Mau Investasi Emas Lantakan? Ini 7 Tips Wajib Anda Baca

Emas lantakan menjadi salah satu investasi emas yang difavoritkan para investor dan pebisnis emas. Emas lantakan atau emas batangan memiliki konsep yang simple dan gampang untuk diperjual belikan. Jika anda berencana untuk menginvestasikan uang anda pada emas lantakan, ada baiknya untuk memahami tips berikut ini.

1. Pelajari dengan cermat serta pahami tata cara perhitungan dasar dalam menentukan harga emas. Cek pula harga dasar yang berlaku di PT Aneka Tambang.

2. Kiat berikutnya adalah mempertimbangkan keputusan anda dalam memilih tempat membeli emas. Jika anda membeli emas di toko emas, maka biasanya harga yang dibandrol lebih murah daripada harga dasar yang dipatok di Aneka Tambang. Namun, membeli emas di toko emas biasanya dibebani oleh "biaya ongkos" yang besarnya tergantung pemilik toko perhiasan tersebut. Misalnya toko emas yang berlokasi di dalam supermarket cenderung menarik biaya ongkos lebih tinggi daripada toko emas yang berada di pasar rakyat.

investasi emas lantakan

3. Untuk memudahkan proses transaksi, pilihlah emas lantakan yang memiliki sertifikat atau surat resmi yang diterbitkan langsung oleh PT Aneka Tambang.

4. Jika anda memiliki modal lebih, belilah varian emas lantakan yang berbeda-beda, mulai dari berat kecil (1-10gr), sedang (10-50gr), dan berat emas kelas kakap. Dengan memiliki variasi emas yang beraneka, maka akan memudahkan anda dalam mendapatkan uang terutama saat keadaan mendesak, karena emas berat kecil lebih mudah diperjualbelikan di pasaran.

5. Upayakan untuk melakukan negosiasi yang intens ketika anda memutuskan untuk membeli emas lantakan di toko emas. Negosiasikan dengan cermat mengenai ongkos yang dibebankan kepada kita. Umumnya saat kita membeli emas lantakan dengan berat satuan di bawah 100 gram, pihak toko akan menarik biaya ongkos yang besarnya antara 50ribu hingga 300ribu rupiah. Besaran tarif ongkos tersebut bergantung pada nilai emas yang dibeli dan juga tempat kita membeli emas.

6. Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi pada emas lantakan, anda harus telah menyiapkan tempat yang paling aman untuk menyimpannya. Emas lantakan merupakan barang investasi yang memiliki likuiditas tinggi karena sangat mudah dijadikan uang, bahkan orang lain bisa menjualnya di pasaran tanpa perlu mendapat persetujuan atau konfirmasi dari pemilik asli. Oleh karena itu, perlu upaya untuk melindungi keamanannya.

7. Jika anda lebih memilih untuk membeli emas yang berupa perhiasan, pilihlah perhiasan dengan model sederhana karena biasanya biaya ongkosnya lebih sedikit, sementara ketika  kita ingin menjualnya, pihak pembeli tidak akan menghitung beban ongkos tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait