3 Langkah Ini Dapat Meningkatkan Karir Anda

Setiap orang yang baru atau telah mulai meniti karir, tentu menginginkan agar karirnya terus berkembang dan meningkat. Untuk mencapai tujuan tersebut, anda akan menghadapi banyak persaingan. Oleh karena itu, anda harus tahu caranya memenangkan persaingan. Lalu, apa saja yang mesti kita lakukan? Mengutip laman careerealism, berikut 3 langkah yang bisa ditempuh.

1. Tentukan Tujuan Karir secara Jelas
Anda harus mengetahui apa yang menjadi tujuan yang diingankan dalam karir anda. Anda setidaknya memiliki bayangan mengenai karier anda di masa depan, sehingga anda dapat menemukan passion anda. Jika anda telah memiliki gambaran mengenai karir impian anda, carilah informasi mengenai karier tersebut, serta cari tahu pula bagaimana orang - orang yang telah sukses mencapai posisi tersebut. Saran terbaik adalah mengetahui strategi dan memiliki informasi yang lebih banyak agar bisa memenangkan kompetisi di dunia kerja.

2. Buat CV yang Cemerlang
naik tingkat karir
Anda perlu senantiasa memperbarui CV anda, meskipun telah memiliki pekerjaan. Anda bisa membuat CV atau memperbarui data-data di profil LinkedIn yang membuat Anda terlihat cemerlang, misalnya prestasi dan pencapaian yang telah anda raih dalam satu tahun terakhir. Ini untuk membuat profil anda ter-update. Sementara bagi yang baru mulai memasuki dunia kerja, Anda bisa membuat Currilum Vitae dengan mencantumkan pengalaman dan prestasi apa saja yang pernah anda peroleh saat kuliah atau saat magang. Susunlah CV yang memang sesuai dengan pekerjaan yang akan anda lamar serta jangan lupa untuk menonjolkan keahlian Anda sesuai dengan posisi yang diincar.

3. Jangan Buang Kesempatan
Berpikirlah dengan cermat, tapi jangan terlalu lama karena dapat berakibat hilangnya sebuah kesempatan emas. Itulah saran yang sering diberikan dalam pengembangan karir. Apabila Anda mendapatkan kesempatan atau rekomendasi untuk mengikuti pelatihan di tempat kerja atau ke luar daerah, jangan sampai Anda menolaknya. Jika di kantor tidak ada program untuk pelatihan, Anda bisa meningkatkan keahlian anda dengan mencari kursus atau kuliah di luar kantor.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait