Cara Mendapatkan Harga Kamar Hotel Termurah

Satu hal yang sering menjadi bahan pertimbangan ketika seseorang untuk memutuskan pergi berlibur ke luar daerah atau ke luar negeri adalah jumlah budget yang dimiliki. Jumlah uang yang sedikit tentu menjadi masalah besar dalam perencanaan liburan. Namun, kita perlu melakukan siasat tertentu agar rencana liburan tetap berjalan, tetapi tidak terlalu menguras kantong. Banyak hal yang bisa anda hemat, salah satunya adalah memilih hotel atau tempat menginap yang lebih murah. Lalu, bagaimanakah caranya agar bisa memilih dan membooking hotel dengan harga yang paling ekonomis? Nah, lima tips berikut bisa anda terapkan sehingga mampu mendapatkan harga penginapan (hotel) yang murah.

1.  Manfaatkan Program Aplikasi Metasearch
Metasearch hotel adalah aplikasi pencarian yang dapat memberikan informasi perbandingan harga kamar dari berbagai web hotel yang menyediakan pemesanan online. Dengan aplikasi metasearch tersebut, anda tidak perlu membuka satu per satu situs yang menyediakan informasi harga kamar hotel terkini, misalnya booking.com, hotels.com, atau agoda.com. Beberapa web yang mempunyai aplikasi metasearch tersebut antara lain tripadvisor, trivago, traveloka, misteraladin, dan masih banyak lagi lainnya. Cukup dengan mengunjungi situs-situs tersebut anda bisa memperoleh informasi perbandingan harga hotel terkini.

harga kamar hotel

2. Intip Promo Hotel dan Promo Kartu Kredit Anda
Beberapa kartu kredit melakukan kerjasama dengan beberapa hotel dan perusahaan akomodasi. Di beberapa moment tertentu mereka sering menyediakan promosi pesanan penginapan dengan harga murah. Nah, jika kartu kredit anda tengah menyelenggarakan promo hotel, manfaatkan segera agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

3. Manfaatkan Corporate Rate
Jika anda merupakan orang yang bekerja sebagai travel admin bagi perusahaan atau organisasi anda yang mengurusi perjalan dinas para manajer atau karyawan anda, maka anda punya keuntungan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan fasilitas corporate rate (harga perusahaan) yang biasanya terdapat potongan harga. Namun sebelum anda menfaatkannya, ada baiknya terlebih dahulu membicarakan hal itu dengan atasan anda agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

4. Pantau Terus Agar Bisa Membooking di Menit Akhir
Kenapa anda disarankan untuk melakukan booking hotel di menit terakhir? Karena biasanya sebagian besar online travel agent melakukan diskon besar ketika kamar hotel belum habis terjual. Carilah tagline promo tersebut yang biasanya ditandai dengan Tonight's Deal, Diskon Gila, dan sejenisnya.

5. Gunakan Fitur Free Cancelation
Ketika anda menelusuri informasi harga kamar hotel di beberapa website yang menggunakan agen travel online, biasanya ada fitur free cancelation. Ini adalah fitur ekstra yang diberikan kepada calon konsumen yang melakukan pembatalan pesanan. Artinya, anda tidak akan dikenakan biaya pemotongan karena membatalkan , dan semua uang anda akan dikembalikan. Fitur ini penting anda manfaatkan jika seandainya anda menemukan penginapan hotel yang lebih murah.

Nah, demikian tips untuk mendapatkan harga hotel dengan harga lebih murah. Namun sebelum anda memutuskan untuk melakukan booking, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Rating Hotel
Harga murah tetapi rating hotelnya sangat rendah, maka anda perlu pertimbangkan lagi. Apalagi ada banyak testimoni yang mengungkapkan ketidakpuasan terhadap hotel tersebut.

Fasilitas Kamar Hotel
Jika anda telah menemukan harga kamar hotel termurah, maka cermati fasilitas yang disediakan. Jangan sampai anda yang terbiasa tidur ber-AC, tetapi menginap di kamar yang hanya ada fasilitas kipas anginnya saja.

Masalah Anak-anak
Selain fasilitas, anda perlu memperhatikan aturan yang berlaku pada hotel tersebut, karena beberapa hotel tidak menerima tamu yang membawa anak-anak demi menjaga ketenangan dan kenyamanan seluruh konsumen. Jadi jika anda menginap bersama anak-anak, anda wajib mempertimbangkan kebutuhan anak dalam akomodasi yang tepat.

Jarak Hotel ke Tempat Tujuan Utama
Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah lokasi hotel dengan jarak tempat tujuan anda. Misalnya anda ingin berlibur dan bersantai di tepi pantai, maka pilihlah lokasi hotel yang memang lebih dekat dengan pantai tujuan anda. Jangan sampai anda harus menempuh perjalanan lebih jauh menuju objek wisata impian anda, yang artinya akan ada biaya transportasi yang harus anda keluarkan. Sehingga, tujuan anda berhemat akan menjadi sia-sia karena ada biaya ekstra yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait