Ini yang Jadi Penghambat Membangun Usaha di Indonesia

Saat ini posisi Indonesia dalam hal "kemudahan berbisnis" berada di peringkat ke 109 dari 189 negara. Kondisi ini menjadi perhatian pemerintahan Jokowi, sehingga menugaskan Kepala BKPM, Franky Sibrani, bersama semua menteri terkait untuk bisa memperbaiki posisi hingga ke peringkat 40. Untuk itu, Franky melakukan koordinasi dengan beberapa kementrian untuk memangkas dan menghilangkan berbagai hambatan berbisnis. Setidaknya ada 19 catatan sebagai penghambat yang perlu menjadi fokus pemerintah saat ini.

Hambatan utama yang akan menjadi fokus pemerintah adalah mengubah aturan persyaratan pendirian Perseroan Terbatas (PT) yang mewajibkan pemilikan modal sebesar minimal Rp 50 juta. Dan ini akan direvisi agar bisa disesuaikan dengan kemampuan pelaku usaha.

hambatan membangun usaha di indonesia

Masalah lain adalah pemasangan sambungan instalasi listrik yang sering memakan waktu lebih dari 2 bulan. Ini adalah hambatan yang perlu dipangkas agar kegiatan memulai bisnis menjadi lebih cepat dan mudah. Ini perlu koordinasi dengan PLN dan Kementerian ESDM. Proses perizinan pembukaan usaha juga harus diperbaiki. Masalah ini harus dicarikan solusi oleh Kemenkumham bersama Kementerian Keuangan.

Catatan masalah lain yang menjadi penghambat berbisnis di Indonesia antara lain: pendaftaran properti, pembayaran pajak, akses perkreditan BI, penegakan kontrak yg terkait dengan tata cara penyelesaian gugatan sederhana, masalah perdagangan lintas negara, penyelesaian perkara kepailatan, dan juga masalah yang terkait perlindungan terhadap investor minoritas.

Penyelesaian masalah penghambat tersebut harus dilakukan secara kompak oleh 15 institusi terkait, dengan tiga jenis pembagian tugas, yang meliputi deregulasi, sosialisasi, dan yang ketiga adalah melakukan monitoring. (Referensi: Metrotvnews.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait