10 Negara Ini Pungut Pajak Bisnis Tertinggi di Dunia

Seperti biasanya, setiap tahun The World Economic Forum (WEF) menerbitkan beragam data laporan yang terkait dengan kondisi perekonomian dunia, yang disebut dengan Global Competitiveness Report. Dalam penyusunan laporan tersebut, WEF menggunakan beragam indikator, misalnya data tingkat inflasi di suatu negara, dan bahkan menginput data yang berasal dari pola pengajaran matematika di sekolah. Hasil kompilasi dari berbagai data tersebut akan memperlihatkan gambaran umum kondisi ekonomi suatu negara.

Salah satu indikator yang juga dipakai dalam laporan WEF tersebut adalah pungutan pajak yang dibebankan kepada pebisnis dan pelaku usaha. Dalam menentukan rasio pajak tersebut, WEF menggunakan perhitungan 'total trif pajak' dari World Bank. Hitungan beban pajak yang dimaksud merupakan pungutan kepada pelaku kegiatan bisnis, bukan yang dibebankan kepada para pekerjanya.

PAJAK NEGARA

Nah, berdasarkan data tersebut, inilah 10 negara yang menerapkan rasio pungutan pajak tertinggi di dunia.

10. Nicaragua
Di urutan ke sepuluh teratas ditempati oleh negara yang beribukota Managua. Rasio pajak bisnis di Nicaragua adalah sebesar 65,8 persen. Pemerintah setempat berupaya memicu laju investor dengan melakukan beragam perbaikan. Pada 2012, lembaga IMF menyatakan bahwa negara itu tengah berupaya mengurangi kompleksitas sistem pajak perusahaan.

09. Prancis
Inilah negara di benua Eropa yang menerapkan rasio pajak tinggi. 
Namun, pemerintah Prancis saat ini telah berjanji untuk mereformasi sistem dan mengurangi pemotongan pajak perusahaan. Di negara beribukota Paris ini mempunyai rasio pajak sebesar 66,6 persen.

08. Ghana
Sebagian besar pajak perusahaan Ghana dibayar melalui pajak flat-rate pada omset dari tahun sebelumnya. Rasio pajak bisnis di negara yang terletak di kawasan Afrika Barat ini adalah sebesar 68,3%.

07. Brasil
Negara yang tahun lalu menjadi negara ekonomi terbesar di Amerika Latin ini melakukan pemotongan dan pengurangan beban pajak sebesar 20 persen terhadap gaji usaha, dengan harapan mengubah sistem lama. Rasio pajak bisnis di negara ini adalah 69 persen.

06. Mauritania
Negara yang terletak di bagian barat laut Afrika ini merupakan negara ke enam yang memiliki rasio pungutan pajak tertinggi. Berdasarkan data WEF, rasio pajak Mauritania ada di angka 71,3%. Pada tahun 2013 lalu, negara agraris ini menerapkan pajak 15% untuk mengurangi transaksi pembayaran ke warga asing.

05. Aljazair
Aljazair menjadi negara di benua Afrika yang mematok total rasio pajak tertinggi, yakni sebesar 72,7 persen.

04. Kolombia
Negara yang beribukota Bogota ini telah memberlakukan kebijakan aturan pajak kekayaan yang baru. Kolombia merupakan negara di kawasan Amerika Latin yang total rasio pajaknya berada di urutan ke tiga tertinggi, yakni sebesar 75,4 persen.

03. Tajikistan
Tajikistan adalah negara yang terletak di Asia Tengah. Negara yang saat ini dipimpin oleh presiden Emomali Rahmon ini mempunyai kebijakan tarif pajak 2% dari omset bisnis, sehingga cukup memberi dampak minus terhadap jumlah keuntungan yang diperoleh pelaku usaha. Rasio pungutan pajak yang berlaku di negeri ini adalah sebesar 80,9 persen.

02. Bolivia
Jika anda membuka cabang bisnis di negara yang berbatasan dengan Brasil ini, maka siap - siap untuk mengeluarkan biaya pajak transaksi sebesar 3%. Jumlah tersebut dapat memberi dampak hampir 60 persen keuntungan perusahaan anda. Hal ini belum termasuk beberapa pajak lainnya, sehingga total rasio pajak di Bolivia berada di angka 83,7 persen.

01. Argentina
Beban rasio pajak yang cukup gila adalah di Argentina. Ini sesuatu yang mengherankan karena total tarif pajak yang dipatok oleh pemerintah setempat lebih dari 100% dari keuntungan perusahaan. Pajak omset mencapai 90%, dan beban ini belum lagi ditambah pajak penghasilan dan pajak transaksi keuangan lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait