Mengenal Bisnis Paytren, Cara Daftar dan Sistem Kerjanya

Apa itu paytren? Paytren merupakan produk aplikasi (software) yang digunakan untuk memudahkan transaksi dengan perangkat mobile (handphone atau tablet). Aplikasi paytren tersebut dapat digunakan untuk transaksi berbagai keperluan seperti membeli pulsa hape, pulsa listrik, membeli voucher game, membayar tagihan telepon, PDAM, bayar tiket pesawat, belanja online, hingga juga bayar cicilan di Adira. 

Dengan menggunakan Paytren, berbagai aktivitas transaksi dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel anda. Paytren dikembangkan oleh perusahaan PT. Veritra Sentosa International yang digagas sang pendirinya, Ustad Yusuf Mansur pada tahun 2013.

paytren

Latar belakang Ustad Yusuf Mansur membangun bisnis aplikasi jasa ini tidak terlepas dari perkembangan pengguna handphone di Indoensia yang kian banyak tiap tahunnya. Hal ini berarti kebutuhan terhadap pulsa sangat besar. Selain itu, ponsel ternyata tidak hanya semata-mata digunakan untuk sarana komunikasi saja, tetapi dapat pula dijadikan media untuk melakukan transaksi pembayaran beragam keperluan. Apalagi saat ini masih sangat sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kartu kredit atau ATM yang biasa digunakan untuk sarana transaksi pembayaran. Ustad Yusuf Mansur melihat kondisi ini sebagai peluang bisnis dengan menjembatani antara kebutuhan transaksi dan gaya hidup masyarakat melalui aplikasi yang disebut Paytren.

Saat ini ada ribuan aplikasi yang berfungsi sebagai sarana transaksi untuk berbagai keperluan. Bahkan setiap lembaga keuangan juga telah menyediakan aplikasi tersendiri dengan sistem yang canggih dan praktis. Lalu, apakah keistimewaan Paytren dibandingkan dengan aplikasi - aplikasi pembayaran sejenis? Jawabannya adalah bisa bisa dioptimalkan untuk menghasilkan uang (bisnis). Ya, Paytren memberikan peluang kepada anda untuk bisa menghasilkan pendapatan ekstra. Selain berguna memudahkan transaksi untuk keperluan pribadi dan keluarga, seperti membeli pulsa dan bayar tagihan listrik, aplikasi Paytren juga memberikan kesempatan pada anda untuk dijadikan bisnis sampingan yang profitable. 

Mungkin sistem kerja dalam bisnis di aplikasi Paytren hampir mirip dengan Multi Level Marketing (MLM). Anda akan bisa memperoleh pendapatan banyak jika mampu membangun jaringan dan komunitas yang besar. Artinya, semakin banyak orang yang bisa anda ajak menggunakan aplikasi Paytren melalui referensi anda, maka semakin besar keuntungan (bagi hasil) yang menanti anda. Setiap profit transaksi yang dilakukan oleh downline mitra anda (misal beli pulsa) akan dibagi keuntungannya dengan anda, perusahaan, upline, dan juga disedekahkan. Jadi berbisnis sambil beramal.

Meskipun sistem bisnis yang dibangun dalam produk Paytren tersebut agak menyerupai MLM, namun terdapat sejumlah perbedaan yang diyakini sudah sesuai dengan kaidah-kaidah Islam. Dalam bisnis paytren, anda ditawarkan atau menawarkan produk yang jelas, yakni software aplikasi yang harganya sudah sesuai dengan harga pasaran yang berlaku. Berbeda dengan MLM lainnya yang cenderung menawarkan produk yang harganya 30% lebih tinggi dari harga rata-rata di pasaran. Hal ini tentu dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai Islami. Selain itu, bisnis paytren memberlakukan keanggotaan seumur hidup dan dapat diwariskan (dipindahkan) ke anggota keluarga anda. Ini berbeda dengan bisnis MLM lainnya yang memungut iuran keanggotaan tiap tahun dan tidak dapat dipindahtangankan. 

Ketika anda telah bergabung dalam komunitas paytren (treni), anda tidak diwajibkan untuk merekrut anggota lain, karena aplikasi yang anda miliki tersebut cukup digunakan untuk keperluan anda sendiri. Jadi sebagai downline, tentu anda tidak merasa dirugikan, bukan? Nah berbeda dengan MLM lainnya yang mengharapkan anda agar merekrut anggota baru, dan jika tidak berhasil, mungkin sebagai downline, anda akan merasa buntung karena tidak mendapatkan apa-apa. Ustad Yusuf Mansur dengan ilmu agamanya telah mendesain bisnis paytren-nya dengan sangat cermat agar bisa bermanfaat bagi umat luas serta tidak menyimpang dari  syariat Islam.


Cara dan Syarat Pendaftaran Paytren

Untuk menjadi anggota dari komunitas paytren atau disebut dengan treni, caranya cukup mudah. Yang anda perlukan adalah pihak sponsor (orang yang telah menjadi anggota paytren). Sponsor inilah yang akan menjadi pintu masuk anda menuju komunitas treni.

Untuk menemukan orang yang dapat menjadi sponsor anda bukanlah hal yang sulit. Kunjungi situs resminya di www.treni.co.id, kemudian cari pada menu Agency untuk menemukan calon sponsor yang representatif dengan wilayah anda. Lakukan komunikasi agar bisa mereferensikan anda sebagai anggota di komunitas Paytren.

Ada dua jenis keanggotaan yang bisa anda pilih, yakni sebagai mitra pengguna dan mitra pebisnis. Mitra pengguna akan mendapatkan lisensi aplikasi Paytren dengan fitur terbatas, yakni hanya untuk pembelian pulsa dan voucher game. Biayanya sekitar Rp 25.000. Sementara sebagai mitra pebisnis, anda akan mendapatkan hak lisensi aplikasi dengan fitur lengkap, serta diperbolehkan untuk menawarkan aplikasi tersebut kepada calon member baru.

Sebagai mitra pebisnis, kegiatan anda dalam memasarkan produk aplikasi tersebut akan mendapat imbalan berupa uang tunai, voucher, dan hadiah lainnya. Selain itu, anda juga berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dalam sistem bagi hasil (cash back) yang diperoleh perusahaan dari keuntungan transaksi yang dilakukan member yang ada di bawah anda. Jadi, keuntungan dari peluang bisnis Paytren ini cukup menjanjikan, asalkan anda giat memperluas jaringan anda. Nah, biaya minimal yang dibutuhkan untuk menjadi mitra pebisnis di Paytren adalah sebesar Rp 350.000 (paket basic).

Nah, beberapa hal lain yang perlu anda siapkan saat pendaftaran sebagai mitra pebisnis antara lain: nomor HP, email, data diri (KTP), dan rekening bank. Ada baiknya anda juga memakai smartphone android agar bisa menggunakan aplikasi Paytren untuk memudahkan proses transaksi dan menjalankan bisnis Paytren. Contoh hape Android misalnya Samsung Galaxy, Oppo, Evercoss Android, LG G, Sony, dan masih banyak lagi merek lainnya. Namun ingat, ponsel Android yang anda miliki harus minimal versi ICS (Ice Cream Sandwich).

Setelah anda didaftarkan dan melakukan pembayaran registrasi melalui sponsor anda, maka anda akan menerima nomor Kode Serial untuk aktivasi keanggotaan anda. Setelah menerima kode aktivasi, lakukan  download aplikasi Paytren di Palystore lewat ponsel Android anda. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi dan isi data dengan benar dan lengkap. Setelah proses aktivasi berhasil anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS berupa Password, PIN dan ID Treni (ingat jangan kasihkan ke siapapun termasuk sponsor anda) dan juga akan mendapatkan kiriman starterkit melalui email yang telah anda daftarkan. Anda telah resmi bergabung menjadi member Paytren dengan status keanggotaan sebagai mitra pebisnis.

Bagaimanakah caranya agar sukses menggeluti bisnis di Paytren?

Kunci utama untuk sukses dalam bisnis ini adalah membangun jaringan yang luas dan besar. Profit yang anda terima bukan hanya berasal dari bagi hasil perekrutan member baru saja, tetapi juga sistem bagi hasil yang diperoleh dari keuntungan transaksi yang dilakukan downline anda. Misalnya downline anda melakukan pembelian pulsa, maka hasil keuntungan tersebut akan dibagi menjadi cashback ke rekening anda. Bayangkan jika anda memiliki 10 mitra, dan masing-masing mitra tersebut mempunyai downline 10 anggota, maka anda membawahi 100 member. Jika mereka melakukan transaksi pembayaran pulsa, maka ini tentunya akan memberikan peluang keuntungan yang berlipat untuk anda. Jadi, anda harus aktif  memperluas jaringan, baik itu dengan memanfaatkan media sosial (facebook, twitter, dsb) dan juga menggunakan website profesional.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait