Mengenal Sosok 17 Anak Muda Indonesia yang Masuk Daftar Forbes

Baru-baru ini majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes telah merilis daftar tahunan yang berisi tentang para pemuda di Asia yang diprediksi memiliki potensial untuk sukses. Forbes membagi kelompok pemuda berdasarkan 10 kategori, dan masing - masing kategori berisi 30 pemuda pilihan. Sehingga dalam daftar 30 Under 30 Asia tersebut terdapat 300 muda-mudi di Asia yang berusia di bawah 30 tahun dengan segudang prestasi yang membanggakan. Adapun 10 kategor tersebut antara lain: Entreprise Tech, Consumer Tech, Retail and e-Commerce, Social Entrepreneur, Manufacturing and Energy, Entertainment and Sports, Healthcare and Science, The Arts, Media Marketing and Advertising, serta Financial and Venture Capital.

Nah, 300 individu yang dipilih Forbes tesebut, ternyata terdapat 17 muda-mudi yang berasal dari Indonesia. Sebagian dari mereka merupakan pimpinan usaha rintisan (start up) yang berpotensi menjadi perusahaan besar. Siapakah 17 orang yang menjadi kebanggaan Indonesia di kancah Asia? Inilah sekilas deskripsinya:

1. Joey Alexander Sila (12 thn), profesi musisi, kategori Entertainmet & Sports


joey alexander sila

Walaupun usianya baru beranjak 12 tahun, namun prestasi anak kelahiran Denpasar ini sudah mencengangkan dunia. Kemampuan bermain piano dan memainkan musik jazz membawanya ke tangga kesuksesan di usia yang belia. Dalam acara penghargaan Grammy Awards tahun 2016 ini, Joey menjadi artis pembukanya. Penampilannya mampu membuat banyak orang kagum dan memberikan standing official dengan meriah. Tak salah jika Forbes memilihnya sebagai salah satu orang berbakat di Asia dalam bidang seni. Banyak pula orang yang berkomentar bahwa Joey adalah salah satu keajaiban Indonesia. 

2. Carline Darjanto (28 thn), profesi entrepreneur, kategori Retail & Ecommerce
Wanita muda ini telah sukses membangun kerajaan bisnis di bidang fashion dengan brand Cotton Ink. Mengawali bisnis pembuatan kaos di tahun 2008 bersama sahabatnya, Ria Sarwono, merek Cotton Ink sukses mendapatkan sambutan pasar, serta memperoleh berbagai penghargaan, seperti Best Local Brand dari Free Magazine, Most Favorite Brand di Brightspot Market; The Most Innovative Brand dalam Cleo Fashion Award (Jakarta Fashion Week); serta terpilih sebagai merek lokal favorit In Style Magazine tahun 2012. 

3. Yasa Paramita Singgih (20 thn), profesi entrepreneur, kategori Retail & Ecommerce
Meskipun usianya baru beranjak 20 tahunan, namun pria kelahiran April 1995 ini telah memiliki omset bisnis ratusan juta rupiah. Jenis bisnis yang dirintisnya sejak di bangku sekolah adalah fashion khusus pria dengan merek Men's Republic.

4. Merrie Elizabeth (28 thn), profesi entrepreneur, kategori Retail & Ecommerce
Wanita muda ini baru memulai terjun ke dunia entrepreneur pada akhir tahun 2014 lalu dengan merintis startup Blobar Salon, yakni sebuah jasa kecantikan ekspress dan ekonomis. Bersama partnernya, Ninda, ia merintis bisnis di bidang jasa kecantikan.

5. Ferry Unardi (28 thn), kategori Retail & Ecommerce
Mungkin anda sudah familiar dengan brand Traveloka yang iklannya sering wara-wiri di televisi. Ya, brand produk startup reservasi pesawat yang lebih modern, fleksibel dan praktis tersebut merupakan buah karya Ferry Unardi. Pria kelahiran tahun 1988 ini telah sukses membangun perusahaan rintisan yang besar meskipun untuk mewujudkannya, ia harus berhenti kuliah.

6. Peggy Hartanto (27 thn), kategori Arts
Peggy Hartanto merupakan seorang desainer asal Surabaya dengan prestasi yang diakui internasional. Wanita lulusan Raffles College of Design and Commerce di Sydney ini memang mengawali karirnya dengan bekerja pada desainer Australia, Collette Dinnigan. Hasil karyanya banyak dikagumi pengamat mode, sehingga pantaslah ia terpilih sebagai sosok muda berbakat versi Forbes.

7. Helga Angelina Tjahjadi (25 thn), kategori Arts
Bermula ingin hidup sehat akibat penyakit yang disandangnya, Helga Angelina sukses membangun bisnis makanan sehat dengan merek Burgreens. Layanan pesan antar dan menu resep yang lezat, menyebabkan produknya digemari banyak orang.

8. Abraham Ranardo (25 thn), kategori Enterprise Tech
Di bidang teknologi enterprise, salah satu sosok berbakat yang dipilih Forbes adalah Abraham Ranardo, yang merupakan pendiri startup Mailbird. Mailbird merupakan sebuah produk email yang tampil minimalis, praktis, dan menarik.

9. Moses Lo (27 thn), kategori Finance & Venture Capital
Moses Lo adalah founder sekaligus CEO dari startup Xendit yang merupakan layanan mobile payment peer to peer dengan fokus layanan bisnisnya di kawasan Asean. Di Forbes, Moses Lo disebut sebagai orang Indonesia, padahal sebenarnya kewarganegaraannya adalah Australia, cuma ibunya yang berasal dari Indonesia.

10. Abraham Viktor (23 thn), kategori Finance & Venture Capital
abraham viktor taralite
Taralite merupakan startup yang bergerak di bidang finansial, terutama sebagai penyedia pinjaman online. Dalam layanan ini, para pengguna bisa meminjam uang untuk memenuhi beragam keperluan, misalnya untuk biaya pengobatan di rumah sakit, bayar biaya pendidikan, pesta pernikahan, persalinan, renovasi rumah, kredit usaha, hingga pendanaan umrah. Start up ini didirikan oleh Abraham Viktor pada Agustus 2015 dan hingga kini mereka mengklaim telah berhasil menjaring lebih dari 300 pengajuan pinjaman setiap bulannya. Dan ini menjadi sebuah potensi luar biasa yang dilihat Forbes.

11. Kevin Aluwi (29 thn), kategori Consumer Tech
Jika anda tinggal di Jakarta dan sering menggunakan jasa layanan ojek online, maka sosok itu mungkin sudah cukup anda kenal. Dengan konsep bisnis seperti Uber Taxi, Kevin sukses membangun startup Go-Jek.

12. Benny Fajarai (25 thn), kategori Consumer Tech
Nah, jika anda ingin menjual produk kerajinan tangan secara online, maka market place Indonesia yang bagus ada di Qlapa. Sang pendiri startup ini adalah Benny Fajarai yang membangunnya pada April 2015 lalu.

13. Arief Widhiyasa (28 thn), kategori Consumer Tech
Hobinya yang senang dengan teknologi game membuatnya rela drop out demi mengembangkan aplikasi permainan. Bersama 16 teman lainnya, Arief Widhiyasa sebagai Chief Executive Officer (CEO) Agate Studio, developer game lokal asal Bandung, telah menghasilkan 100 lebih game baik untuk personal computer maupun untuk perangkat mobile.

14. Heni Sri Sundani Jaladara (28 thn), kategori Social Entrepreneurs
Wanita ini merupakan mantan TKI yang sukses mendirikan Smart Farmer Kids In Action. Komunitas sosial dan destinasi wisata yang ia bangun berhasil memberdayakan para petani dan keluarganya.

15. Muhammad Alfatih Timur (24 thn), kategori Social Entrepreneurs
Forbes memilih Muhammad Alfatih Timur biasa disapa Timmy sebagai kandidat yang berbakat dalam social entreprise. Berawal dari pembelajaran di Rumah Perubahan milik Rhenald Kasali dan pengalaman hidup di pulau Buru, ia kemudian merintis kegiatan sosial melalui starup KitaBisa.

16. Mesty Ariotedjo (26 thn), kategori Healthcare & Science
Wanita kelahiran April 1989 ini merupakan Co-founder WeCare.id. Dia juga seorang model cantik dan pemain harpa Indonesia. Dia terpilih sebagai brand ambassador Nivea pertama.

17. Leonika Sari Njoto Boedioetomo (22 thn), kategori Healthcare & Science
Wanita ini merupakan founder RedBlood, sebuah aplikasi bermisi kemanusiaan yang diberi nama Blood Bank Information System (Bloobis). Aplikasi Bloobis merupakan database bank darah yang berguna untuk mempermudah pencarian donor darah, terutama di saat genting (emergency). Starup RedBlood tersebut telah memenangkan berbagai penghargaan, di antaranya adalah MITx Global Entrepreneurship Bootcamp dari Massachusetts Institute of Technology. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait