Kelebihan Kekurangan Kredit Barang Cicilan Bunga 0%

Kredit dengan bunga 0% selalu menjadi daya tarik bagi para pemilik kartu kredit. Promo cicilan 0 persen sering kita temui di mall maupun di toko online. Membeli sebuah produk dengan tawaran kredit 0% memang memiliki keuntungan tersendiri yang diperoleh konsumen. Namun, layanan ini biasanya memiliki persyaratan khusus. Sebagai konsumen, ada plus minus yang akan anda peroleh. Berikut sekilas uraiannya.

1. Di saat Anda memutuskan untuk membeli produk cicilan dengan promo angsuran ringan 0%, maka tagihan kartu kredit Anda akan berubah. Misalnya, Anda membeli sebuah gadget ponsel di sebuah toko online dengan harga 6 juta rupiah. Dengan pembayaran kartu kredit, anda diberikan fasilitas program cicilan ringan 0% dalam jangka waktu 6 bulan. Maka, jumlah tagihan Anda setiap bulan adalah satu juta rupiah dan Anda harus melunasinya selama 6 bulan.

cicilan 0 persen

2. Lalu apa yang terjadi jika anda tidak mampu melunasi atau telat membayar sesuai dengan batas waktu? Jika itu terjadi, kemungkinan pihak penerbit kartu kredit akan melakukan pembatalan terhadap promo cicilan 0% dan kemudian memberlakukan kembali dengan bunga normal. Oleh karena itu, jangan sampai anda telat membayar.

3. Sebelum melakukan transaksi kredit tersebut, ada baiknya anda memeriksa limit kartu kredit anda. Jangan sampai anda membeli barang yang harganya melebihi batas atau limit kartu kredit karena anda akan dikenakan biaya over limit oleh pihak bank penerbit kartu.

4. Ada beberapa persyaratan yang biasanya berlaku untuk promo cicilan nol persen. Anda yang mengambil promo ini biasanya ada beberapa biaya tambahan, misalnya biaya administrasi atau pajak transaksi sebesar 3-4 persen yang ditanggung oleh pembeli.

5. Biasanya pihak penjual ataupun penerbit kartu kredit akan meminimalkan program bonus lainnya. Tidak ada cashback, point reward dan bonus lainnya dalam transaksi cicilan 0% tersebut. Pihak bank ataupun penjual menganggap bahwa cicilan nol persen sebagai bonus utama.

6. Ketika punya uang lebih, Anda tidak bisa serta merta melakukan pelunasan. Jika anda mau melunasi sisa kredit sebelum masa cicilan habis (jatuh tempo), maka anda akan dikenakan biaya ekstra.

7. Selama cicilan belum lunas, anda tidak dapat menutup kartu kredit anda. Jika dipaksakan, maka konsekuensinya sama seperti poin 6. Program promo 0% biasanya hanya berlaku untuk pengguna kartu kredit tertentu saja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait