Mengenal 7 Level Investor dan Cara Mereka Mengelola Uangnya

Termasuk pada tingkat ke berapakah diri anda sebagai seorang investor? Robert T. Kiyosaki yang merupakan penulis buku Cash Flow Quadrant telah membagi kemampuan manusia dalam berinvestasi menjadi 7 tingkatan. Tingkatan investor tersebut bukan didasarkan pada seberapa besar jumlah uang yang dimiliki, tetapi lebih berfokus bagaimana cara pandang seseorang dalam mengelola uangnya untuk investasi. Mengelola uang dengan cermat untuk dijadikan media investasi dapat menjadi jalan untuk menggapai kekayaan berlimpah. Nah, berikut ini pembagian 7 tingkatan investor menurut Kiyosaki.

Investor Tingkat 0
Cara berpikir orang yang tergolong investor tingkat 0 adalah menghabiskan semua penghasilan yang diperolehnya, sehingga tak ada sisa untuk diinvestasikan. Bahkan terkadang mereka menghabiskan uang lebih dari penghasilan yang diperolehnya tiap bulan. Diperkirakan 50 persen orang dewasa berpikiran seperti ini.

level investor

Investor Tingkat 1
Orang-orang yang tergolong investor tingkat 1 sering menyelesaikan masalah finansialnya dengan cara beehutang. Mereka senang berinvestasi meskipun dengan cara meminjam uang. Uang muka rendah dengan bunga cicilan ringan menjadi hal yang menarik bagi mereka dalam berinvestasi. Untuk membayar cicilan, mereka harus bekerja keras.

Investor Tingkat 2
Investor tingkat ke dua merupakan mereka yang gemar menyisihkan uang untuk ditabung pada lembaga keuangan yang memiliki tingkat keamanan baik. Produk investasi yang digemari adalah tabungan, deposito, dan juga reksa dana resiko rendah. Prinsipnya adalah menabung satu sen berarti menghasilkan satu sen.

Investor Tingkat 3
Orang-orang yang termasuk dalam kategori investor tingkat 3 biasanya orang-orang yang berintelektual pintar, kritis, dan berpendidikan tinggi. Namun sayangnya mereka cenderung kurang memahami mengenai laporan keuangan dan juga belum melek finansial. Ada dua jenis investor pada tingkat tiga ini, yakni yang tidak mau repot dengan urusan finansial, dan yang sering bersikap sinis terhadap investasi.

Investor Tingkat 4
Pada tingkat ini, seseorang telah memahami pentingnya berinvestasi dan juga sudah mulai terlibat dalam keputusan berinvetasi untuk dirinya dan keluarga. Meskipun dimulai dari modal kecil, mereka tak mau menunggu waktu untuk memasuki investasi skala besar. Jika anda menerapkan investasi ini sejak dini, maka anda berpotensi mencapai kekayaan dan kemakmuran.

Investor Tingkat 5
Jika anda merupakan orang yang memiliki strategi dan analisa tajam tentang tata kelola keuangan anda, maka anda termasuk investor tingkat lima. Orang-orang yang berada dalam kategori ini merupakan sosok yang berani melakukan investasi berisiko secara agresif. Mereka sangat memahami dunia investasi dan selalu up to date mengumpulkan informasi terbaru.

Investor Tingkat 6
Menurut Kiyosaki, hanya sedikit orang yang bisa mencapai tingkat ke enam ini, dan kebanyakan dari mereka adalah para konglomerat di suatu negara. Dengan memanfaatkan IQ, EQ, dan SQ, mereka mampu menciptakan peluang bisnis dan peluang investasi secara bersamaan. Tujuan investor pada tingkat enam ini adalah bisa menghasilkan banyak uang dengan secara sinergis memanfaatkan SDM, bakat, dan juga waktu orang lain.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait