Cara Mengatasi Saluran Air Mampet, Wastafel, Keran, Toilet, dan Shower

Tak perlu terlalu khawatir jika mendapati salah satu saluran di rumah anda, seperti saluran wastafel, kran, atau toilet tersumbat. Biasanya hal ini disebabkan oleh sisa makanan, kotoran, atau sampah kecil. Langkah sederhana berikut ini bisa anda terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bahan - bahan yang dipakai pun bisa anda dapatkan dengan mudah dan tidak memakai bahan kimia yang berbahaya. Ada baiknya, saat permasalahan sumbatan masih belum parah, anda harus segera mengatasinya. Jika tidak, mungkin saja rumah anda akan terkena banjir lokal.

Sebenarnya, untuk saluran perabotan rumah tangga, baik itu saluran air, wastafel dan shower, anda dapat memilih salah satu dari lima alternatif cara, yakni:
1. Menggunakan tongkat pembersih yang ujungnya memiliki banyak pengait.
2. Menggunakan bahan kimia yang banyak dijual di toko-toko bangunan.
3. Menggunakan soda kue yang dicampur dengan cuka.
4. Menggunakan alat penyedot untuk menarik kotoran dari saluran pipa.
5. Melakuan pembongkaran instalasi, baik itu pembongkaran berat, sedang, atau ringan yang cukup dengan membersihkan bagian filter dan penutup saluran.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tersumbatnya beragam saluran perabotan rumah tangga anda.

1. Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Cara untuk mengatasi saluran air yang mampat adalah dengan menyiram atau memasukkan bubuk soda api. Soda api memiliki sifat basa dan dapat menghancurkan sumbatan sampah maupun timbunan kotoran yang ada didalam pipa saluran air. Saat menggunakannya, pakailah masker dan sarung tangan. Siapkan beberapa cangkir bubuk soda api, cuka, dan air mendidih. Cara memakainya, tuang satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pipa yang tersumbat. Agar bubuk soda lebih bisa masuk ke dalam sampai ke titik sumbatan, tuangkan dua cangkir air mendidih. Selanjutnya diamkan beberapa menit, kemudian masukkan kembali dua cangkir bubuk soda, dan selanjutnya dua cangkir cuka. Tutup segera saluran, dan tunggu beberapa menit. Anda akan mendengar beberapa letupan dan buih sebagai reaksi antara bubuk soda dan cuka. Ini adalah reaksi yang wajar, dan tunggu hingga buih hilang dengan sendirinya. Setelah itu lakukan langkah pembersihan saluran dengan menuangkan kembali dua sampai empat cangkir air mendidih.

2. Mengatasi Saluran Wastafel yang Mampet

Agar saluran wastafel tidak mudah mampet, ada baiknya anda selalu rutin membersihkan wastafel agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang membuat saluran tersumbat. Selain itu, penumpukan kotoran dapat menimbulkan bau tak sedap. 

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet, Wastafel, Keran, Toile, dan Shower

Oleh karena itu, ada baiknya anda memasang filter saringan yang halus agar kotoran kecil tidak bisa masuk ke dalam saluran. Jika anda memakai produk kimia penghancur sumbatan pipa air, ikuti petunjuk secara cermat, dan jangan lupa mengenakan sarung tangan. Ada 2 jenis cara alami yang bisa anda coba untuk menghilangkan saluran wastafel yang macet. Cara pertama menggunakan adonan dari satu sendok makan bubuk soda api dan satu cangkir cuka. Tuang adonan tersebut ke dalam wastafel, sisa - sisa makanan penyumbat saluran akan hancur seketika. Cara kedua adalah dengan memasukkan soda bikarbonat dan ditambah garam ke dalam mulut wastafel. Siram dengan air panas. Hasil reaksinya akan mampu menghancurkan dan mendorong sisa makanan, sehingga wastafel bebas dari sumbatan.

3. Mengatasi Toilet yang Tersumbat

Untuk mengatasi toilet yang tersumbat akibat kotoran, gunakan satu kilogram garam yang dilarutkan dengan seember air. Siramlah lobang toilet yang tersumbat dengan larutan garam tersebut, dan jangan digunakan sekitar 5-6 jam. Setelah itu, siramlah toilet dengan dengan air banyak, dengan hentakan yang kuat agar daya dorongnya lebih cepat. Jika toilet tersumbat karena sampah tisu atau kertas, maka cara mengatasinya adalah dengan menuangkan sabun cuci piring cair ke dalam toilet. Biarkan selama 5-10 menit, lalu siram dengan air biasa. Cairan sabun dapat membuat saluran licin, bahkan bisa membuat kertas tisu terdorong pada saluran yang bengkok.

4. Mengatasi Shower yang Tersumbat

Di beberapa lokasi, air yang mengalir mungkin mengandung beberapa zat besi atau lumut yang dapat menyumbat mulut shower. Untuk membersihkannya, anda cukup menyikat di bagian nosel-nya (lubang-lubang air). Jika itu masih belum berhasil karena ada kerak yang mengandung kaporit yang melekat kuat pada nosel, maka rebus saja kepala shower tersebut dengan satu liter air dan satu cangkir air cuka. Rebus selama 15-20 menit agar kerak terkelupas.

5. Mengatasi Kran Air yang Tersumbat

Jika saluran air yang tersumbat pada bagian kerannya, maka cara mengatasinya adalah dengan merendam bagian filter keran di dalam cairan cuka selama setengah hari. Setelah karat pada filter sudah mulai berkurang, bilas dengan air biasa, lalu pasang kembali.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait