Cara Memilih Partner Bisnis yang Cocok dengan Anda

Mencari partner bisnis yang handal boleh dibilang sebagai pekerjaan yang gampang - gampang susah. Pasalnya, mendapatkan partner bisnis yang cocok dengan diri kita tak ubahnya seperti mencari belahan jiwa (soulmate). Menurut Antony Fiat, seorang entrepreneur asal Inggris, mengungkapkan ada baiknya proses pencarian tersebut berjalan secara alami. Berdasarkan pengalamannya dalam mendirikan sebuah perusahaan, ia menemukan seorang partner bisnis yang merupakan teman kantornya saat dulu bekerja bersama di sebuah perusahaan. Berada di perusahaan yang sama, Antony telah mengetahui bagaimana cara kerja dan tanggung jawab rekan bisnisnya tersebut. Setelah 3 tahun bersama membangun perusahaan, ia dan partner bisnisnya pun tahu kelebihan dan kekurangan masing - masing.  

Antony merasa dirinya merupakan sosok yang aktif dan suka berada di luar kantor sembari mencari peluang bisnis untuk usahanya. Sementara rekannya adalah orang yang senang berada di kantor mengurusi dan mengontrol segala keperluan perusahaan. Ia juga seorang yang cakap dalam hal tawar - menawar, sehingga untuk urusan negosiasi, Antony menyerahkan kepada partner bisnisnya tersebut.

Memilih partner bisnis

Setelah sekian tahun bekerjasama dengan sang partner, Antony pun telah memiliki beberapa partner baru untuk bidang - bidang bisnis lainnya. Dalam memilih partner bisnis, Antony mencoba menentukan beberapa kriteria, yakni:

  • Memiliki kesamaan visi misi dan value
  • Terjalin rasa nyaman saat bersama sang partner bisnis
  • Memiliki integritas dan penuh tanggung jawab
  • Kecocokan karakter 
  • Memiliki kemampuan atau keahlian yang saling melengkapi
  • Bisa saling menguntungkan


Antony menyarankan dalam memilih partner bisnis, lakukan dengan cermat dan hati-hati. Selain logika, gunakan pula rasa dan hati. Intinya adalah "Find someone who can fulfill your lack".

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait