Gambaran Singkat Wirausaha Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan salah satu cemilan masyarakat Nusantara. Dulu banyak orang yang menganggapnya sebagai makanan kampung, serta kalah gengsi dengan keripik kentang. Namun, kini citra keripik singkong tampaknya tak jauh berbeda dengan keripik kentang yang telah mendapatkan hati para konsumen. Hal ini karena banyak produsen (perusahan besar) yang mengolah dan mengemas keripik singkong sebagai cemilan lezat yang tak kalah enaknya dengan keripik kentang.

Image sebagai makanan kampung perlahan mulai pudar seiring makin banyaknya orang (termasuk kalangan selebritis) yang gemar mengkonsumsi keripik singkong dengan aneka varian rasa. Oleh karena itu, berwirausaha memproduksi keripik singkong saat ini cukup menjanjikan. Apakah anda tertarik untuk mencoba peluang usaha rumahan ini?

usaha keripik singkong
Umumnya kita mengenal keripik singkong dengan cita rasa yang asin gurih. Nah, untuk menarik dan menjangkau lebih banyak konsumen yang memiliki selera beraneka ragam, maka sebaiknya anda menciptakan keripik singkong dengan varian rasa yang berbeda, seperti pedas atau rasa pedas manis. Untuk semakin menambah nilai kepercayaan terhadap produk anda, maka sebaiknya produk keripik singkong buatan usaha rumahan anda didaftarkan ke dinas kesehatan atau badan POM di daerah anda.

Berikut ini disajikan langkah demi langkah berwirausaha pembuatan keripik singkong.

Mengenal Cara dan Proses Pembuatan Keripik Singkong
Untuk membuat keripik singkong, anda wajib menyediakan bahan-bahan berikut ini: singkong segar, bawang merah, bawang putih, cabai, gula pasir, gula merah, dan juga garam.

Cara membuat keripik singkong:
  • Kupas, iris tipis-tipis, dan cuci singkong hingga bersih.
  • Goreng irisan singkong dengan minyak yang sudah dipanaskan. Lakukan pembalikan sesering mungkin agar keripik bisa matang dengan secara utuh. Agar tidak mudah gosong, sebelum digoreng celupkan irisan singkong tersebut ke dalam air bersih.
  • Setelah terlihat agak kecoklatan dan terasa crispy, angkat dan tiriskan keripik tersebut.
  • Siapkan bumbu perasanya, yakni dengan cara memblender bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga halus.
  • Panaskan gula merah dan gula pasir di dalam penggorengan hingga meleleh, kemudian setelah itu masukkan bumbu yang telah diblender tersebut. Tambahkan garam, lalu masukkan keripik singkong hingga bumbu meresap secara merata.

Tips Membuat Produk Keripik Singkong yang Renyah
  • Pilihlah singkong berukuran besar yang dipanen pada umurnya sembilan bulan. Singkong ini memiliki kadar air 40-50% dan tidak mudah gosong saat digoreng.
  • Gunakan singkong yang dagingnya berwarna putih mulus, dengan serat kulit agak halus. Singkong jenis ini dapat menghasilkan keripik yang lebih renyah. Hindari memakai daging singkong yang memiliki bercak atau noda hitam karena dapat menyebabkan rasa pahit.
  • Gunakan api yang "sedang" saat menggoreng, agar keripik bisa cepat matang secara merata.

Pengemasan
Ini adalah bagian penting bagi produk anda untuk menarik minat konsumen. Meskipun anda memiliki kualitas produk yang bagus, namun jika tidak dikemas dengan menarik akan sulit laku di pasaran. Pilihlah plasti kemasan yang bermutu baik. Plastik berukuran 15x30 cm dapat diisi 1/2 kg keripik, dan plastik berukuran 20x40 cm dapat diisi 1 kg keripik. Hati-hati dalam proses pengemasan untuk menghindari kerusakan produk keripik.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait