10 Top Brand Terpopuler di Asia Tahun Ini, Samsung Kalahkan Apple

Di awal tahun 2016, Campaign Asia-Pacific bekerja sama dengan perusahaan riset global Nielsen, telah mempublikasikan daftar peringkat 1.000 merek yang paling populer di kawasan Asia. Data Asia's Top 1000 Brands tersebut diperoleh dengan mengeksplorasi perilaku konsumen di 13 negara di kawasan Asia Pasifik, yakni Australia, Cina, India, Hongkong, Indonesia, Filipina, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Thailand, dan juga Vietnam. Setiap negara tersebut diwakili oleh 400 responden, kecuali India sebanyak 800 orang dan China sebanyak 1.200 orang responden sesuai dengan kepadatan populasinya. Studi ini mencakup 14 kategori utama, yaitu meliputi: produk alkohol, jasa, keuangan, otomotif, ritel, restoran, makanan, minuman, elektronik konsumen, perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, jasa kurir, media telekomunikasi, wisata rekreasi, dan produk perawatan diri dan rumah tangga.

Dari hasil riset tersebut, dapat diperoleh gambaran data mengenai seribu brand yang paling populer di kawasan Asia dan Pasifik. Nah, berikut ini adalah 10 merek teratas yang paling nge-top di pasar Asia.

1. Samsung
top brand asia
Samsung menjadi brand paling nge-top se-Asia untuk tahun 2015 ini. Rupanya posisi tersebut tak berubah dari tahun lalu. Bahkan sejak tahun 2012, Samsung selalu menduduki juara brand paling populer di Asia. Beragam produk elektronik, seperti laptop, tv, kulkas, mesin cuci, handphone, dan sebagainya selalu menjadi pilihan utama bagi konsumen di Asia. Bahkan smartphone buatan Samsung merupakan ponsel yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan telah menggeser Nokia dari tahta utama. Baca juga: 2 Buku yang Menjadi Filosofi Samsung

2. Sony
brand elektronik populer
Perusahaan asal Jepang ini merupakan salah satu perusahaan elektronik yang sukses melahirkan beragam produk yang digemari konsumen. Di tahun ini, posisinya tetap berada di urutan ke dua, sama seperti tahun sebelumnya. Sejak didirikan tahun 1946 silam, Sony terus berekspansi ke seluruh dunia menjadi salah satu perusahaan raksasa di bidang elektronik konsumen, peralatan komunikasi, hingga Blu-ray.

3. Nestle Food
merek makanan top
Brand yang merupakan merek di bidang makanan ini berhasil naik satu peringkat dari tahun lalu ke posisi ke tiga. Perusahaan ini boleh dibilang sebagai perusahaan veteran karena telah berdiri sejak tahun 1866 yang memproduksi susu kental di Swiss. Hingga kini, brand ini menjangkau pasar seluruh dunia dengan beragam produk makanan seperti makanan bayi, kopi, produk susu, sereal sarapan, gula, air botol, es krim, makanan untuk hewan peliharaan, dan lainnya.

4. Apple
merek apple di asia
Posisi ke empat ditempati oleh brand yang berada dalam kategori consumer electronics, yakni Apple, yang turun satu peringkat dari tahun lalu. Di Amerika Serikat dan Eropa, produk Apple boleh saja menjadi raja, namun di Asia popularitasnya masih belum mampu menggeser kompetitornya, Samsung dan Sony. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena harga produk - produk buatan Apple masih belum terlalu ramah bagi kantong orang Asia.

5. Panasonic
merek produk elektronik bagus
Brand perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang ini didirikan tahun 1918 dan terus berkembang menjadi salah satu produsen elektronik besar di Jepang bersama dengan Sony, Sharp, Canon, dan Thosiba. Produk andalan Panasonic adalah televisi yang merupakan produsen terbesar ke empat di dunia. Dalam riset Nielsen ini, brand Panasonic berada di posisi ke lima, sama seperti tahun 2014 lalu.

6. Nike
brand sepatu olahraga top
Merk nge-top ke enam di Asia adalah Nike yang merupakan brand untuk beragam produk fashion olahraga, seperti sepatu, jersey, dan jaket. Perusahaan ini didirkan di AS tahun 1964 oleh Phillip Knight, dengan cara mengimpor sepatu lari dari Jepang. Brand Nike di Asia pada tahun 2015 menduduki posisi ke enam, naik satu peringkat dari tahun lalu.

7. LG
merek tv bagus
Di negaranya, Korea Selatan, LG merupakan kompetitor ketat bagi Samsung. Perusahaan yang didirikan tahun 1958 ini merupakan perusahaan perangkat elektronik terbesar ke tiga di dunia. LG Electronics merancang dan memproduksi TV, perangkat rumah tangga, dan perangkat telekomunikasi. Di Asia, LG merupakan brand top ke 7, turun satu peringkat dari tahun 2014 lalu.

8. Canon
merek kamera terbaik
Di Indonesia, produk Canon yang populer adalah kamera dan printer. Canon didirikan pada tahun 1937 di Tokyo, Jepang, dengan mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, seperti kamera, mesin fotocopy, dan printer. Nama Canon sendiri terinspirasi dari Kwanon yang merupakan nama untuk dewi welas asih Buddha. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Nielsen, Canon merupakan brand top ke 8 di tahun ini, sama seperti tahun lalu.

9. Chanel
merek chanel
Chanel merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri fashion dunia. Berbagai produk fesyen, seperti tas, handbag, baju, jam tangan, kosmetik, hingga parfume dengan merek Chanel berhasil menjadi tren gaya di dunia. Chanel didirikan pada tahun 1909 di Prancis oleh Coco Chanel, seorang wanita yang ahli dalam desain mode. Hingga kini, produk Chanel telah menyebar ke seluruh dunia dengan lebih dari 130 kantor cabang. Bagi masyarakat Asia, Chanel merupakan produk fashion yang memiliki banyak penggemar. Hal ini terbukti dari hasil riset yang menempatkan merek Chanel menduduki posisi ke 9 sebagai top brand in Asia.

10. Adidas
brand sepatu olahraga
Posisi sama seperti tahun lalu, Adidas menjadi kompetitor ketat bagi Nike. Adidas merupakan sebuah perusahaan Jerman yang bergerak di industri fashion terutama untuk produk pakaian olahraga. Brand ini adalah yang terbesar di Eropa, dan kedua terbesar di dunia setelah Nike. Berdiri sejak tahun 1949, Adidas tumbuh berkembang dan kini memiliki pendapatan lebih dari 15 miliar Euro tiap tahunnya.

Nah, Demikianlah 10 brand paling top di Asia. Jika kita menggali lagi posisi dari 11 hingga 20 besar, maka secara berturut - turut adalah: Coca-Cola, Thosiba, Google, Johnson-Johnson, Starbucks, Gucci, Lotte, Facebook, Meiji, dan Honda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait