Gambaran Singkat Cara Membuka Usaha Bakso

Siapa yang tak kenal bakso? Kuliner yang satu ini menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar orang Indonesia, bahkan termasuk juga Presiden Amerika, Barrack Obama. Makanan yang berbentuk bola daging ini digemari oleh hampir semua kalangan dan semua usia. Maka tak heran jika bakso tak hanya kita jumpai di pasar tradisonal dan pedagang kaki lima saja, tetapi juga menjadi menu andalan di berbagai restoran kelas mewah di Indonesia. Dengan pangsa pasar yang cukup luas tersebut, menjadikan usaha pembuatan dan penjualan bakso sebagai pilihan bisnis rumahan yang cukup  dan tahan banting. 

Selain itu, alasan lain yang menyebabkan bisnis bakso sebagai jenis usaha kuliner yang potensial adalah:
1. Jenis kuliner yang populer di semua lapisan masyarakat
2. Dapat dimulai dengan modal kecil
3. Mudah dipraktekkan dan memiliki resiko kecil
4. Bahan baku mudah diperoleh dan dikembangkan untuk berbagai variasi produk
5. Adanya dukungan teknologi canggih yang membantu dalam proses produksi

usaha bakso

Namun dibalik kemudahannya tersebut, bisnis bakso ternyata memiliki tantangan tersendiri. Sebagai usaha yang termasuk golongan low entry barrier, bisnis bakso merupakan bisnis yang memiliki tingkat persaingan ketat, bahkan secara head to head. Sehingga sering kita temukan pengusaha - pengusaha bakso yang memakai cara-cara curang, seperti menggunakan bahan pengawet berlebihan, menggunakan bahan baku tak layak konsumsi, dan aksi nakal lainnya. Jika anda berencana untuk menggeluti bisnis kuliner ini, maka tindakan-tindakan curang tersebut harus anda hindari.

Untuk bisa sukses dalam memenangkan kompetisi dalam bisnis bakso, satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat diferensiasi produk atau keunikan bakso, baik itu cita rasa, bentuk bakso, hingga konsep penyajian. Rasa yang enak dan harga yang murah, saat ini bukan lagi menjadi senjata yang ampuh untuk menarik banyak konsumen, karena kedua hal itu sudah banyak ditawarkan oleh para pedagang bakso lainnya. Anda harus memiliki inovasi yang bisa menjadi ciri khas bagi produk kuliner anda.

Beberapa contoh inovasi dan diferensiasi bakso yang ada di pasaran, antara lain:
  • Bakso Cup, yakni penyajian bakso dalam cup instans yang menjadi daya tarik bagi konsumen.
  • Bakso ala Sabu-sabu adalah sajian bakso yang dihidangkan sama seperti masakan sabu-sabu khas Jepang (irisan tipis daging sapi dalam kuah panas).
  • Bakso granat atau bakso kotak yang dibuat dengan ukuran jumbo.
  • Bakso sehat adalah resep bakso yang mengusung konsep menu sehat yang disajikan tanpa memakai MSG.

Untuk contoh inovasi bentuk bakso lainnya, dapat anda lihat di link bakso ini.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha bakso, ada dua jenis yang bisa anda pilih, yakni bisnis bakso kuah siap saji dan bisnis bakso olahan dalam kemasan.

Bisnis bakso kuah siap saji adalah sajian bakso yang langsung dihidangkan ke konsumen dengan kuah. Ada tiga level usaha yang bisa anda pilih, yakni menggunakan gerobak keliling, berupa warung atau depot, serta restoran bakso. Semakin tinggi level usaha yang anda pilih, semakin besar pula biaya usaha yang dibutuhkan.

Misalnya usaha bakso dengan gerobak membutuhkan dana investasi sekitar 3 - 5 juta rupiah, yakni untuk membeli perlengkapan dan peralatan yang berupa: gerobak bakso, kompor & tabung gas, mangkuk, sendok & garpu, panci, sendok sayur, ember pencucian, tempat sambal/tisu, dan kursi plastik.

Bisnis bakso kemasan merupakan memproduksi dan menjual bakso yang telah diolah menjadi aneka makanan siap saji yang dikemas dalam kemasan yang sesuai standar kesehatan. Produk bakso kemasan biasanya dipasarkan di outlet atau toko swalayan yang disimpan di freezer. Target pangsa pasar yang diincar oleh produk bakso kemasan, antara lain: ibu rumah tangga, pedagang bakso kaki lima, dan juga pengusaha restoran dan katering.

Nah, jika anda sudah yakin untuk memulai bisnis bakso, maka berikut disajikan resep membuat bakso enak.

BAKSO TEMPE BAKAR
Bahan-bahan yang diperlukan:
1 lembar tempe sedang, 8 sdm tepung terigu, 5 sdm tepung sagu, 2 buah telur, daun seledri secukupnya, 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, dan garam dan merica sesuai selera.

Cara dan langkah pembuatannya:
Langkah pertama, potong kecil-kecil tempe kemudian kukus. Setelah matang, tempe tersebut dihaluskan.

Langkah ke dua, masukkan bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung sagu, telur, merica, garam, dan penyedap rasa. Aduk dan uleni sampai kalis atau tidak menempel di tangan.

Langkah ke tiga, bentuk adonan tersebut menjadi bulat-bulat seperti bakso. Sambil mencetak bakso, masak air sampai mendidih. Kemudian segera masukkan bakso mentah tersebut ke dalam air, lalu angkat yang sudah mengambang dan tiriskan.

Langkah terakhir, tusuk bakso tersebut dengan tusuk sate, lalu dipanggang. Anda juga bisa memanggangnya dengan teflon yang telah dioleskan mentega. Jangan lupa olesi dengan adonan kecap dan merica. Tunggu sampai matang kecoklatan. Bakso tempe bakar siap disajikan ke konsumen.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait