Cara Menonaktifkan Pemutar Video Otomatis di Facebook, Twitter, dan Instagram

Auto play video merupakan salah satu fitur yang kini mulai disematkan di berbagai jejaring sosial. Video akan langsung diputar otomatis ketika terlihat di layar tanpa perlu mengklik ikon play atau view. Fitur autoplay ini membuat pengguna menjadi lebih praktis dan nyaman saat berselancar di media sosial. Namun, hal ini tidak sukai oleh semua orang karena konsekuensinya adalah penggunaan data yang lebih boros, apalagi di Indonesia dengan harga paket data internet yang lumayan mahal. Lalu, bagaimanakah caranya menonatifkan fitur auto play video di Facebook, Twitter, dan Instagram?

Cara menonaktifkan fitur auto play video di Facebook

Pada Desktop
Masuk ke menu setting pada akun Facebook anda, kemudian pilih 'Videos' dan pilih 'Off' di menu Auto-Play Videos.

autoplay video facebook

Pada perangkat iOS
Buka aplikasi Facebook, kemudian pilih menu setting. Langkah selanjutnya pilih 'Videos and Photos', lalu akan muncul 'Auto-play'. Ada beragam opsi yang bisa anda pilih menurut keinginan anda, seperti Smart Auto-play, Use Cellular Data and Wi-Fi, Use Wi-Fi Only, dan Never Play Videos Automatically.

Pada perangkat Android
Menonaktifkan fitur auto play pada Android tidak jauh berbeda caranya dengan iPhone. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Facebook, kemudian masuk ke menu setting pada Facebook tersebut. Pada pilihan 'Video play automatically', tap bagian off atau wi-fi only untuk koneksi wi-fi saja.

Cara menonaktifkan fitur auto play di Twitter

Pada Desktop (Komputer)
Bukan akun Twitter anda kemudian pilih pengaturan atau setting. Pada bagian 'Content', pilihlah menu 'Video Tweet', hapus ceklis 'Video autoplay', kemudian simpan (save).

Pada perangkat iOS
Buka aplikasi Twitter yang terdapat pada perangkat iOS anda, kemudian pilih bagian 'Settings' lalu 'Accounts'. Pada sub menu 'Video auto play', anda bisa memilih opsi sesuai keinginan, atau pilih 'never play videos automatically.

autoplay video android

Pada perangkat Android
Bagi para pengguna aplikasi Twitter di perangkat Android, akses utama untuk mematikan fitur autoplay tersebut tetap melalui menu 'Settings' yang ada di Twitter. Setelah ke menu setting, pilihlah bagian 'General' atau umum, lalu 'Video Autoplay'. Pengguna bisa menonaktifkan fitur tersebut atau mengubahnya hanya aktif jika menggunakan koneksi WiFi saja.

Cara menonaktifkan fitur auto play di Instagram

Sampai saat ini, Instagram belum menyediakan fitur untuk mematikan autoplay video secara permanen pada apilkasinya. Oleh karen itu, anda harus memastikan video tidak dalam posisi siap loading ketika perangkat anda terkoneksi dengan paket data internet. 

autoplay video instagram

Bagi pengguna smartphone atau tablet yang bersistem operasi Android dan iOS, berikut adalah langkah-langkah menonaktifkan fitur auto play video:

  • Buka akun instagram anda dan masuk ke halaman profile dengan cara meng-klik atau tap ikon siluet orang.
  • Kemudian masuk ke halaman setting (pengaturan) dengan cara klik ikon gerigi pada iPhone atau ikon 3 titik vertikal pada android device.
  • Setelah itu, temukan menu "Cellular Data Use" kemudian centang opsi "Use Less Data" sehingga video akan otomatis diputar hanya ketika anda menggunakan koneksi wifi saja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait