Jadi Nyata, 5 Alat Rumah Tangga Berteknologi Futuristik

Teknologi terus berkembang dan menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Beragam produk berteknologi tinggi terus hadir dan memudahkan kehidupan manusia. Tren teknologi di tahun ini mungkin menjadi gambaran bagaimana kehidupan manusia di masa depan. Internet menjadi salah satu penyokong dan bagian dari kemajuan tren teknologi di tahun ini. Lampu, mesin cuci, serta beberapa perabot rumah tangga mulai hadir dengan koneksi jaringan internet. Hal ini terlihat dari pameran elektronik konsumen global CES (Consumer Electronics Show) yang baru-baru ini digelar di Las Vegas. Dan tampkanya lima perabotan rumah tangga yang baru diperkenalkan ini akan menjadi trend di 2016.

1. Kulkas yang Terhubung
Family Hub Refrigerator karya cipta perusahaan asal Korea Selatan, Samsung,  dianggap sebagai salah satu highlight yang menyita banyak perhatian di CES 2016. Dengan berbekal layar sentuh (touch screen) yang besar, kulkas pintar ini memiliki aneka fungsi serta dapat bertindak sebagai pusat perintah bagi seluruh anggota keluarga. Lalu, apa saja yang bisa diperbuat oleh lemari pendingin pintar ini?

Anda dapat mengatur kulkas untuk memperbaharui kalender keluarga dan meninggalkan notes (catatan) untuk seluruh anggota keluarga di rumah anda, sambil melacak bahan dapur apa saja yang Anda butuhkan dan segera harus dibeli, serta produk mana yang akan segera memasuki masa kadaluarsa. Dalam kulkas ini juga telah dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi untuk merekam atau mengambil gambar ketika kulkas tertutup. Dengan fitur ini, anda dapat mengetahui bahan apa saja yang telah habis, sehingga langsung bisa membelinya saat perjalanan pulang menuju ke rumah.

2. Vas Pintar
vas bunga canggih
Vas pintar yang bernama Wulian Dream Flower ini ternyata bukan hanya sekedar dekorasi saja, karena vas canggih ini juga bisa berguna sebagai detektor lingkungan. Melalui vas ini, anda bisa mengetahui suhu di dalam rumah, memonitor tingkat karbondioksida, dan bahkan suara. Vas ini tak hanya berjalan sendiri, karena anda bisa menghubungkannya dengan device lain, seperti tablet, smartphone, dan juga pendingin suara. Selain itu, vas ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai lampu LED dan wireless router.

3. Sistem Penguncian Futuristik
eyelock
Beragam perangkat mobile seperti laptop dan smartphone dapat dikunci hanya dengan melihatnya saja. Fitur ini disebut eye-lock yang memanfaatkan modul iris. Dengan fitur ini, anda dan perusahaan akan lebih aman dalam penggunaan perangkat mobile dan desktop. Modul penguncian dengan mata ini dapat bekerja aktif hingga jarak 60 cm.

4. Hub Rumah yang Cerdas
perabot rumah tangga canggih
Konsep teknologi ini diperkenalkan oleh LG dengan nama LG's Smart ThinQ Hub. Teknologi canggih ini akan menjadi media untuk memonitor dan terhubung dengan beragam perangkat elektronik di rumah anda, seperti mesin cuci, AC, dan juga televisi atau LCD. Notifikasinya bisa melalui speaker, yang juga bisa menjadi media untuk memutar musik, alarm, dan pengingat kalender.

5. Detektor Asap Berbasis Suara
halo detektor udara asap
Anda yang membutuhkan perangkat yang mampu memantau kondisi udara di rumah dapat memilih dektetor asap ini. Nama produknya adalah Halo yang merupakan perangkat yang mengkombinasikan detektor asap dan alarm karbon monoksida. Ketika ada masalah, maka secara otomatis memberikan peringatan bagi penggunanya. Ancaman bahaya yang terdeteksi oleh alat ini akan memancarkan sinar berbeda dan juga mengirimkan pesan ke smartphone yang terhubung. Fitur radio cuaca built-in yang terintegrasi pada perangkat membuat anda bisa selalu memantau keadaan cuaca sekitar.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait