Ini Negara Penjual iPhone Termurah, Turki Termahal

Iphone menjadi smartphone yang banyak difavoritkan oleh pecinta gadget di berbagai negara. Produk buatan Apple ini telah diekspor ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di Amerika Serikat yang merupakan tempat kelahiran smartphone canggih ini, iPhone 6s dijual dengan harga sekitar 9 jutaan rupiah. Namun ternyata harga tersebut tidak sama untuk di setiap negara. Mengapa ini terjadi? Lalu, negara mana yang menjual iPhone paling murah?

Variasi harga jual iPhone di masing-masing negara disebabkan oleh perbedaan aturan pajak dan bea. Di Eropa misalnya, meskipun semua negara menggunakan mata uang yang sama, yakni Euro, namun perbedaan pajak impor dan pungutan lain membuat harga iPhone menjadi variatif. Di Italia, iPHone 6s dipasarkan dengan bandrol harga  842,22 dolar AS atau setara Rp 11,7 juta.

Harga iphone

Sementara di kota Paris, pelanggan dapat menebus iPhone 6s dengan harga 809,78 dolar AS atau setara dengan Rp 11,3. Di Spanyol, Belgia dan Belanda, dan Luxembourg, iPhone terbaru tersebut diperdagangkan dengan harga  783,41 dolar AS atau lebih kurang Rp 10,9 juta. Di Indonesia sendiri, para toko online menjual iPhone 6S dengan internal memory 16GB dipasarkan dengan harga sekitar USD$ 749 atau 11 jutaan rupiah.

Lalu, di negara mana yang memasarkan iPhone dengan harga termurah? Jawabannya adalah Kanada. Di negara yang beribukota Ottawa ini, konsumen bisa mendapatkan sebuah iPhone 6s dengan harga 636,18 dolar AS atau setara dengan Rp 8,9 juta. Sementara jika anda membeli iPhone 6s di Turki, maka anda harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi, karena harga iPhone di negara tersebut merupakan yang termahal, yakni 1.029,41 dolar AS atau setara dengan Rp 14,4 juta.

Nah berikut daftar 5 negara yang memasarkan iPhone 6s termurah dan termahal.

Termurah:
1. Kanada : US$ 636,18 atau Rp 8,9 juta.
2. Uni Emirat Arab: US$ 707,64 atau Rp 9,9 juta.
3. Hong Kong: US$ 717,52 atau Rp 10 juta
4. Rusia: US$ 730,27 dolar AS atau Rp 10,2 juta.
5. Taiwan: US$ 731,17 dolar AS atau Rp 10,23 juta

Termahal:
1. Turki: US$ 1.029,41 atau Rp 14,4 juta
2. Brasil: US$ 973,61 atau Rp 13,6 juta
3. Swedia: US$ 873,63 atau Rp 12,23 juta
4. Hongaria: US$ 858,02 atau Rp 12 juta
5. Republik Ceko: US$ 847,84 atau Rp 11,8 juta

iPhone 6s dilempar ke pasaran dengan 3 jenis warna berbeda, yakni hitam, putih, dan gold. Hal ini mungkin juga akan sama pada iPhone 7. Usut punya usut, penetapan varian warna iphone tersebut ternyata dipengaruhi oleh konsumen China. Kok bisa?

Warna iPhone Dipengaruhi Selera Konsumen China

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, China ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap berbagai perusahaan di seluruh dunia, termasuk juga perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat yaitu Apple Inc. 

warna iphone 7

Bagi perusahaan yang banyak meluncurkan gadget-gadget inovatif ini, negeri Cina menjadi salah satu penentu terkait strategi bisnis mereka. Salah satu yang telah terbukti adalah bagaimana keputusan mereka untuk memilih warna bagi produk smartphone mereka, yaitu iPhone. 

Menurut pengakuan CEO Apple, yakni Tim Cook, selera konsumen masyarakat Tiongkok ternyata mempengaruhi pilihan warna iPhone. Lebih lanjut Tim Cook mengungkapkan bahwa selera konsumen negeri Tirai Bambu tersebut memberikan pengaruh yang kuat dalam banyak desain, termasuk iPhone, iPad dan juga Apple Watch (jam tangan pintar buatan Apple). Salah satu contoh dari pengaruh konsumen tersebut terjadi pada tahun 2013 yang lalu dimana Apple menghadirkan salah satu pilihan warna terbaru yakni warna kuning keemasan untuk produk iPhone 5s.

Seperti yang dilansir dari situs Telegraf, Cook mengatakan, "Keputusan untuk menghadirkan iPhone yang berwarna emas pada tahun 2013 lalu mencerminkan bagian popularitas warna itu di kalangan para penggunanya di Tiongkok".

Berdasarkan data pangsa pasar Apple, kawasan Cina besar atau Greater China yang juga mencakup wilayah Taiwan dan Hongkong merupakan pasar terbesar kedua Apple saat ini. Dengan jumlah penduduk yang besar tersebut, maka tak salah jika banyak yang mengakatakan bahwa kawasan China merupakan "medan pertempuran" bagi Apple dengan para kompetitor lainnya seperti Samsung dan Xiaomi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa warna emas pada produk iPhone, pertama kali dihadirkan di tahun 2013 melalui peluncuran iPhone 5s, dimana pada produk-produk smartphone sebelumnya hanya terdiri dari dua pilihan warna yaitu hitam dan putih saja. Nah, kehadiran warna emas ini juga terus dimunculkan pada seri iPhone selanjutnya, yaitu iPhone 6 yang di launching pada tahun lalu. Produk iPhone 5s, iPhone 6, dan iPhone 6 plus memiliki 3 pilihan warna untuk para konsumennya, yaitu warna silver, gold atau emas, dan space gray.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait