Menentukan Mode Kamera Otomatis, Semi, dan Manual

Sebelum pengambilan foto, hal yang pertama kita tentukan adalah memilih mode kamera. Mode kamera menentukan seberapa besar wewenang dan pengambil alihan kamera dalam menentukan pilihan atas setting exposure kamera. Secara umum mode kamera yang terdapat di kamera DSLR dan juga beberapa kamera canggih lainnya adalah otomatis, semi ototmatis (S/Tv, A/Av, P), dan manual. Dalam mode otomatis, berarti kita memberikan hak sepenuhnya kepada kamera untuk memilihkan pengaturan terbaik sesuai dengan pemandangan atau objek foto yang akan diambil, termasuk juga kondisi cahaya sekitar. Sebaliknya, mode manual berarti kita harus menentukan dan men-setting sendiri exposure kameranya, seperti aperture/diafragma dan shutter speed.

Mode Otomatis (Full Auto)

Jika anda ingin praktis dan cepat dalam aktivitas fotografi, maka mode otomatis ini sangat disarankan. Di banyak kamera DSLR, mode otomatis ini biasanya dilambangkan dengan warna (indikator) hijau. Kamera akan menentukan sendiri setting bukaan, shutter speed, ISO, dan flash, serta setting lainnya. Kamera akan memilih sendiri settingan terbaik yang disesuaikan dengan kondisi sekitar. Ketika kondisi gelap, maka kamera akan berupaya mengexposure agar cahaya lebih banyak masuk. Nah, ini bisa menjadi masalah manakala kita memang menginginkan hasil foto yang gelap untuk mendeskripsikan suasana suram. Sehingga untuk menciptakan hasil gambar yang sesuai dengan tujuan foto kita, maka harus diubah ke mode manual.

mode kamera dslr

Dalam mode ini, terdapat juga beberapa mode khusus, antara lain:
Potrait mode
Dengan mode ini, objek akan terlihat lebih mulus dan lembut karena kamera akan berusaha mengurangi ketajaman dengan setting bukaan yang besar. Mode ini bagus dipakai pada kamera yang berlensa telefoto dengan bukaan besar.

Landscape mode
Bagi anda yang ingin memfoto objek pemandangan, maka mode landscape menjadi pilihan terbaik. Kamera akan memilih setting bukaan kecil untuk menghasilkan gambar lebih tajam agar pemandangan lebih jelas.

Sport mode
Mode ini dipilih untuk mencapture objek yang melakukan gerakan, seperti olahraga. Setting shutter speed akan dipilih agar bisa mendapatkan gambar objek bergerak dengan tajam, dan mengurangi blur.

Night scene
Mode ini diterapkan pada saat anda ingin mengambil foto di malam hari atau di tempat yang gelap.

Close up / Macro mode
Jika anda ingin memfoto objek dengan jarak dekat, maka mode close-up ini menjadi pilihan terbaik, dimana kamera akan memfokuskan objek yang dekat.

Mode Semi Otomatis

Secara umum, ada tiga jenis mode semi otomatis pada kamera, yakni:

P (Program) mode
Mode semi otomatis jenis P mode ini hampir mirip dengan mode full auto. Kamera akan mengambil alih pengaturan nilai bukaan dan shutter speed, sementara pengaturan ISO, WB, dan AF ditentukan oleh fotografer.

Aperture Priority (Av)
Jika anda ingin mengendalikan sepenuhnya ruang tajam (depth of field), maka mode ini yang sebaiknya dipilih. Kamera akan menetukan sendiri nilai shutter speed-nya, dan anda dapat mengatur nilai bukaan-nya. 

Shutter Priority (S/Tv)
Bila anda ingin mengabadikan kerlap-kerlip lampu jalan atau deburan ombak dan gerak air, maka mode semi otomatis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Saat anda mengaktifkan mode Shutter Priority, maka kamera akan menentukan nilai bukaan secara otomatis, dan fotografer dapat menentukan nilai shutter speed-nya.

Mode Manual

Kelemahan mode manual ini adalah proses pengaturannya yang bisa memakan waktu yang lama, apalagi bagi fotografer pemula. Terkadang saat sedang fokus mengatur mode yang paling tepat, ternyata moment terbaik telah terlewatkan begitu saja. Mode manual adalah mode yang paling fleksibel, dimana kita menentukan sendiri hasil yang sesuai dengan keinginan kita. Untuk menjadi seorang fotografer profesional yang memiliki kecepatan dan kecekatan tangan yang handal, maka mode manual harus sering-sering digunakan ketika latihan memotret.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait