Daftar Peringkat 10 Negara Terkorup di Dunia

Negara manakah yang tingkat korupsinya paling tinggi? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan itu dapat kita ketahui dari data - data yang dikeluarkan oleh lembaga yang melakukan riset kasus - kasus korupsi di berbagai negara. Salah satu yang menjadi acuannya adalah koalisi anti korupsi gobal, Transparency International. Tiap tahun, lembaga ini mengeluarkan data tingkat korupsi berdasarkan survey yang dilakukan di 168 negara. Hasil survey yang mendata persepsi warga dunia tersebut menjadi angka penilaian dengan rentang 0 hingga 100 pada tiap negara sesuai dengan kadar korupsi yang terjadi. 

Dilansir dalam Business Insider, berikut adalah 10 negara terkorup di dunia, khusus untuk negara-negara yang tergabung dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD - Organisation for Economic Co-operation and Development).

peringkat korupsi

10. Israel
Pada tahun 2015 lalu, skandal korupsi terbesar yang terjadi di Israel ternyata melibatkan Perdana Menteri Ehud Olmert yang terbukti menerima uang dari perusahaan properti asal Amerika Serikat, sebesar US$ 150.000. Kasus ini menjadi titk hitam yang membuat warganya memberi nilai 61 dari 100 poin survei.

09. Slovenia
Banyak skandal korupsi yang terjadi di negara yang beribukota Ljubljana ini. Bahkan pada tahun 2013-2014 lalu, banyak warga yang turun ke jalan melakuka protes besar-besaran yang menuntut Perdana Menteri Janez Janza dan pemimpin oposisi Zoran Janković karena mereka diduga menyembunyikan asset pribadi mereka sebenarnya.

08. Republik Ceko
Berdasarkan hasil survey, negara yang beribu kota Praha mendapat skor 56, naik 4 poin dari tahun lalu hanya mencapai 51 poin. Hal ini dikarenakan terjadinya berbagai skandal politik yang juga menyeret Perdana Menteri Petr Necas.

07. Korea Selatan
Saat ini, bangsa Korea Selatan sedang berjuang melawan belitan korupsi. Kasus terbesar yang terjadi tahun lalu diduga melibatkan Perdana Menteri Lee Wan-koo. Pada bulan April 2015, ia dipaksa meninggalkan jabatannya setelah dituduh menerima suap dalam kasus bunuh diri dari seorang pengusaha terkemuka. Indek persepsi korupsi negara Korea Selatan adalah 56 dari indeks 100.

06. Hongaria
Dalam satu tahun terakhir, warga Hungaria menganggap negaranya telah menjadi lebih korup. Tindak korupsi yang kerap terjadi ternyata melibatkan dokter dan ahli bedah. Banyak yang melakukan aksi suap kepada dokter dan ahli bedah dalam tiap praktiknya. Anehnya, warga disana justru menganggap bahwa tindakan tersebut merupakan tindakan yang wajar.

05. Slovakia
Jika korupsi diidentikan dengan tikus dan babi, maka di negara Slovakia yang populer adalah gorilla. "Gorilla Scandal" telah menjadi ikon korupsi di negara Uni Eropa tersebut. Gorilla Scandal merupakan cara yang sering dilakukan oleh para politisi, pejabat pemerintahan, dan eksekutif bisnis untuk memberikan suap demi mendapatkan kontrak bisnis.

04. Yunani
Negara yang pernah dinyatakan bangkrut ini ternyata salah satu faktornya adalah karena korupsi. Tindak korupsi di negara yang beribukota Athena terebut dalam dua tahun terakhir telah membludak. Tindakan korupsi yang populer di negara itu dikenal dengan istilah “fakelaki”, yakni warga Yunani yang bisa dan terbiasa untuk memberikan uang suap agar mampu mendapatkan servis yang lebih baik.

03. Italia
Kasus korupsi makin banyak ditemukan di negara pemangku ekonomi Eropa ini. Bahkan perdana menteri di sana, yang bernama Silvio Berlusconi sering diasosiasikan sebagai ikon koruptor. Ia telah dijerat tindak pidana korupsi berkali-kali dan di persidangan tahun 2015 lalu, Berlusconi telah telah terbukti menyuap seorang senator.

kasus korupsi

02. Turki
Negara ini dulunya terbilang adem ayem. Namun pada tahun 2014 lalu, warga setempat dikejutkan dengan kasus pidana korupsi yang terjadi secara masif. Tindak korupsi di sana terjadi dengan melibatkan banyak nama pejabat tinggi. Mereka kemudian terbukti bersalah dengan ikut serta melakukan penyuapan, penggelapan, hingga tindak pencucian uang.

01. Meksiko
Peringkat pertama sebagai negara dengan kerawanan korupsi tertinggi yang tergabung dalam OECD adalah Meksiko. Mengapa Meksiko? Hal ini karena di negara ini banyak terdapat mafia dan gudang obat-obat terlarang yang biasa sering diselundupkan ke beberapa negara termasuk Amerika Serikat (AS). Proses penyelundupan dan perdagangan gelap yang terjadi di sana diprediksi banyak melibatkan aparat negara. Selain itu, tingkat kriminalitas di Meksiko juga tergolong tinggi.

Lalu, jika dilihat secara rangking global, manakah negara-negara yang paling terkorup di dunia tahun 2015? Inilah daftarnya!

Sepuluh negara paling bersih dari kasus korupsi:
1. Denmark
2. Finlandia
3. Swedia
4. New Zealand 
5. Belanda
6. Norwegia
7. Switzerland
8. Singapura
9. Kanada
10. Jerman, Luxembourg, Inggris

Sepuluh negara yang memiliki level tindak korupsi tertinggi di dunia:
1. Somalia
2. Korea Utara
3. Afganistan
4. Sudah
5. Sudah Selatan
6. Angola
7. Libya
8. Irak
9. Venezuela
10. Guinea-Bissau

Bagaimanakah dengan posisi Indonesia? Data riset yang dipublikasikan di laman Transparency International menunjukkan tingkat persepsi korupsi Indonesia berada di peringkat ke 88 dengan skor 36, terjadi sedikit perbaikan dengan naik 2 poin dari  tahun lalu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait