Mobile Digital Jadi Sasaran Cyber Crime, Ini Cara Melindunginya

Pertumbuhan pengguna mobile gadget, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch kian meningkat dalam lima tahun terakhir. Dan peningkatan tersebut menjadi sasaran empuk bagi para pelalu tindak kejahatan siber (cyber crime). Diprediksi tahun 2016 ini, tindak kejahatan yang mengincar para pengguna perangkat bergerak tersebut semakin marak. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan pengembang anti virus, Kaspersky Lab. Perusahaan asal Rusia ini memprediksi bahwa tahun 2016 ini, serangan dan tindak kriminal di dunia digital akan semakin meluas ke target perangkat mobile.

melindungi dari serangan kejahatan siber
Tidak sampai di situ, Internet-of-Things dan sistem pembayaran alternatif juga tidak akan luput dari cyber crime demi menagkses data informasi sensitif, baik milik pribadi maupun perusahaan. Lalu, bagaimanakah cara dan upaya dalam menghadapi ancaman cyber crime tersebut? Nah, perusahaan Kaspersky Lab telah membagikan kiat dan tips agar individu maupun pengelola perusahaan dapat mempersiapkan diri menghadapi risiko dan ancaman yang mengintai mereka.

Bagi Individu
  • Pilih dan gunakan sistem dan solusi keamanan yang kuat dan terpercaya untuk semua perangkat. Memang hal ini membutuhkan dana lebih, namun investasi ini takkan sebanding nilainya dengan aset keseluruhan anda. 
  • Manfaatkan juga opsi tambahan yang biasanya diseiakan atau disertakan dalam paket solusi perlindungan yang anda gunakan, seperti Automated Backups, Default Deny Execution Controls, Whitelisting, dan Encryption.
  • Lebih aman, beralihlah ke sistem komunikasi yang terenkripsi.
  • Tambah wawasan dan pengetahuan anda terkait dengan dasar-dasar cyber safety system.
  • Hati-hati dan pertimbangkan dengan cermat apa yang ingin anda bagikan di internet. Ini termasuk dalam mengubah kebiasaan anda ber-online. Karena apa yang telah share di internet, akan tetap tersimpan dan berada di dunia maya, dan bisa menjadi celah bagi pelaku itndak kejahatan untuk memanfaatkan anda. Lindungilah data pribadi anda.

Bagi Perusahaan
  • Sama seperti perlindungan pribadi, pihak perusahaan harus berinvestasi maksimal dalam memilih solusi keamanan yang handal dan terjamin. Gunakan sistem perlindungan yang berlapis-lapis, dan bahkan lapisan keamanan ekstra yang proaktif.
  • Sistem yang handal takkan bisa maksimal bila pengelola sistem tersebut tidak kompeten. Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu juga fokus pada peningkatan pendidikan siber bagi para stafnya.
  • Jika anda menemukan celah kerentanan yang mungkin dapat mengancam sistem tersebut, segera tutupi (patch). Lakukan kontrol sesering mungkin, dan otomatisasi proses tersebut.
  • Mulai konsen dalam memperhatikan segala sesuatu yang berbentuk mobile.
  • Lakukan proteksi terhadap semua elemen yang menyangkut infrastruktur gateway, email, dan collaboration. Ada baiknya menerapkan sistem yang terenkripsi untuk komunikasi, dan terutama untuk pengiriman serta penerimaan data yang berkategori sensitif.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait