Cara Mengetahui Pasangan Anda Ahli Finansial

Dalam memilih pasangan hidup, tentu kita menginginkan sosok yang bisa dihandalkan di banyak hal. Misalnya, bagi kaum laki-laki berharap agar bisa memiliki istri yang pandai dalam urusan keuangan, sehingga penghasilan yang diperoleh tiap bulannya bisa digunakan secara optimal. Ketika telah berkeluarga, kebutuhan hidup akan terus meningkat, dan secara langsung akan berdampak pada kondisi finansial yang dimiliki. Oleh karena itu, harus pintar-pintar memprioritaskan kebutuhan utama daripada kebutuhan lain yang masih bisa ditunda sementara waktu. Banyak kita menjumpai kisah sukses seorang laki-laki yang ternyata ada sosok perempuan cerdas yang menjadi penyokongnya. Demikian pula, banyak wanita sukses dalam pencapaian prestasi finansial yang di belakangnya ternyata ada pasangan laki-laki yang bijak. 

Nah, bagi anda yang belum memiliki pasangan bidup, disarankan untuk lebih cermat memilih calon pendamping anda, agar mendapatkan sosok yang berkualitas, salah satunya adalah memiliki keahlian dalam urusan finansial. Seperti apakah ciri-ciri calon pasangan anda yang memiliki kemampuan jitu dalam mengatur keuangan? Perhatikanlah lima tanda berikut ini!

ahli finansial

1. Bisa Membayar Tagihan Tiap Bulan
Ketika gaji pas-pasan, mungkin membayar semua tagihan secara tepat waktu adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Nah, ketika anda melihat calon pasangan anda bisa menanggulangi hal ini, maka ia adalah sosok yang bisa dihandalkan. Misalnya dengan cara mendahulukan membayar hutang yang memiliki bunga yang tinggi, karena bunga yang lebih tinggi akan menjadi beban finansial yang lebih besar setiap bulannya.

2. Tidak Terjebak Tagihan
Terkadang banyak orang yang sering menunda melakukan kewajiban pembayaran, apalagi jika tagihan tersebut jumlahnya cukup besar. Namun jika calon pasangan anda mampu melunasi seluruh tagihan serta bisa memiliki sisa uang lebih di tabungannya, maka itu merupakan sinyal yang baik.

3. Memiliki Rencana dan Target Masa Depan
Jika calon pasangan anda memiliki rencana dan target, serta misi untuk dicapai di masa depan, maka ia berpeluang sukses dibanding dengan orang yang hidup tanpa memiliki perencanaan masa depan yang jelas. Dengan menyusun rencana masa depan secara terperinci, berarti ia telah membangun sebuah pijakan yang kuat dan lebih terarah dalam menentukan jalan hidup.

4. Mampu Hidup Tanpa Kartu Kredit
Jika dibandingkan dengan kartu kredit, mungkin untuk kesehatan finansial maka lebih baik berbelanja dengan kartu debit. Dengan kartu debit, godaan berbelanja yang menimbulkan hutang bisa dihindari. Anda tidak perlu berhutang dan membayar bunga karena menggunakan uang di rekening sendiri. Jika calon pasangan anda lebih sering menggunakan kartu debit dan bisa menahan godaan untuk memakai kartu debit, berarti ia mampu mengatur keuangannya dengan baik.

5. Mampu Membayar Pengeluaran Tak Terduga
Sering kali kita merasakan bahwa rencana keuangan yang telah disusun ternyata tidak berjalan semulus rencana. Terkadang kita dihadapkan pada situasi tak terduga yang menyebabkan harus mengeluarkan uang yang dimiliki. Jika anda melihat bahwa calon pasangan anda mampu mengantisipasi hal tersebut dan siap menanggung setiap kebutuhan mendadak, maka itu pertanda ia mampu mengurus keuangan dengan baik.

Demikianlah 5 tanda yang bisa anda lihat dari sosok calon pasangan anda yang pintar mengatur keuangan. Anda juga mungkin perlu juga mencermati sosok apakah pasangan anda memiliki gaya hidup yang tak sesuai dengan penghasilannya. Karena gaya hidup yang tak menyesuaikan gaji merupakan pertanda negatif dalam urusan finansial. Mengutip dari laman Business Insider, inilah empat tanda gaya hidup yang melampaui jumlah penghasilan.

A. Memiliki Utang Kartu Kredit Berlebihan
Kartu kredit merupakan salah satu cara berbelanja yang menawarkan konsep praktis. Namun jika tidak bijak menggunakannya, akan menjadi beban utang yang menumpuk. Jika calon pasangan anda terlalu berlebihan menggunakan kartu kredit yang berakibat pada penumpukan tagihan, maka itu pertanda tidak sehat.

B. Tidak Memiliki Perencanaan terhadap Gajinya
Banyak orang yang enggan mengatur dan menyusun pengeluaran gajinya. Nah, jika pasangan anda tidak memiliki perencanaan finansial yang terperinci, maka ia belum ahli dalam peraturan keuangan.

C. Memiliki Gaya Hidup Berbeda
Cobalah perhatikan gaya hidup calon pasangan anda dan juga orang-orang di sekitarnya yang memiliki penghasilan yang sama. Jika gaya hidup pasangan anda berbeda atau lebih mewah dari lainnya, maka hal itu menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Orang yang mempunyai gaya hidup terlampau mewah sangat mudah dikenali dan dilihat dari perilakunya sehari-hari.

D. Sering Tidak Betah Tinggal di Rumah
Salah satu ciri yang bisa anda lihat dari gaya hidup yang mewah pada pasangan Anda adalah ia tidak betah tinggal di rumah atau ingin sering pergi keluar ke tempat-tempat tertentu yang bisa menguras keuangannya. Jika itu sering anda lihat pada pasangan anda, maka bisa disimpulkan ia masih belum pintar dalam mengatur keuangan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait