10 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Perempuan

Di beberapa sektor pekerjaan, ternyata kaum perempuan mampu menghasilkan pendapatan yang lebih besar daripada kelompok laki-laki. Data tersebut diperoleh dari hasil kajian Biro Sensus Amerika Serikat. Dalam penelusuran yang dilakukan badan sensus negeri Paman Sam tersebut, mereka mengelompokkan bidang pekerjaan yang umumnya ditekuni laki-laki dan yang ditekuni wanita. 

Dari sekitar 300 bidang profesi yang diteliti dan disurvei, ternyata diperoleh kenyataan bahwa rata-rata gaji kaum perempuan relatif kurang menggembirakan, karena umumnya jumlahnya lebih kecil dari gender laki-laki untuk bidang profesi yang sama. Bahkan di beberapa sektor pekerjaan, kaum wanita digaji hanya setengah dari jumlah gaji pria. Gaji yang lebih sedikit tersebut paling banyak dalami oleh wanita yang bekerja di bidang finansial dan manajemen keuangan. Nah, ternyata ada 10 profesi yang rupanya memberi bayaran mahal untuk para pekerja perempuan, atau paling tidak setara gaji laki-laki. Apa sajakah profesi yang dimaksud?

profesi perempuan gaji tinggi

Berikut disajikan data daftar sepuluh profesi kaum wanita yang besaran gajinya lebih besar atau mendekati gender laki-laki. Angka 100% menandakan gajinya sama dengan para pria.

10. Ilmuwan Biologi = 99,1%
09. Jasa reparasi (komputer, mesin ATM, dan peralatan kantor) = 99,8%
08. Operator mobil truk dan traktor industri = 99,9%
07. Konselor (pembimbing / penyuluh) = 100,5%
06. Pembeli grosir dan eceran, kecuali produk pertanian - 100,6%
05. Konsultan perumahan (properti) = 100,8%
04. Ahli gizi dan nutrisi = 105,7%
03. Transportasi, manajer distribusi, dan kepala gudang = 107,1%
02. Musisi, penyanyi dan profesi musik = 107,6%
01. Pemandu wisata (guide) = 114,8%

Nah, dari data di atas terlihat bahwa wanita yang bekerja sebagai pemandu wisata secara rata-rata memperoleh gaji 14,8 persen lebih tinggi dari kaum laki-laki pada sektor yang sama. Sementara itu, jika kita cermati daftar di bawah ini, anda akan menemukan fakta bahwa wanita yang bekerja di dunia keuangan rata-rata jumlah gajinya terpaut 40% lebih kecil dari kaum pria. Berikut adalah 10 daftar pekerjaan yang memberikan gaji lebih pelit untuk kaum hawa.

10. Inspektur, penyortir, penimbang, dan penguji = 65,8%
09. Database administrator = 65,5%
08. Manajer keuangan = 63,9%
07. Konsultan keuangan pribadi = 63,1%
06. Pegawai sektor keuangan = 61,1%
05. Profesi bidang fotografi dan operator mesin pengolahan = 58,3%
04. Pekerja jewelry (perhiasan) = 57,4%
03. Agen sekuritas, komoditas dan keuangan = 57,0%
02. Mekanik servis pesawat = 56%
01. Spesialis atau ahli keuangan = 53,7%

Dari sepuluh pekerjaan pelit untuk kaum perempuan tersebut, terlihat jelas profesi di sektor keuangan paling banyak yang dibayar lebih rendah. Nah, bagaimanakah dengan di Indonesia? Apakah kaum perempuan yang bekerja di sektor finansial juga dibayar lebih murah dari kaum laki-laki untuk posisi jabatan yang sama? Mungkin harus perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait