5 Buku Ustad Yusuf Mansur yang Patut Anda Baca

Siapa yang tak kenal dengan Yusuf Mansur? Pria kelahiran tahun 1976 ini merupakan seorang ustad muda sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang dan pengajian Wisata Hati. Beliau dilahirkan dari keluarga Betawi, atas pasangan Abdurrahman Mimbar dan Humrifíah. Bakatnya sebagai seorang pendakwah telah terlihat sejak usia anak-anak, dimana Beliau sering tampil berpidato di atas mimbar. Namun sebelum beliau kondang sebagai seorang pendakwah nasional, Yusuf Mansur merupakan sosok manusia biasa yang pernah menjalani pahitnya ruang tahanan. Beliau dipenjara karena terlilit hutang akibat bisnis informatika yang dirintis tahun 1996 mengalami kegagalan. Setelah dua bulan dipenjara, kejadian tersebut terulang lagi di tahun 1998. Pahitnya masa tahanan tersebut memberinya sebuah hikmah tentang pentingnya sedekah. Bebas dari penjara, Yusuf Mansur mencoba merintis bisnisnya dari nol dengan berjualan es di terminal Kali Deres. Ketekunan dan kesabarannya berbuah manis, usahanya terus berkembang. Beliau kemudian bergabung dalam sebuah LSM. Sembari bekerja, ia menyempatkan diri untuk menulis sebuah buku yang terinspirasi oleh pengalamannya sewaktu di penjara saat rindu dengan orang tua.

Buku yang berjudul "Wisata Hati Mencari Tuhan Yang Hilang" tersebut rupanya mendapat sambutan yang luar biasa, sehingga beliau sering diundang untuk bedah buku sekaligus menceritakan pengalaman beliau. Gaya bicaranya yang lugas dan mudah dicerna membuat banyak orang tertarik dengan caranya  berceramah, sehingga hal ini mengantarkan Beliau sebagai seorang pendakwah agama yang profesional. Di sela-sela kesibukannya sebagai penceramah dan juga pebisnis, Ustad Yusuf Mansur juga tak meninggalkan hobi menulisnya. Beberapa judul buku berhasil ia terbitkan dan cukup laris di pasaran. Nah, jika anda ingin mengenal sosok ustad Yusuf Mansur dan bagaimana buah pemikirannya lewat hasil tulisannya, maka 5 buku karya beliau ini bisa menjadi untuk mengenalnya lebih dekat dan memberikan anda segudang inspirasi, entah anda sebagai pegawai kantoran, buruh, wirausahawan, atau pun pebisnis kelas kakap. Apa sajakah pilihan buku tersebut?

1. Matematika Kehidupan 
buku ustad yusuf mansur
Setiap manusia punya masalah, kebutuhan dan keinginan. Berbagai cara ditempuh untuk atasi semua itu. Ada cara manusia, ada pula cara Allah. Buku ini membahas bagaimana kita memperoleh rezeki yang berlebih, mendapat jodoh, dapat naik haji dan mengatasi berbagai permasalahan. Namun semuanya dilakukan dengan cara-cara Allah. Juga perbandingannya jika mengatasi dengan cara-cara manusia. Buku ini sengaja dikemas dengan mengajak para pembacanya untuk berpikir, berhitung serta menyerahkan keputusannya kepada masing-masing. Buku akan memberikan pemikiran dan paradigma baru bagi anda dalam memandang sedekah. Secara logika matematika, jika kita punya uang 10, kemudian disumbangkan 2, maka sisa yang kita adalah 8 (menjadi berkurang). Nah, Ustad Yusuf Mansur dalam tulisannya tersebut akan memberikan penjelasan kepada pembaca dalam memandang sedekah sebagai investasi yang kelak akan dilipatgandakan oleh Allah. Dalam buku yang setebal 240 halaman ini juga tertuang bagaimana Yusuf Mansur menguraikan tentang matematika jodoh, matematika haji, dan juga matematika halal haram, hingga tentang pendidikan anak.

2. Accelerate Your Success
yusuf mansur book
Melalui buku ini, Ustad Yusuf Mansur akan menguraikan tentang berbagai macam tabungan yang dapat mempercepat kesuksesan anda. Eittt.... jangan salah sangka dulu. Buku setebal 125 halaman ini tidak akan menjelaskan tentang beragam tabungan seperti yang ada di pelajaran ekonomi dan akuntansi. Buku ini akan mengulas satu per satu tentang amal saleh yang niscaya akan menjadi membawa berkah di masa mendatang. Dengan beramal saleh, anda akan merasakan jalan yang berbeda bersama Allah untuk menggapai kesuksesan.

3. Jaminan
tulisan yusuf mansur
Kita tentu ingin mempunyai hidup yang aman dan terjamin. Itulah mengapa kita menitipkan uang kita di bank, karena kita yakin uang kita aman di sana. Itulah mengapa pula kita giat bekerja, karena kita yakin dengan cara inilah kita dapat bertahan hidup. Apakah kita tahu penjamin terbaik dalam hidup ini? Ya, Dialah Allah SWT. Di dalam buku setebal 104 halaman ini, Ustadz Yusuf Mansur mengajak agar kita berani menggaransikan hidup kita sepenuh-penuhnya kepada Allah SWT. Buku ini dikemas dengan bahasa yang ringan, tetapi penuh dengan hikmah. Layaknya istilah - istilah jaminan dalam perbankan, Ustad Yusuf Mansur juga menjelaskan bagaiman bentuk jaminan tersebut dalam interaksi kita dengan Allah, mulai dari garansi, syarat jaminan yang harus kita berikan kepada Allah, bentuk jaminan, berkurangnya jaminan, jaminan yang kita minta dari Allah, dan juga kunci-kunci jaminan dari Allah. Pada halaman 9 dijelaskan tentang syarat jaminan kita kepada Allah, yakni Rabbunallah dan Istiqomah.

4. Rich
buku bisnis yusuf mansur
Buku Rich yang artinya "kaya", memperkenalkan Anda metodologi mencapai impian, yakni riyadhoh 40 Hari Menjadi Kaya. Layaknya sebuah tur, riyadhoh ini adalah sebuah tur jiwa, wisata hati untuk menemukan kekayaan yang sesungguhnya. Kita akan belajar mencapai impian melalui “jalur cepat” melalui sebuah perjalanan yang dipercepat oleh Allah. Buku setebal 210 halaman ini merupakan seri kedua dari trilogi Feel-Rich-Believe. Dalam buku ini dijelaskan tentang konsep kekayaan sejati, yakni hanya cukup satu, yaitu memiliki Allah. Dengan memiliki Allah, anda sebetulnya tidak membutuhkan hal lain. Namun bukan berarti anda tidak perlu bekerja keras, tidak butuh duit, atau tidak perlu memiliki teman banyak. Mereka itu penting, tapi tidak boleh menjadikan atau memposisikannya sebagai tuhan sehingga mengubah iman anda.

5. #WINNER
buku agama yusuf mansur
Keyakinan bahwa Allah lah yang memiliki segalanya yang membuat seseorang menjadi The Winner. Buku yang berjudul #WINNER ini merupakan seri ke empat dari 5 buku pentalogi yang diambil dari kicauan Ustad Yusuf Mansur di media sosial. Pentalogi Twitbook adalah 5 serial buku yang terbagi atas: #Kalem, #Dream, #Suflish, #Winner, dan #Doa yang berisi kumpulan twit ustadz sejuta follower - Ustadz Yusuf Mansur. Dalam buku setebal 184 halaman ini menyajikan twits ustad yang terbagi dalam 7 tema, yakni Feel, Kepompong, Kita Bukan Rumput, Cukup Bagiku Allah, No More Galau, Qur'an is My Way, dan Kun The Winner. Salah satu kicauan Beliau yang cukup menggelitik pada halaman 26 adalah: 
#HasanHito Propaganda kondom di balik tujuan mulia nan aneh, ada apa di balik itu? Industri pengobatan AIDS? Termasuk industri kondom?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait