Bisnis Penitipan Anak Paling Potensial di Negara Ini

Bisnis penitipan anak atau daycare merupakan bisnis layanan jasa yang banyak tumbuh di kawasan perkotaan. Munculnya layanan jasa ini tidak terlepas dari tren gaya hidup ibu - ibu rumah tangga yang ingin tetap eksis di dunia kerja. Dengan alasan tak mau melepas karir atau ingin membantu keuangan suami, mereka akhirnya mengambil keputusan untuk menitipkan anaknya pada penyedia jasa layanan penitipan anak. Jika semakin banyak kaum perempuan yang tetap menjalankan rutinitasnya sebagai wanita karir, maka itu artinya bisnis penitipan anak akan semakin besar mendapatkan keuntungan. 

Nah, rupanya di negara Jerman, usaha penitipan anak (day care) mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, yakni mencapai 3 kali lipat dalam beberapa tahun terakhir ini.

bisnis penitipan anak daycare

Di kawasan Eropa, Jerman merupakan negara yang tingkat penyerapan pekerjanya tertinggi di banding negara lainnya. Hal ini disebabkan oleh penaikan jumlah pekerja wanita dalam satu dasawarsa terakhir. Berdasarkan data yang dikeluarkan Bloomberg, ada 78 persen penduduk di negara Jerman yang berusia 20-64 tahun tengah aktif bekerja. Separuh penduduk Jerman adalah wanita, dan pada tahun 2014 lalu 73 persen dari kaum hawa di negara tersebut tercatat aktif bekerja.

Seorang uskup di Augsburg yang bernama Walter Mixa, menganggap bahwa dorongan para wanita yang bersedia bekerja selepas melahirkan merupakan upaya menjadikan kaum hawa hanya sebagai mesin produksi untuk perekonomian negara, dan kurang baik bagi perkembangan anak. Pemerintah Jerman tidak sekedar diam dan berupaya mengatasi permasalahan yang mungkin muncul akibat kecenderungan wanita yang memilih dunia karir. Di sana disediakan aturan yang longgar bagi para pekerja wanita, diantaranya dengan membolehkan para wanita bekerja paruh waktu dan memiliki jam kerja fleksibel sejak awal tahun 2000.

Data yang dipublikasikan oleh German Statistic Offices menunjukkan, pada tahun 2014, wanita Jerman bekerja hanya selama 30,5 jam per minggu. Di bawah rata-rata jam kerja wanita Prancis yang sebanyak 34,2 jam per pekan dan rata-rata Uni Eropa 33,6 jam per pekan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait