Selfie, Tema Fotografi Terpopuler di Indonesia, Bagaimanakah dengan Negara Lain?

Kata "selfie" merupakan salah satu kata baru yang paling cepat populer di dunia dalam satu abad terakhir. Selfie merupakan kegiatan mengambil gambar (foto) diri yang dilakukan oleh diri - sendiri. Populernya kegiatan selfie tersebut dibaca sebagai celah bisnis yang menguntungkan oleh para produsen smartphone. Mereka menghadirkan produk ponsel yang dilengkapi dengan fitur kamera depan yang berkualitas bagus. 

Maraknya orang-orang yang suka ber-selfie ria ternyata juga disokong oleh perkembangan jejaring sosial, seperti Facebook dan juga Instagram yang memang mengutamakan media sosial berbagi gambar.

foto selfie

Di penghujung tahun 2015 lalu, CNBC mempublikasikan data tentang pertumbuhan pengguna media sosial Instagram yang kini telah memiliki 400 juta pengguna aktif, melebihi pengguna Twitter yang stagnan di angka 300 juta pengguna aktif. Padahal Twitter yang lebih dulu muncul sempat diprediksi bakal lebih populer dan menyaingi jumlah akun Facebook. Namun sayangnya Twitter tak mampu berkembang, sedangkan Instagram makin populer digunakan oleh para pecinta selfie. Brazil, Jepang, dan Indonesia merupakan tiga negara yang menyumbang pertumbuhan akun Instagram terbanyak. Pertumbuhan yang makin signifikan tersebut turut memunculkan tren jenis fotografi tersendiri. Tema fotografi yang berkembang di kalangan pengguna smartphone dapat dikategorikan beberapa jenis, yakni tema selfie, alam, orang, fotografi jalanan, dan tema hitam putih (classic).

Jika anda menduga bahwa tema "selfie" sebagai tren fotografi nomor satu, maka Anda tampaknya masih keliru. Menurut hasil pengamatan EyeEm, gaya tren selfie yang juga dipopulerkan oleh selebritis Kim Kardashian tersebut ternyata mengalami penurunan sepanjang tahun 2015. Tren fotografi lewat ponsel cerdas dengan bantuan aplikasi Instagram ternyata turut menentukan kepopuleran jenis tema yang berkembang. Fotografi bertema alam (nature), arsitek, dan street photography merupakan tiga jenis tema yang kini tengah populer, dan diperkirakan akan semakin meramaikan feed Instagram di tahun ini.

Jika dilihat secara global, foto matahari terbenam dan street photography merupakan dua tema yang paling disenangi oleh pecinta fotografi. Sementara jika ditinjau per wilayah, tiap-tiap negara ternyata memiliki tema terpopuler yang berbeda-beda, seperti yang diuraikan berikut ini.

Amerika - alam
Argentina - selfie
Afrika Selatan - matahari terbenam
Brazil - love
China - orang
Indonesia - selfie
Inggris - street fotografi
Jerman - alam
Jepang - langit
Kanada - alam
Korea - street fotografi
Prancis - hitam putih
Turki - selfie

Memang tren selfie sudah tidak lagi menjadi hal yang populer. Namun ini tampaknya belum terjadi di Indonesia, Turki, dan Argentina. Secara global, objek baru yang mulai dibidik adalah tema wefie, yakni foto beramai-ramai. Lalu, bagaimanakah dengan anda? Tema apakah yang paling anda sukai?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait