang natural sampai yang sintetis. Yang natural contohnya seperti kayu rotan bambu adalah sesuatu yang menarik. Selain itu, ada juga yang berbahan sintesis bisa dipakai untuk luar ruangan karena mudah dibersihkan. Mengingat variasi bahannya cukup banyak, maka pilihan yang terbaik itu kembali lagi kepada konsep yang kita inginkan dan juga budgetnya.

Tips untuk mendekorasi ruangan
Yang pertama kita harus inventaris dulu barang apa saja yang kita miliki, dan kita juga harus cek anggaran yang kita sediakan. Dari hal itu kita akan lebih mudah menentukan apa saja yang mesti ditambahkan dan yang masih kurang di dalam rumah atau ruangan. Tips yang kedua dalam mendesain atau mendekorasi ruangan adalah kita harus memang menyukainya. Jangan sampai hanya karena sedang trend, kita memaksakan gaya tersebut padahal kita sendiri tidak comfortable dengan design tersebut. Jadi yang perlu diingat adalah jangan terlalu memaksakan, dan style design itu tidak mesti mahal.


Mendesain Rumah Ala Fengshui


Keindahan rumah tak hanya cukup dilihat dari luarnya saja, tapi dekorasinya pun harus diperhatikan. Permainan warna, efek cahaya, dan tata letak furniture yang ada di dalam ruangan harus ditata dengan baik dan benar. Bagaimanakah pendapat dan tips mendesain rumah berdasarkan pakar fengshui? Dilansir dari sebuah media televisi seorang pakar fengshui bernama Yohan Suyangga mengungkapkan pendapatnya. Menurut pendapat beliau, membangun rumah yang paling bagus adalah “rumah yang berdaging” atau rumah yang gendut.

Rumah yang gendut itu maksudnya adalah rumah yang melebar, bukan yang tinggi atau yang memanjang ke dalam. Rumah yang melebar artinya selalu membawa rejeki untuk anak cucu dan pasangan hidup. Didalam ruangan rumah harus terdapat foto keluarga yang mencerminkan keharmonisan. Makin besar foto keluarga yang terpajang, semakin harmonis keluarga tersebut.

Kesalahan banyak orang dalam adalah penetapan dapur. Posisi dapur seringkali ada di depan rumah, hal ini tidak baik. Demikian juga posisi septitank atau WC yang berada di dalam rumah, karena lebih baik berada terpisah dari rumah.

Pemilihan warna rumah yang bagus adalah menghindari warna biru di dalam rumah, karena biasanya lebih cepat membangkitkan emosi. Warna biru yang dicatkan pada dinding kamar anak-anak akan membuat anak-anak mudah bertengkar dan cuek. Pemilihan warna rumah yang bagus untuk lantai adalah menghindari warna merah pada bagian depan rumah, karena cenderung membangkitkan emosi sehingga menggangu keharmonisan keluarga.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait