Resep Sukses Bisnis Kue ala Brownies Amanda

Popularitas brand Amanda sebagai merek kue brownies di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Yang membuatnya terkenal tentu karena rasanya yang lezat. Resep kelezatan kue brownies ini diciptakan oleh Hj. Sumi Wiludjeng bersama sang suami, H. Sjukur Bc.AP. Pada mulanya, Brownies Amanda hanya dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas kota kembang, Bandung. Seiring perjalanan dan kerja keras sang pemilik, brand ini kini populer di berbagai daerah di Indonesia dengan beragam varian rasa. Banyak cabang gerai dan toko Amanda yang telah berdiri di beberapa daerah di tanah air.

Berawal dari bisnis kecil-kecilan skala rumahan yang dikerjakan oleh Sumi dan dibantu anggota keluarganya, usaha kue brownies Amanda telah berkembang pesat sehingga berhasil membuka gerai di berbagai kota. Pada awalnya, Ibu Sumi yang merupakan seorang lulusan Pendidikan Kesejahteraan dan Keluarga di IKIP Jakarta tersebut menjalankan wirausahanya hanya sekedar hobi. Ia menerima pesanan kue dan makanan untuk acara-acara tertentu.

Kue Brownies Amanda
Di penghujung tahun 1999, berbekal resep kue bolu kukus yang ia peroleh dari saudaranya, Ibu Sumi kemudian mencoba melakukan trial & error untuk menemukan resep dan takaran kue yang paling pas di lidah. Rasa kue bolu yang ia ciptakan dari beberapa kali mencoba, ternyata mendapat respon positif dari konsumen. Seiring waktu, permintaan konsumen terhadap produk kue buatan Ibu Sumi dan keluarga semakin meningkat. Melihat minat pasar yang begitu antusias, Ibu Sumi bersama keluarga di tahun 2000 memutuskan untuk mematenkan resepnya dengan menciptakan brand Amanda. Merek "Amanda" yang menjadi panji produk kulinernya ternyata memiliki makna tersendiri, yakni Amanda merupakan akronim dari "Anak Mantu Damai". Mungkin ada sebuah harapan tersirat dari pencetusan dan pemilihan nama merek Amanda tersebut.

Dalam perjalanan berikutnya, usaha kue brownies Amanda yang dibangun oleh Ibu Sumi bersama keluarga ternyata tak semulus yang diprediksi sebelumnya. Kios usaha yang dibuka di kompleks pertokoan Metro Bandung harus dipindahkan karena kompleks ruko tersebut hangus terbakar. Tak mau berputus ada dengan kondisi tersebut, mereka kemudian memindahkan lokasi pemasaran ke kawasan Jalan Tata Surya Bandung. Di lokasi yang baru, Ibu Sumi dan keluarga harus memulainya dari awal lagi, dan berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru. Inilah salah satu tantangan yang harus dihadapi. Namun usaha keras dan kegigihan, mereka berhasil membangun bisnis kue yang sukses.

Bersama dengan tiga anaknya, yakni Joko Ervianto, Andi Darmansyah, dan Sugeng Cahyono, serta dibantu oleh para menantu, usaha kue brownies kukus Amanda semakin populer. Bahkan mereka telah memiliki lebih dari 20 varian produk, serta omset penjualan produknya mencapai ribuan kotak di masing-masing cabangnya. Sebuah prestasi bisnis yang membanggakan. 

Apakah rahasia kesuksesan bisnis kue brownies Amanda? Kunci keberhasilan menurut sang pendiri brownies Amanda yang mungkin bisa anda jadikan referensi adalah:
"Passion, setiap pebisnis harus memiliki ketertarikan besar terhadap bidang yang digeluti. Konsistensi dan inovasi adalah daya penggerak yang membuat akselerasi bisnis anda semakin cepat".

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait