Ingin Tidur Nyenyak, Lakukan 5 Hal Ini

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang paling berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari seseorang. Dengan menjalani tidur yang cukup dan berkualitas, maka secara otomatis seseorang akan menjadi sehat sekaligus siap untuk beraktivitas secara penuh di hari tersebut. Sebaliknya, jika tidur yang dijalani tidak cukup dan tidak berkualitas, maka hampir segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang dalam hari tersebut akan menjadi tidak maksimal. 

Nah, apa sajakah yang harus dilakukan agar kita memiliki tidur yang baik dan berkualitas? Simak tips tips berikut ini.

tidur nyenyak

Tips pertama, berkegiatanlah yang cukup selama siang hari. Salah satu faktor utama tingkat lelapnya tidur seseorang adalah tingkat kelelahan yang dialami sepanjang siang hari. Namun bukan sekedar lelah karena pekerjaan, tetapi lelah yang juga didapatkan melalui aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan. Hal ini dapat dicapai melalui olahraga singkat selama 30 hingga 60 menit. Tetapi ada catatannya, jangan pula berolahraga ketika mendekati waktu tidur karena justru akan kembali membangunkan tubuh yang sebenarnya sedang bersiap untuk tidur.

Tips kedua, jauhkan alat elektronik apapun dari tempat tidur Anda, mulai dari telepon genggam, gadget – gadget lainnya, komputer maupun laptop. Ketika Anda mencoba untuk tidur, tentunya akan terganggu dengan sebuah pesan masuk atau notifikasi dari gadget tersebut, sehingga membuat Anda kembali terjaga. Dengan demikian tubuh yang mencoba untuk beristirahat akan terus – menerus siaga sekaligus menggeser waktu tidur Anda.

Tips ketiga, buatlah ruangan tidur Anda senyaman dan sekondusif mungkin untuk tidur. Beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan mematikan lampu serta peralatan elektronik, sehingga tidak ada lagi cahaya maupun suara – suara yang mungkin mengganggu tidur Anda. Selain itu, jika Anda mengunakan pendingin ruangan pastikan suhu ruangan berada pada temperatur yang tepat dan nyaman bagi Anda.

Tips ke empat, biasakan untuk tidur dan bangun secara teratur. Dengan menjaga waktu tidur serta bangun, maka dengan otomatis tubuh akan mengatur waktu tersebut. Hal ini akan memberi dampak cukup baik bagi tubuh mulai dari bangun pagi dengan badan segar hingga mudah untuk tidur di malam hari. Menjaga waktu tidur dan bangun harus dilakukan setiap hari bahkan termasuk juga di hari libur.

Tips kelima, hindari mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein, nikotin dan juga alkohol. Kafein sendiri terdapat dalam berbagai macam minuman, seperti kopi, teh, minuman ringan, serta coklat. Sementara nikotin terdapat pada rokok, dan alkohol tentunya terkandung dalam berbagai minuman keras. Zat kafein dan nikotin merupakan stimulan, di mana zat ini akan membuat orang terjaga. Sementara alkohol dapat mengganggu siklus tidur karena alkohol dapat membuat orang yang mengkonsumsinya dapat tiba-tiba terbangun dari tidurnya ketika efek alkohol tersebut sudah menghilang dari otaknya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait