Inilah Profil 5 Orang Terkaya Di Dunia Tahun 2016

Siapakah orang terkaya di dunia tahun 2016 ini? Jawabannya adalah Bill Gates. Seperti yang dikutip dari situs Wealth X dan Business Insider, Bill Gates masih tak bergeming dari posisi teratas. Situs Wealth X baru-baru ini telah merilis daftar 50 orang terkaya di dunia tahun 2016. Menurut situs tersebut, data kekayaan yang dipublikasikan merupakan aset yang yang penuh fluktuasi yang bisa berubah dalam hitungan detik, terutama bagi para milyarder yang menyimpan kekayaannya dalam bentuk saham.

Namun, kekayaan mereka tentu merupakan jumlah yang sangat besar. Bahkan jika Anda berusaha menggabungkan seluruh kekayaan harta 50 orang milyarder tersebut, ternyata mencapai 1,45 triliun dolar Amerika Serikat, yang artinya nilai itu setara dengan GDP Australia. Adapun sumber kekayaan yang mereka peroleh dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu: kekayaan yang diperoleh dari warisan, dan kekayaan yang diperoleh atas usaha kerja kerasnya sendiri. Menurut Business Insider, dari ke 50 orang terkaya di dunia ada sebanyak sepertiga yang memiliki aset kekayaan dari hasil keringat mereka sendiri. Hal ini berarti sekitar 15 orang merupakan sosok pengusaha yang memulai bisnisnya benar - benar dari nol.

Daftar 50 orang terkaya di Dunia versi Wealth X menempatkan kaum pria sebagai dominatornya, karena hanya ada empat orang perempuan yang masuk dalam daftar tersebut. Jika ditinjau dari negaranya, Amerika Serikat masih merupakan negara penyumbang orang kaya terbanyak. Sedikitnya ada 29 orang kaya yang merupakan warga negara Amerika Serikat. Sementara itu jumlah milyarder China ada empat orang dan India memiliki tiga milyarder yang masuk dalam jajaran daftar tersebut.

Ditinjau dari bidang bisnis yang dilakoni oleh para milyarder ternyata kebanyakan memiliki bisnis di bidang teknologi, 12 orang dari daftar 50 tersebut terjun ke ranah bisnis teknologi. Lalu siapakah miliarder yang termuda dan yang tertua? CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang memiliki aset senilai 42,2 miliar dolar Amerika Serikat merupakan orang terkaya dengan usia paling muda yakni baru berumur 31 tahun. Dengan jumlah kekayaannya tersebut, ia berhasil nangkring di peringkat kedelapan. Sementara itu jutawan tertua adalah Liliane Bettencourt yang berusia 93 tahun. Lemilik L'Oreal tersebut berada di peringkat ke-17 dengan total kekayaan mencapai $29 miliar.

Berikut gambaran lima besar orang terkaya tahun 2016 versi Wealth X:

1. Bill Gates
orang terkaya di dunia tahun 2016
Berkat kemajuan teknologi komputer, pria ini sering kali dinobatkan sebagai orang paling tajir sejagat raya. Dengan aset kekayaan senilai 87,4 miliar dolar atau kurang lebih 1.223 triliun rupiah, pendiri Microsoft ini menjadi pamuncak tangga. Ia merupakan orang kaya yang merintis bisnisnya mulai dari titik nol.

2. Amancio Ortega
Salah satu ladang bisnis yang menjadi sumber kran kekayaan bagi pria Spanyol ini adalah jaringan ritel fasyen bermerek Zara. Di usianya yang memasuki umur 80an, ia telah berhasil mengumpulkan aset kekayaan senilai 66,8 miliar dolar AS atau sekitar 924,1 triliun rupiah.

3. Warren Buffet
Sejak usia belasan tahun, Warren Buffet memang gigih dalam melakoni bisnis. Insting bisnisnya mampu membawa dirinya ke puncak tangga kesuksesan. Pemilik perusahaan investasi Berskhire Hathaway ini memiliki hobi berinvestasi dalam pasar modal. Dimulai dari titik nol, Warren Buffet berhasil melipatgandakan kekayaannya hingga kini berjumlah US$ 60,7 miliar atau setara Rp 839,7 triliun untuk kurs dolar Rp 13.800. 

4. Jeff Bezos
Posisi ke empat orang terkaya di dunia versi Wealth X ditempati oleh Jeff Bezos yang memiliki aset senilai Rp 783 triliun (56,6 miliar dolar). Ia berhasil mengumpulkan pundi - pundi uang melalui perusahaan e-commerce Amazon. Dimulai dari garasi rumahnya tahun 1994, Amazon terus berkembang menjadi perusahaan toko online terbesar skala global.

5. David Koch
Jaringan perusahaan Koch Industires merupakan salah satu sumber terbesar kekayaannya. Pria yang kini berusia 75 tahun ini memiliki kekayaan sekitar 47,4 miliar dolar atau lebih kurang 655,7 triliun rupiah. Bersama sang kakak, Charles Koch, David mengelola Koch Industries sebagai wakil presiden eksekutif.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait