Aneka Bisnis Menguntungkan di Tahun Monyet Api 2016

Menurut zodiak Cina, 2016 adalah tahun Monyet Api yang dimulai dari tanggal 8 Februari 2016 sampai dengan tanggal 27 Januari 2017. Dalam zodiak Cina, shio monyet menempati urutan ke sembilan, yang umumnya memiliki karakter ceria dan energik serta biasanya mewakili fleksibilitas. Orang di bawah tanda Monyet mempunyai kebijaksanaan, cerdas, percaya diri, karismatik, loyal, inventif dan memiliki kepemimpinan. Sisi negatif monyet adalah cenderung egois, licik, gelisah dan sombong. 

Secara umum, bagi shio Monyet, Ayam Jantan, Tikus, Sapi, Naga, Kuda, dan Anjing, ini adalah tahun yang bagus dan menguntungkan. Sedangkan bagi shio Macan, Ular, Anjing dan Babi bisa menjadi tahun yang sulit. Sementara bagi mereka yang berada di bawah naungan shio Kelinci harus lebih berhati-hati terhadap kondisi keuangannya. Sedangkan untuk anda yang bershio Kambing harus menjaga kesehatan anda.

tahun monyet api 2016

Dengan segala macam sisi positif dan negatif yang dimiliki shio monyet, serta unsur api yang menjadi penyokongnya, tentu akan membawa beragam perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam dunia bisnis, pada tahun ini, unsur air, logam, dan bumi akan menerima energi positif. Sehingga jenis bisnis dan usaha yang termasuk dalam ke tiga unsur tersebut akan diprediksi cukup potensial mendatangkan keuntungan. Bisnis di sektor perumahan, komunikasi, dan elektronik merupakan bidang usaha yang bakal profitable di tahun monyet api ini. Seperti apakah gambarannya? Berikut sekilas deskripsinya.

Bisnis Sektor Properti
Tahun 2016 ini, sektor properti di Indonesia tampaknya akan terlihat positif. Beberapa kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk bidang perumahan akan mulai terasa efek positifnya bagi perekonomian nasional. Senada dengan hal ini, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Pengembangan Usaha REI, Theresia Rustandi, seperti yang dikutip dari Tribunnews.com, juga mengungkapan bahwa bisnis perumahan di tahun ini akan terlihat lebih baik.

Faktor kebijakan pemerintah menjadi salah satu kunci pendukung lajunya bisnis ini, misalnya terkait jelasnya ketentuan mengenai PPnMB atau pajak penjualan atas barang mewah. Pasar properti yang tumbuh pesat dapat menjadi indikator untuk menurunkan suku bunga acuan (BI rate) sehingga diikuti pula oleh penurunan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
Bisnis Sektor Komunikasi
Sektor komunikasi di tahun monyet api ini juga diramalkan akan mengkilap. Kebutuhan komunikasi menjadi bagian yang cukup vital bagi banyak perusahaan. Mereka membutuhkan komunikasi yang efektif dengan konsumen dan kliennya, sehingga kegiatan promosi dan presentasi produk atau jasa akan berjalan optimal, baik secara lisan maupun tulisan dalam proses bisnis.

bisnis sektor komunikasi

Jika berbicara masalah ranah usaha dan pekerjaan di sektor komunikasi ini, ternyata cakupannya cukup luas. Bidang bisnis seperti pemasaran (marketing), periklanan (advertising), humas, penerangan hukum, produksi film, media televisi, media online, hingga bisnis pendidikan termasuk di sektor ini. Media online yang semakin banyak tumbuh karena demand masyarakat yang ingin mendapatkan informasi melalui perangkat mobile-nya akan diprediksi kinclong tahun ini. Sejalan dengan itu bisnis periklanan digital juga akan mengikutinya.

Bisnis Sektor Produk Elektronik dan Teknologi Informasi
Perkembangan teknologi informasi sangat pesat, dan produk elektronik sebagai bentuk nyata dari kemajuan itu selalu diadopsi dengan baik oleh masyarakat. Selain untuk mempermudah pekerjaan, masyarakat juga rela membeli produk elektronik mahal hanya untuk gaya hidup (style). Tak heran jika setiap peluncuran produk elektronik baru, selalu mendapat respon positif dari konsumen. Oleh karena itu, di tahun monyet api ini sektor bisnis eletronik dan IT diprediksi cukup cerah. Di Indonesia, perusahaan - perusahaan perintis yang berbasis teknologi (startup) juga makin tumbuh subur, sehingga hal ini membuka peluang lowongan pekerjaan bagi para lulusan pendidikan Teknologi Informasi.

Sektor Perdagangan Ekspor Import
Bidang usaha perdagangan yang melibatkan dua negara juga diprediksi bagus dan stabil di tahun monyet ini. Pulihnya perekonomian negara Amerika Serikat dan kawasan Eropa membawa peluang bagus untuk bisnis ekspor import ke negara tersebut. Selain itu, kebijakan pemberlakuan perdagangan bebas se-Asia Tenggara atau yang dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi Asean yang mulai diimplementasikan tahun 2016 ini juga turut menyokong bisnis di sektor ekspor import.

Sektor Bisnis Lainnnya
Bisnis lain yang juga moncreng di tahun monyet ini adalah sektor pertambangan, perbankan dan keuangan, perjalanan, penerbangan, security, bahan bangunan, penangkapan ikan, renovasi rumah, bisnis makanan (kuliner), otomotif, serta aneka bisnis yang berorientasi pada air. Sektor kesehatan juga diperkirakan semakin baik di tahun ini, apalagi tahun 2016 ini diperkirakan banyak muncul penyakit baru, misalnya wabah virus zika. Sehingga profesi kedokteran dan farmasi menjadi pekerjaan yang tetap mendapatkan gaji tinggi di tanah air.

Bisnis yang Mengalami Kesulitan di Tahun 2016

Dalam pengaruh shio monyet api, terdapat beberapa sektor bisnis yang tidak mendapat aura positif dari shio ini, terutama jenis bisnis yang melibatkan unsur api dan kayu, sehingga diprediksi akan mengalami banyak rintangan. Adapun aneka jenis bisnis yang cukup keras tantangannya adalah di bidang perkebunan, edukasi, energi, entertainment / pertunjukan, serta bisnis pakaian (fashion).

Menurut Henry Fong, yang merupakan seorang konsultan Feng Shui yang berbasis di Kuala Lumpur, mengungkapkan bahwa tahun Monyet Api akan menjadi relatif tahun yang penuh tantangan dan muram dengan kemungkinan bencana alam yang berhubungan dengan api dan prospek ekonomi yang buruk, tapi hal itu tidak berlaku secara menyeluruh. 

ahli fengshui
Hanry Fong, image by plus.google.com
Berdasarkan interpretasi metafisik, Fong menyatakan, seperti yang dilansir dari laman malaysiandigest.com, bahwa sektor industri tertentu akan melakukan lebih baik daripada yang lain, misalnya industri yang terkait dengan air, seperti usaha logistik akan lebih baik tahun ini. Sedangkan industri yang berhubungan dengan unsur bumi seperti pertambangan mungkin tidak begitu baik di tahun ini. Demikian pula, industri yang terkait unsur logam dan api seperti keuangan, perbankan, akuntansi serta minyak dan gas juga akan memiliki tantangan di tahun ini. Api dan logam yang menjadi unsur utama di tahun monyet ini diharapkan membawa kesejahteraan bagi sektor industri yang terkait unsur api dan air, yang meliputi energi, hiburan, pasar saham, keuangan, dan bisnis yang berlemen air misalnya transportasi, komunikasi, serta pengiriman. Semoga bisnis dan karir anda lebih baik di tahun monyet api 2016 ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait