Mengenal Pembagian 12 Rumah dalam Astrologi Barat

Astrology berasal dari bahasa Yunani, dari kata “aster” atau “astrós” yang artinya “bintang”, dan “lógos” atau “lógou”, berarti “teori, ilmu, studi atau belajar. Jadi, secara sederhana Astrology dapat diartikan sebagai sebuah studi atau ilmu yang mempelajari tentang pengaruh benda-benda angkasa (bintang, satelit dan planet) terhadap kehidupan mahkluk hidup di bumi. Menurut para peneliti, Astrology pertama kali ditemukan dan diterapkan di Babylonia yang kemudian menyebar dan berkembang ke kawasan Asia, Eropa dan Timur Tengah, seperti China, India dan Yunani. Seiring perkembangan zaman, Astrology kemudian membaur dengan konsep bakal Astrology yang sudah ada terlebih dahulu di masing-masing daerah, sehingga sekarang dikenal tiga aliran besar Astrology yakni: Astrology yang dikembangkan oleh orang-orang Barat (kawasan Eropa), Astrology yang dikembangkan oleh orang-orang China, dan juga Astrology menurut ajaran Hindu (India). 

Astrologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang memfokuskan pada penyidikan pengaruh dari kumpulan dan tata letak planet dan rasi lambang zodiak di angkasa terhadap kondisi di bumi. Dengan mengamati pengaruh tertentu dari berbagai aspek, seperti bentuk sudut antara dua atau lebih planet, atau posisi dimana planet itu berada pada lambang zodiak yang berbeda setiap saat, maka dapat kita ketahui planet-planet dan lambang zodiak yang memberi pengaruh ketidakstabilan bumi beserta isinya. Secara sekilas, Astrologi hampir sama dengan Astronomi yang berfokus pada pengamatan benda-benda langit. Perbedaan astrologi dan astronomi terletak pada unsur yang diamatinya. Astronomy mempelajari fisik daripada benda-benda angkasa tersebut, sedangkan Astrology mempelajari energi, getaran atau pengaruh yang dikeluarkan oleh benda-benda angkasa tersebut terhadap semua kehidupan di Bumi.

12 rumah astrologi
12 Rumah Astrologi
Dari Waktu ke waktu, astrologi terus berkembang dan mencakup hal yang lebih luas, tidak hanya sebatas untuk melihat penafsiran-penafsiran kepribadian seseorang saja, tetapi juga berkembang ke berbagai bidang ilmu, termasuk ke bidang ilmu kedokteran. Dengan mengidentifikasi peta Kelahiran seseorang (berdasarkan jam, tanggal, bulan, tahun dan tempat lahir), maka seorang Astrologer (praktisi astrologi) dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai kemungkinan terhadap suatu penyakit atau tidak. Melalui astrologi, kita dapat mempelajari bagaimana cara untuk memperbaiki kecakapan kerja, memperbaiki nasib yang didasarkan atas kesadaran akan hukum-hukum alam.

Planet - Planet dalam Astrologi
Dalam astrologi barat, ada 10 benda langit yang memegang peranan penting yang memberi pengaruh terhadap 12 rasi bintang (dalam hal ini orang-orang yang lahir dibawah bintang zodiak). Kesepuluh benda langit tersebut (disebut planet) diurut dari yang tercepat melintas melalui zodiak, yaitu: Moon, Mercury, Venus, Sun, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune dan Pluto. Dalam astrologi ini, Bumi dipandang sebagai pusat observasi, sehingga seolah-olah matahari (Sun) yang beredar melintasi zodiak dan planet-planet lain mengelilingi bumi. Pola-pola tata letak dan lokasi benda-benda langit yang selalu berubah-ubah tersebutlah yang dijadikan sebagai salah satu dasar dalam membaca pengaruhnya terhadap manusia di bumi.

Tentang Mitologi Pembagian Rumah Duniawi dari Langit
Ahli filsafat (philosopher) membagi kanopi langit menjadi 12 bagian, yang mana kita sebut “rumah” dari langit.

Rumah pertama
Posisi ini menyangkut rupa personal dari anda, karakter dan juga dapat mempengaruhi pikiran untuk tingkat tertentu, terutama sekali bila ada planet berada didalamnya. Cups rumah pertama disebut “ascendant.” Bagian tubuh yang dikuasainya adalah kepala. Lambang Zodiak adalah Aries.

Rumah ke dua
Posisi ini menyangkut kekayaan, material, keuangan dan kemampuan Anda menghasilkan uang, usaha dan juga kebebasan anda. Bagian tubuh yang dikuasainya adalah leher dan kerongkongan. Lambang Zodiak adalah Taurus.

Rumah ke tiga
Posisi ini menyangkut saudara-saudara Anda, perjalanan dekat, surat-menyurat, tulis-menulis, pendidikan dan tetangga. Keberadaan planet di rumah ini dapat membuat pengaruh pada pikiran Anda. Bagian tubuh yang dikuasainya adalah tangan, lengan, siku dan bahu. Lambang Zodiak adalah Gemini.

Rumah ke empat
Posisi ini menyangkut orang tua (ayah atau ibu tergatung siapa yang paling berkuasa dalam rumah tinggal), harta peninggalan atau tanah dan rumah, lingkungan, tempat tinggal juga kondisi dan keadaan hari tua Anda. Bagian tubuh yang dikuasainya adalah paru-paru dan dada. Lambang Zodiak adalah Cancer.

Rumah ke lima
Posisi ini menyangkut keturunan anda, percintaan, juga keberhasilan Anda dalam membuat taruhan, bisnis, spekulasi dan permainan yang penuh resiko, kenyamanan / kesenangan yang Anda nikmati. Bagian tubuh yang dikuasainya adalah jantung dan punggung. Lambang Zodiak adalah Leo.

Rumah ke enam
Posisi ini menyangkut kesehatan dan penyakit yang dapat menyerang Anda, pelayanan, pekerjaan dan majikan Anda, juga ditandai paman dan bibi Anda. Bagian tubuh yang dikuasai adalah perut dan usus. Lambang Zodiak adalah Virgo.

Rumah ke tujuh
Posisi ini menyangkut ikatan perkawinan, isteri atau suami, musuh dalam masyarakat, musuh terbuka, perkara hukum, pertikaian, patner, mitra dan semua hubungan dengan orang pada umumnya (tidak termasuk sanak saudara). Bagian tubuh yang dikuasainya adalah pinggul dan ginjal. Lambang Zodiak adalah Libra.

Rumah ke delapan
Posisi ini menyangkut kematian, juga tekad dan warisan, kekayaan dari pasangan (isteri atau suami). Bagian tubuh yang dikuasai adalah organ kelamin dan anus. Lambang Zodiak adalah Scorpio.

Rumah ke sembilan
Posisi ini menyangkut perjalanan jauh melalui kapal udara atau kapal laut, kepercayaan atau ibadah, juga sanak saudara pasangan (suami atau isteri) dan mertua. Bagian tubuh yang dikuasai adalah pangkal paha dan paha. Lambang Zodiak adalah Sagittarius.

Rumah ke sepuluh
Posisi ini menyangkut orang tua Anda ( ayah atau ibu, tergantung siapa yang lebih menguasai keuangan), martabat, karir, jabatan, profesi, dan perdagangan. Bagian tubuh yang dikuasai adalah lutut. Lambang Zodiak adalah Capricorn.

Rumah ke sebelas
Posisi ini menyangkut teman-teman, harapan dan keinginan, impian, visi, misi, cinta yang diterima juga kekayaan dari ibu Anda. Bagian tubuh yang dikuasai adalah pergelangan kaki. Lambang Zodiak adalah Aquarius.

Rumah ke duabelas
Posisi ini menyangkut musuh gelap dan rahasia Anda, penjara, serangan penyamun atau perampok. Bagian tubuh yang dikuasainya adalah telapak kaki. Lambang Zodiak adalah Pisces.
(Referensi: klasikfengshui.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait