Hitung Bea Masuk Pajak Impor Anda dengan Aplikasi Ini

Tak perlu repot - repot lagi mencari orang ahli dalam hitung - hitungan bea masuk pajak impor, karena dengan Aplikasi Kalkulator Pabean, Anda akan dapat memperkirakan jumlah biaya pajak yang harus anda bayarkan ketika melakukan penerimaan barang dari luar negeri. Aplikasi Kalkulator Pabean ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang berbasis Android ini berguna untuk membantu masyarakat terutama orang awam dalam mengkalkulasikan biaya masuk yang dikenakan saat melakukan impor barang.

Bagi para importir yang sudah sering berurusan dengan jual beli barang dari luar negeri, mungkin menghitung kalkulasi bea masuk sudah menjadi hal yang biasa. Nah, sementara bagi mereka yang hanya sesekali menggunakan jasa bea cukai, maka aplikasi ini bisa memberi gambaran umum. Misalnya penumpang yang membawa barang dari luar negeri atau mereka yang mengirimkan barang ke Indonesia, dapat memanfaatkan aplikasi yang berukuran 0,9 MB ini.


Saat anda ingin mengirimkan barang dari luar negeri ke Indonesia, anda akan mendapatkan tagihan dari penyedia jasa pengiriman. Nah, sebagian orang sering mengira bahwa tagihan yang harus dibayarkan tersebut hanya berupa bea masuk dan pajak. Padahal terdapat juga biaya penanganan barang yang diminta oleh penyedia jasa ekspedisi yang anda gunakan.

aplikasi pajak bea cukai

Dengan aplikasi sederhana ini, diharapkan masyarakat luas yang ingin mengirimkan atau menerima barang dari luar negeri dapat menghitung sendiri bea masuk yang dibebankannya, sehingga tidak mudah tertipu atau dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meskipun aplikasi ini masih sederhana dan hanya tersedia untuk perangkat Android saja, ke depannya akan terus dikembangkan fitur-fiturnya, dan akan disediakan pula untuk OS lainnya. Saat ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memiliki 2 aplikasi resmi, yakni aplikasi Media Center Bea Cukai dan Kalkulator Pabean. Menurut pengakuan Arief Pudbok yang merupakan Kepala Seksi Publikasi dan Dokumentasi, pihak bea cukai berencana akan meluncurkan beberapa aplikasi lain yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait