Pangkalan Agen Makin Mudah Beli Elpiji dengan Mocash Pertamina LPG

Jika selama ini sebagian pelaku bisnis atau pemilik pangkalan gas lpg melakukan pembayaran ke agen dengan cara tunai, maka sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mocash BRI. Apa itu Mocash BRI? MoCash atau Mobile Cash adalah fitur pembayaran atau transaksi yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia dengan memakai perangkat mobile. Mocash BRI merupakan salah satu inovasi yang diluncurkan bank nasional tersebut guna mewujudkan misi masyarakat non tunai. Mocash BRI telah banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak, dan salah satunya adalah PT Pertamina (Persero). 

Perusahaan negara di sektor energi tersebut telah menjalin kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan meluncurkan fasilitas pembayaran elpiji 3 kilogram (kg) menggunakan Mocash BRI. Aplikasi milik BRI tersebut terhubung secara host to host dengan Sistem Monitoring Penyaluran LPG 3 kg atau SIMOL3K yang dinamakan Mocash Pertamina LPG.

mocash bri

Menurut Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga, seperti yang dilansir dari laman Republika, mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama dan sinergi bisnis kedua BUMN tersebut, maka diharapkan dapat mempermudah proses transaksi pembayaran dari pengusaha pangkalan elpiji 3 kg kepada agen Pertamina. Beliau menyatakan bahwa dengan Mocash Pertamina LPG, risiko pembayaran yang sebelumnya banyak dilakukan secara tunai akan semakin kecil karena telah dilakukan secara cashless, serta juga penghitungan secara real time online sehingga terbuku dengan baik pada sistem.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pelaku usaha pangkalan gas elpiji harus menjadi nasabah di Bank BRI. Jika anda merupakan nasabah BRI yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif serta telah melakukan registrasi sms Banking, maka anda hanya perlu mendownload aplikasinya pada ponsel anda. Untuk handphone Android mengunduhnya di Play Store, untuk iPhone dapat mendownload di App Store, ponsel Blackberry dapat mendownload di Blacberry App World,  dan hape dengan sistem operasi Windows Phone dapat mendownload di Windows Market. Jika sudah terinstal, anda bisa melakukan transaksi pembelian tabung gas elpiji 3 kg menggunakan MoCash. Caranya, buka atau masuk ke aplikasi BRI Mobile kemudian  pilih Mobile Banking BRI, dan pilih Mocash, selanjutnya pilih Mocash Pertamina LPG. Adapun data-data yang perlu dimasukkan saat bertransaksi adalah store ID agen  (8 digit kode agen), jumlah pembayaran, ID pangkalan (15 digit), jumlah tabung elpiji (sesuai kuota yang diberikan Pertamina), dan tanggal pengiriman. Setelah transaksi sukses, pihak agen dan pangkalan akan mendapatkan notifikasi melalui pesan singkat di ponselnya masing-masing.

Integrasi sistem ini membuat proses transaksi menjadi lebih mudah, serta bagi pihak Pertamina sendiri akan dapat lebih mudah melakukan pengontrolan dan monitoring terhadap penyaluran kuota tabung produk gas elpiji. Bagi anda selaku agen penyalur, dapat memonitoring transaksi  melalui situs http://agen.bri.co.id.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait