Startup Sukses: Rekrut Orang yang Lebih Pintar dari Anda

Dalam perjalanan usaha untuk membangun sebuah perusahaan startup yang sukses, anda mungkin merasa kekurangan tenaga kerja dalam tim anda, sehingga berencana akan merekrut tenaga tambahan atau pun mencari partner kerja yang dapat saling menyokong kemajuan perusahaan startup anda. Dalam merekrut tenaga baru, kunci yang mungkin sebaiknya anda pegang adalah mencari dan merekrut orang yang lebih pintar dari anda. Ini adalah saran yang sering diungkapkan oleh CEO Evernote.

Anda mungkin sudah familiar dengan aplikasi penyimpan dokumen yang bernama Evernote. Sebagai sebuah perusahaan perintis, Evernote telah sukses mengambil hati para pengguna perangkat mobile, seperti iOS dan Android dengan lebih dari 34 juta pengguna aktif. Aplikasi pengelolaan dokumen online ini tercipta dari sebuah perusahan startup yang berpusat di Silicon Valley.

Startup Sukses

Kesuksesan Evernote tak terlepas dari orang-orang yang ada di belakangnya. Phil Libin yang merupakan CEO Evernote selalu menekankan dan merekomendasikan untuk memiliki sumber daya manusia atau merekrut orang-orang yang lebih pintar dari anda. Banyak CEO yang juga setuju dengan pendapat tersebut.

Selain CEO Evernote, strategi rekrutmen seperti ini juga mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Jepang. Baru-baru ini, CEO Social Recuiting yang bernama Hirofumi Kasuga menekankan pentingnya merekrut orang lebih baik dari anda. Startup yang berbasis pada rekrutmen menggunakan Facebook dan Renren tersebut berupaya merekrut orang yang bisa berbagi visi perusahaan dan mempunyai keterampilan yang lebih bagus dari anda atau setidaknya dapat menutupi kekurangan anda.

Lalu, bagaimanakah caranya merekrut orang-orang yang lebih pintar dari anda? Ini tampaknya sebuah pekerjaan yang sulit. Hal ini pun pernah dialami oleh Shigetoshi Umeda yang merupakan pendiri perusahaan DENNOO, sebuah perusahaan startup yang bergerak di iklan online yang memakai layanan iklan  viewable time. Menurut pengakuan Shigetoshi Umeda, dalam merekrut tenaga kerja atau partner bisnis yang memiliki kemampuan handal memang merupakan pekerjaan yang menantang, apalagi merekrut orang yang berpengalaman dari sebuah perusahaan yang telah mapan. Namun, ia berupaya untuk mencari solusi dari tantangan tersebut dengan menerapkan strategi sebagai berikut.

1. Menawarkan kepemilikan saham kepada orang yang anda incar.
2. Berupaya melakukan pertemuan sesering mungkin dan lebih intens berkomunikasi.
3. Membangun hubungan kerja dengan rasa saling percaya.

Seberapa besar pun hambatan dan tantangan dalam mencari dan merekrut orang-orang yang lebih pintar, harus tetap anda lakukan. Karena dengan memiliki orang-orang yang handal dan lebih pintar dari anda, maka kemungkinan tercapainya kesuksesan perusahaan startup anda menjadi lebih besar.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait