Inilah Hasil Survey Tingkat Kepercayaan Pekerja Terhadap Perusahaannya

Sebuah survey terbaru yang dilakukan oleh Edelman di 28 negara terungkap data tentang tingkat kepercayaan global dalam bisnis yang mengalami peningkatan antara tahun 2015 dan 2016. Akan tetapi, survey tersebut juga menunjukkan tentang penurunan yang cukup signifikan tingkat kepercayaan pekerja terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Edelman mengukur level kepercayaan menggunakan skala 9, dimana level 1 menunjukkan tingkat kepercayaan yang terendah, dan level 9 menunjukkan tingkat kepercayaan tertinggi.

Dari hasil survey tersebut, diketahui bahwa negara yang para pekerjanya paling banyak percaya terhadap perusahaan adalah Mexico. Sebanyak 89 persen responden di Mexico mempercayai apa saja kebijakan terbaik yang diambil perusahaan. Perusahaan - perusahaan di dua negara Asia, yakni India dan China  tampaknya harus bersyukur karena mereka masih dipercayai oleh para karyawannya. India sebanyak 83% dan China sekitar 79%. 

Survey kepercayaan perusahaan

Sementara itu, tingkat kepercayaan pekerja di Amerika Serikat dan Kanada meningkat dari tahun lalu ke angka 64 persen. Pekerja di negara Jepang ternyata tingkat kepercayaannya paling rendah terhadap perusahaan. Berdasarkan survey Edelman, diketahui hanya 40 persen responden di Jepang yang masih menaruh kepercayaan terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Sementara itu, tingkat "trust" di negara-negara kawasan Eropa berada di rentang medium, yakni rata-rata antara 50-60 persen. Lalu, bagaimankah dengan Indonesia? Jika dibandingkan dengan angka rata-rata global yang berada pada level 60, tingkat kepercayaan pekerja Indonesia terhadap perusahaan ternyata lebih tinggi, yakni 70 persen. Namun jika dibandingkan dengan data tahun 2015 lalu, tingkat kepercayaan pekerja terhadap perusahaannya turun sebanyak 8 persen. Sebuah catatan yang patut menjadi bahan renungan bagi para pimpinan perusahaan di Indonesia.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait