Cara Sukses Berbisnis Pulsa Handphone

Jika bensin merupakan nyawa bagi sebuah sepeda motor, maka nyawa sebuah handphone adalah pulsa. Pulsa dapat dikatakan sebagai kebutuhan utama bagi pengguna ponsel. Semakin maraknya pengguna handphone di Indonesia, itu sama artinya dengan semakin besarnya keuntungan bagi pelaku penyedia layanan jasa telekomunikasi tersebut, termasuk penjual pulsa. Jika kita mengamati di masyarakat, setiap orang dewasa dan remaja saat ini telah memegang ponsel di tangannya. Bahkan tak sedikit yang memiliki lebih dari dua unit ponsel di sakunya. 

Prospek keuntungan yang besar bagi para pedagang pulsa HP tak lepas dari kompetisi sengit yang dilakukan para provider telekomunikasi di Indonesia. Hampir setiap bulan mereka selalu mengadakan promosi menarik untuk menjangkau pelanggan lebih banyak, mulai dari layanan bicara, layanan teks, dan juga layanan data yang semakin besar peminatnya. Banyak orang, khususnya kalangan remaja yang sering gonta-ganti kartu (SIM card) demi mendapatkan benefit dari paket layanan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa telekomunikasi. Ini menjadi salah satu pendukung meningkatnya prospek keuntungan bagi para pedagang pulsa HP. Tertarik untuk mencoba peluang bisnis penjualan voucer pulsa ini? Yuk silahkan disimak seluk-beluk cara memulainya dan juga tips suksesnya berikut ini.

bisnis pulsa elektrik

Menjalankan Bisnis Pulsa dan Kartu Perdana
Mungkin hal pertama yang perlu anda ketahui adalah jenis voucher pulsa yang diperdagangkan di pasaran. Saat ini ada dua jenis voucher pulsa, yakni voucher visik yang berupa kartu dengan kode yang tersembunyi, dan voucher elektronik yang dikirim ke konsumen lewat transfer langsung dari daeler. Kehadiran voucher elektrik merupakan cara pembelian pulsa yang lebih praktis bagi para konsumen. Dan para penjual pun juga dapat melakukan transaksi lebih gampang dan praktis. Hanya dengan membawa HP, mereka dapat mengirim pulsa ke pelanggan, kapan saja dan dimana saja, bahkan juga untuk penjualan pulsa listrik.

Namun, jika anda ingin memperoleh keuntungan lebih banyak, maka disarankan untuk membuka konter pulsa, meskipun dengan ukuran kios yang kecil. Dengan cara seperti ini, konsumen akan lebih mudah menemukan usaha anda. Dalam usaha jualan pulsa ini, yang perlu ditekankan adalah bagaimana mengupayakan agar volume transaksi menjadi lebih banyak, bukan berupaya untuk meningkatkan margin keuntungan (menaikan harga jual pulsa), karena selisih harga sedikit saja dapat membuat pelanggan tidak puas dan mencari kios lain.

Menjalankan bisnis kartu perdana ternyata tak jauh berbeda dengan bisnis voucher pulsa yang tidak membutuhkan tempat yang yang luas. Dengan beragam promosi yang dilakukan oleh para provider, bisnis penjualan kartu perdana tetap prospektif.

Cara Mendapatkan Voucher Fisik dan Elektrik
Untuk mendapatkan suplai voucher fisik dan elektrik, saat ini bukanlah hal yang sulit. Di pusat-pusat perniagaan handphone telah banyak terdapat daeler-daeler yang menawarkan dengan harga grosir dengan jumlah pembelian tertentu, misalnya di lantai 1 ITC Roxy Mas, lantai 4 ITC Cempaka Mas Jakarta atau lewat media internet untuk jangkauan nasional. Yang diingat adalah bahwa ada perbedaan antara cara memperoleh kedua jenis voucher tersebut. 

Voucher fisik diperjualbelikan dengan sistem cash and carry, artinya produk akan kita terima saat kita bayar. Sementara menjual voucher elektrik terlebih dahulu harus mendaftar sebagai anggota reseller (downline) pada daeler pulsa tertentu. Saat ini ada banyak daeler voucher elektrik yang menawarkan untuk para reseller dengan beragam paket promosi, fasilitas, aturan, dan tata cara transaksi yang semakin mudah, dan bahkan 1 chip for all operator. Anda bisa langsung mendatangi lokasi daeler pulsa yang banyak tersebar di kota - kota kabupaten / kota madya atau mendaftar lewat media online dengan transaksi lewat bank.

Secara garis besar, layanan penjualan voucher elektrik terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah menyediakan pulsa elektrik untuk satu produk seluler saja, seperti M-Tronik untuk pulsa Indosat, M-Kios untuk pulsa Telkomsel, dan XL memiliki Dompet Pulsa. Jenis yang kedua adalah satu kartu (SIM Card) untuk pulsa semua operator. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk jenis yang pertama, kita harus menyediakan modal lebih, misalnya jumlah HP untuk masing-masing SIM card dan modal minimal untuk top up pulsa. Namun keuntungannya adalah proses transaksi lebih cepat karena langsung ke server pusat. Sedangkan jenis yang kedua (multi operator), kita bisa menyediakan modal cukup murah (minimal 50ribu) yang bisa digunakan untuk transfer pulsa ke berbagai nomor simcard. Namun kelemahannya adalah proses transaksinya tidak secepat jenis yang pertama karena perintah pengiriman pulsa harus transit dulu ke server daeler.

Bagaimanakah Caranya Memilih Daeler Voucher Elektrik?
Dalam menentukan pilihan daeler voucher yang paling bagus, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangannya, yaitu:

1. Jangan ragu melakukan survei untuk mendapatkan informasi perbandingan harga pulsa yang ditawarkan oleh masing-masing daeler. Pilihlah daeler yang memberikan harga kompetitif.

2. Pilihlah daeler voucher elektrik yang memiliki layanan pengiriman pulsa paling cepat. Sering terjadi keterlambatan dalam pengiriman pulsa ke nomor pelanggan karena server yang digunakan berkualitas rendah, terutama untuk model 1 chip all operator. Jika ini sering anda alami, maka dapat membuat pelanggan menjadi kesal.

3. Pilihlah daeler pulsa elektrik yang memiliki short code. Short code adalah sebuah nomor singkat (biasanya terdiri 4 digit angka, misal 0205) yang dipakai untuk kode transaksi, kode komunikasi ataupun kode perintah yang ditujukan kepada daeler. Misal untuk cek deposit pulsa dengan sms "CEK DEPOSIT" kirim  ke 0205. Nomor short code ini biasanya diberikan oleh operator seluler kepada daeler yang telah menjadi bagian atau bekerjasama dengan provider tersebut, sehingga bisa dikatakan sebagai daeler terpercaya.

4. Memilih sistem transaksi yang lebih fleksibel. Sistem transaksi deposit untuk reseller voucher elektronik terdiri dari dua macam, yakni sistem saldo dan sistem stok. Pada sistem stok, anda membeli voucher nominal tertentu dengan jumlah unit, misalnya stok 20 unit pulsa Rp 20.000. Sedangkan sistem saldo, anda diperbolehkan untuk membeli / transfer pulsa dengan nominal berapa saja. Misalnya anda memiliki saldo Rp. 500ribu yang bisa dipakai untuk transfer pulsa nominal berapa pun.

5. Cermati sistem dan aturan yang diterapkan oleh daeler. Pilihlah daeler yang mengaplikasikan sistem yang mudah, jelas, dan menguntungkan. Jajaki juga kemungkinan nilai plus atau pun bonus yang bisa diberikan kepada kita sebagai downline ataupun saat kita menjadi up line bagi reseller lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait