5 Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube

Youtube menjadi sarana yang populer untuk berbagi video. Di Youtube, anda akan dapat menelusuri jutaan video dengan berbagai tema, mulai dari video profesional, hiburan, atau video biasa yang dibuat dengan kamera ponsel biasa. Masyarakat di Indonesia, terutama kaum muda sudah begitu familiar menonton video di Youtube. Namun, menonton video berarti anda harus sudah siap dengan kuota internet yang memadai, karena berselancar di Youtube memang boros kuota. Paket internet 50 ribu rupiah yang dijatah untuk satu bulan bisa habis dalam satu hari jika anda keasyikan menonton video di Youtube. 

Oleh karena itu, bagi anda yang suka menyaksikan streaming video di Youtube sebaiknya pandai-pandai mengatur kuota internet agar konsumsi data tetap hemat dan bisa digunakan lebih lama. Bagaimanakah caranya?

youtube

1. Gunakan Fitur Playlist
Fitur Playlist merupakan fitur yang disediakan Youtube untuk memudahkan pengguna menemukan video yang serupa. Dengan memakai fitur ini, anda akan lebih gampang menemukan video terkait serta tentunya bisa lebih mengirit konsumsi data dan waktu untuk menelusuri video sejenis.

2. Memblokir Iklan
Memang hal ini tidak dapat menghemat banyak kuota, namun paling tidak dengan mengaktifkan fitur pemblokir iklan, anda tidak perlu melihat video iklan yang tampil sebelum video asli terbuka. Aplikasi pemboklir iklan ada untuk di berbagai perangkat OS.

3. Manfaatkan Fitur Pembatasan Pemakaian Kuota pada Aplikasi Youtube
Anda yang sering menonton Youtube lewat aplikasi di smartphone dapat melakukan penghematan konsumsi data dengan memilih opsi yang tepat pada apliaksi tersebut. Misalnya, anda hanya akan dapat memutar video berkualitas tinggi (high defenition) hanya ketika tersedia jaringan wifi. Sementara ketika menggunakan koneksi jaringan data seluler, anda dapat mengatur kualitas resolusi video yang diputar pada bagian Playback dan Video Playback Quality. Resolusi default untuk pengaturan ini adalah 360p. Sebagai perbandingan konsumsi data, video dengan resolusi 144p biasanya mengonsumsi kuota data 6,6 MB, resolusi 240p sebesar 9,6 MB, resolusi 360p sebesar 15,2MB, video resolusi 480p sebesar 25,2 MB, video resolusi 720p sebesar 44,6 MB, dan resolusi tertinggi 1080p sebesar 73,5 MB.

4. Pilih Paket Internet yang Paling Tepat untuk Anda
Jika anda merupakan penikmat Youtube yang intens, anda sebaiknya memilih paket internet yang benar-benar true unlimited, dimana kecepatannya tidak ada batasan terhadap kuota. Sedangkan jika budget Anda terbatas, maka pilihlah paket internet yang memberikan banyak bonus kuota, misalnya bonus hanya digunakan pada jaringan tertentu atau pada waktu tertentu (misal tengah malam). Padukan bonus tersebut dengan fitur yang ada di Youtube, yakni menonton video offline. Jadi download video yang anda sukai dengan memakai bonus paket internet untuk ditonton nanti.

5. Gunakan Aplikasi Tertentu
Ada beberapa aplikasi yang bisa mengkompres data streaming video sehingga lebih irit, salah satunya adalah Opera Max yang diklaim mampu menghemat 50% konsumsi data saat nonton video Youtube. Beberapa browser lain juga memiliki fitur ini, misal UC Browser.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait