5 Tipe Karakter Pengguna Facebook

Facebook dan juga jejaring sosial lainnya merupakan media modern yang digunakan oleh masyarakat dunia dalam berinteraksi sosial di dunia maya. Dengan menggunakan media sosial tersebut, manusia tak perlu lagi harus bertatap muka untuk sekedar saling berbagi kabar dan berbincang - bincang. Sebagai jejaring sosial nomor 1 di dunia, Facebook telah berkembang cukup pesat. Berawal dari konsep sederhana yang dirancang di sebuah kamar kos, aplikasi buatan Mark Zuckerberg tersebut berhasil mendunia dan dipakai oleh lebih dari 1 miliar penduduk dunia.

Nah setelah diamati, ternyata setiap orang yang menggunakan Facebook memiliki tujuan masing-masing. Bahkan cara mereka menggunakan Facebook pun berbeda-beda sesuai dengan karakter masing-masing orang. Berdasarkan hal tersebut, situs KerjaUsaha.com mencoba membagi para pengguna Facebook menjadi 5 tipe karakter, yakni:

1. Tipe Normal
Facebookers ini menggunakan akunnya untuk berbagi kabar (update status) dan berkomentar secara wajar dan seperlunya. Mereka pun dapat membagi waktu dengan efektif dan bisa berfacebookan sesuai situasi dan kondisi. Artinya, aktivitas bersosialisasi di internet yang dilakukannya tersebut tidak menyebabkan pekerjaannya terganggu atau kepentingan lain menjadi terbengkalai. Everything is normal, dan semua berjalan seperti biasa. Semoga anda termasuk tipe yang ini.

2. Tipe Ekspresif
tipe facebook
Mungkin tipe ini boleh juga disebut sebagai Facebook Mania atau Facebookholic. Mereka yang termasuk tipe ini sangat intens mengakses facebook. Mereka pun sangat sering mengupdate statusnya, bahkan setiap jam anda dapat melihat perubahan statusnya. Rasa senang, takut, marah, dan bahkan rasa kesal sedikit saja, mereka langsung mengabarkannya di Facebook. Bahkan saking ekspresifnya, mereka sering mengajak teman-temannya untuk bermain game di Facebook. Anda yang berteman dengan tipe orang ini mungkin akan sedikit kesal karena ketika anda membuka Facebook, ternyata banyak yang dihiasi oleh statusnya.

3. Tipe Pengintip (Likers)
fb like
Berbalik dengan tipe ekspresif, tipe ini justru sangat kalem. Mereka suka menggunakan facebook hanya untuk ingin mengetahui dan mengintip perkembangan terbaru teman-temannya, tanpa mau terlibat dan berinteraksi lebih dalam. Mereka jarang komen, dan hanya lebih sering menggunakan tombol "Like" untuk menunjukkan eksistensinya (akunnya masih on).

4. Tipe Suka Pamer
Tipe ini sering menggunakan Facebook hanya untuk pamer apa yang menjadi kebanggaannya. Mereka akan meng-udate statusnya ketika ada sesuatu yang bisa dipamerkan ke teman-teman ataupun ke group-nya, misalnya saat punya motor baru, naik jabatan, jalan-jalan ke luar negeri, makan di restoran mewah, dan sejenisnya. Sedangkan ketika ada hal memalukan atau suatu masalah yang dialami, mereka akan berusaha menutupinya. Mungkin tipe Facebookers ini cocok bekerja di pameran (ha...ha...).

5. Tipe Pebisnis
Pengguna Facebook ini merupakan sosok yang berkarakter pebisnis. Baginya "time is money", sehingga akun facebooknya pun dimanfaatkan untuk berbisnis, seperti jualan baju, promo produk, dan sejenisnya. 

facebook jual baju

Jika anda masuk ke halaman FB-nya, maka akan dipenuhi oleh status tentang promosi bisnisnya. Memang, pengguna Facebook yang jumlahnya ratusan juta tersebut merupakan sasaran empuk untuk menggaet pelanggan baru, sehingga hal ini memunculkan Facebooker bertipe Pebisnis.

Nah, demikianlah 5 tipe pengguna Facebook berdasarkan karakter dan tujuannya ala KerjaUsaha(dot)com. Termasuk tipe yang manakah diri Anda?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait