Cara Sukses Wirausaha Kue versi Donat Kampoeng Utami

Merek kue yang satu ini cukup unik, yakni Donat DKU alias Donat Kampoeng Utami. Didirikan oleh Rosidah Widya Utami, seorang warga asal Jawa Timur. Bisnis kuenya dimulai dari hobinya yang suka pada bidang masak - memasak, terutama kuliner kue. Ia merintis usaha kue pertama kali pada tahun 2001 di kabupaten Jombang, Jawa Timur. Produk usaha rumahannya tersebut adalah berupa kue donat yang saat itu dipasarkan dengan harga Rp 500 per biji. Pasar utama kala itu adalah sekolah - sekolah dengan sistem titip jual. Ibu Rosidah menjalankan bisnis rumahannya dibantu oleh seorang pembantu.

Kue donat enak
Untuk memperluas jangkauan pemasarannya, Ibu Rosidah memanfaatkan media internet. Lewat blog-nya, ia berusaha memperkenalkan usahanya ke media online sekaligus juga sebagai tempat pemasaran donat buatannya dengan brand Donat Kampung Utami (DKU). Seiring perjalanan waktu, ia berhasil memperkenalkan dan memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Hongkong, Malaysia, dan Singapura merupakan beberapa negara yang menjadi tempat pemasarannya. Di sana terdapat pelanggan - pelanggan tetap. Selain itu, ia juga mengirimkan produk kuenya ke Belanda dan Inggris. Ketika tahun 2008, seorang investor asal Malaysia melakukan penawaran untuk membeli resep donatnya. Terjadilah kerjasama, sehingga investor tersebut harus membayar royalti tiap bulannya untuk produk donat yang diberi merek Nash.

Di tahun 2009, bisnis kue Rosidah terus berkembang. Ia pun membuat Roshberry Donuts and Coffee. Selain merancang website profesional untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan, ia juga gencar beriklan lewat jaringan periklanan Google dan Facebook.

Meski kemajuan bisnisnya menunjukkan tren positif, namun ibu Rosidah merupakan tipikal orang tak mudah puas. Ia mengembangkan bisnisnya ke produk lainnya, di antaranya kue kering, kue tar, dan juga brownies. Pemasaran offline juga tidak ia lupakan. Rosidah membuka bisnis toko oleh-oleh khas Jombang. Harapannya adalah kue DKU kreasinya bisa menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Jombang. Seperti dikutip dari sebuah tabloid, menurut beliau, "Kesuksesan akan datang dengan mudah jika Anda mencintai apa yang anda lakukan. Dengan demikian, anda tidak akan kenal lelah dalam mengejar hal-hal yang Anda cintai".

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait