Memilih Investasi Koin Emas

Logam mulia emas dapat dicetak sehingga memiliki aneka rupa bentuk, mulai dari emas batangan, perhiasan, dan juga yang berbentuk koin. Nah, pada dasarnya emas yang berbentuk koin atau sering disebut sebagai koin emas sama fungsinya dengan emas lantakan. Ada beberapa jenis bentuk dari koin emas, yakni berupa koin emas cetakan, koin emas mata uang, dan koin emas kuno. Di Indonesia, koin emas yang berupa cetakan dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin emas dinar yang diterbitkan oleh PT Aneka Tambang.

Jika anda ingin menginvestasikan uang anda untuk membeli koin dinar dari PT Aneka Tambang, maka anda harus mengeluarkan biaya tambahan berupa PPN (Pajak Pertambahan Nilai) pada saat pembelian. Adanya tambahan biaya tersebut membuat banyak investor, terutama pebisnis China yang kurang berminat menginvestasikan uangnya pada koin dinar emas.

koin emas

Jika investasi emas lantakan banyak dipilih oleh para khalayak umum, maka investasi emas koin sering dilakukan oleh mereka yang memiliki modal lebih, karena investasi koin emas dianggap tak ubahnya seperti mengoleksi benda-benda seni. Koin emas kuno merupakan jenis investasi koin emas yang paling diminati oleh kolektor, meskipun dibandrol dengan harga tinggi. 

Biasanya orang-orang yang membeli koin emas merupakan orang yang telah mapan, dan mereka cenderung sudah membangun fondasi investasi terlebih dahulu, yakni dalam bentuk emas lantakan. Ada banyak investor yang berburu koin emas kuno dan langka. Mereka mengumpulkan koleksi emas untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Demikian seterusnya, sehingga nilai emas akan senantiasa naik dari tahun ke tahun.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait