Selain Gaji, 6 Bonus Ini Dapat Tingkatkan Loyalitas Pekerja

Bagaimana caranya agar karyawan tetap loyal dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan? Salah satu kunci untuk solusi tersebut adalah dengan menaikkan gaji atau dengan memberikan bonus di akhir tahun. Hal ini merupakan cara yang cukup efektif, namun konsekuensinya adalah perusahaan harus bersiap-siap mengeluarkan budget yang lebih besar. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membuat para pekerja tetap loyal tanpa harus mengeluarkan dana yang besar. Nah 6 cara berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda bersama dewan direksi untuk mempertahankan loyalitas pegawai anda.

1. Memberikan Jadwal Kerja yang Lebih Fleksibel
Untuk mempertahankan loyalitas pekerja yang telah berkeluarga, maka cara ini bisa ditempuh tanpa perlu keluar banyak biaya. Mereka akan senang dengan kebijakan yang memberikan jam dan tempat kerja yang fleksibel. Perusahaan hanya menginginkan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab si karyawan bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan berkualitas baik.

LOYALITAS KARYAWAN

2. Memberikan Izin Berlibur atau Libur Khusus
Berlibur dan hari libur berbeda dengan PTO (Personal Time Off), karena karyawan merencanakan waktu di luar pekerjaan. Kebijakan untuk memberikan mereka waktu bekerja setengah hari pada hari jumat atau mengizinkan mereka libur kerja pada hari ulang tahunnya dapat merangsang loyalitas mereka kepada perusahaan. 

3. Tabungan atau Koperasi Karyawan
Adanya program semacam ini dapat memberi kesempatan bagi karyawan untuk melakukan pembayaran dengan pemotongan gaji sebelum pajak untuk aneka barang dan jasa yang dibeli, termasuk jaminan kesehatan, asuransi jiwa, pendidikan anak, dan bahkan termasuk untuk pembiayaan parkir dan kendaraan. Program ini dalam persepsi karyawan terlihat memberikan manfaat yang lebih.

4. Memberikan Cuti Sakit atau Cuti Urusan Pribadi
Apakah perusahaan anda telah memiliki aturan PTO (Personal Time Off) untuk cuti sakit atau urusan pribadi? Jika belum, pertimbangkan untuk membuat hal itu. Sementara jika sudah, pertimbangkan untuk menambah jumlah harinya. Ini dapat mengurangi tingkat stress karyawan, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas mereka.

5. Memberikan Asuransi Jiwa
Bagi karyawan yang telah berusia dewasa, program asuransi jiwa merupakan hal yang menarik. Untuk meningkatkan loyalitas karyawan, ini bisa menjadi cara yang efektif.

6. Biaya Perawatan THT atau Gigi dan Mata
Cara lain yang bisa ditempuh untuk meningkatkan loyalitas mereka adalah dengan menambahkan biaya pemeriksaan mata dan perawatan gigi. Layanan tambahan ini bisa anda masukkan dalam rencana kesehatan bagi karyawan. Jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan, biaya perawatan gigi dan mata ini tidaklah terlalu mahal, tapi merupakan sesuatu yang cukup penting dan memiliki nilai plus di mata karyawan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait