5 Peluang Bisnis Kecil Menguntungkan Tahun 2016

Untuk meneropong aneka peluang usaha yang memiliki prospek cerah di tahun 2016 ini, kita harus melihat kembali prediksi tren ekonomi yang kemungkinan akan booming di tahun ini. Banyak pengamat ekonomi yang memperkirakan situasi dan kondisi ekonomi Indonesia tak akan jauh berbeda dari tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi dalam negeri diperkirakan hanya berada pada kisaran angka 5 persen. Kondisi perekonomian global, situasi negara China dan juga Amerika Serikat dapat memberi pengaruh bagi Indonesia. Namun, banyak orang yang percaya bahwa tahun 2016 ini ekonomi Indonesia dipenuhi dengan optimisme.

Di tahun 2016 ini, tren penggunaan perangkat mobile, seperti smartphone dan smartwacth akan semakin meningkat. Sejalan dengan itu, akses penggunaan data internet juga akan semakin memasyarakat. Hal ini tentu akan memunculkan beberapa peluang usaha yang menjanjikan. Selain itu, tren bisnis 2016 yang sudah mulai berlangsung adalah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Kebijakan perdagangan bebas versi Asean ini akan memberikan pengaruh positif dan negatif tersendiri bagi ekonomi Indonesia. Dan kita sebagai warga negara, harus bisa menyesuaikan diri dan meningkatkan kualitas diri untuk mampu berkompetisi. Berdasarkan beberapa analisa situasi ekonomi tersebut, situs kerjausaha.com mencoba menguraikan 5 peluang usaha dengan modal kecil yang prospektif di tahun 2016 ini.

BISNIS 2016

1. Toko Online
Infrastruktur internet di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat dan jangkauannya semakin meluas hingga ke daerah - daerah terpencil. Hal ini membuat jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Dukungan suplay smartphone dengan harga murah meriah juga menjadi salah satu faktor pendorong yang membuat masyarakat Indonesia "melek internet". Pihak yang turut merasakan dampak positif dari perkembangan ini adalah para pelaku bisnis yang menjajakan barang jualannya di dunia maya. Omset bisnisnya semakin naik dari tahun ke tahun karena jumlah konsumen yang mengakses internet kian banyak. Oleh karena itu, bagi anda yang merupakan pelaku UKM harus segera membidik target konsumen online ini. Anda yang memiliki usaha kue, atau usaha fashion, dan bahkan usaha bibit tanaman harus segera "go online" untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas. Mulailah buat toko online anda, meskipun dengan konsep yang sederhana. Jika anda masih belum memahami tata cara membuat sebuah toko online, anda bisa memanfaatkan jasa pembuat toko online. Atau sebagai langkah awal, anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai lapak jualan produk usaha anda.

2. Waralaba
Bisnis dengan konsep waralaba tampaknya juga tetap bersinar di tahun 2016 ini. Jika dulu, bisnis waralaba (franchise) hanya terbatas pada produk kuliner dan mini market saja, kini semakin meluas ke berbagai bidang, termasuk waralaba jasa, elektronik, otomotif, hingga di sektor pertanian. Usaha waralaba sangat cocok bagi anda yang baru belajar cara berbisnis. Paket kemitraan yang ditawarkan pun ada beraneka macam, mulai dari 1 jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah. Jika anda berminat dalam konsep bisnis waralaba sebagai franchisee, pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan passion anda, memiliki prospek menjanjikan di tempat anda, serta disesuaikan dengan kemampuan budget (anggaran) anda.

3. Reseller Produk Import
Di awal tahun 2016, MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) telah mulai resmi berlaku. Itu artinya, semua negara yang tergabung dalam kawasan Asean dapat melakukan perdagangan secara bebas di semua negara anggota ASEAN, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Philipina, dan lainnya. Mereka pun dapat mengeksport atau mengimport tenaga kerja yang kompeten. Ini artinya para pebisnis dan tenaga kerja harus meningkatkan daya saingnya. Dalam penerapan MEA, sektor yang akan terlihat perubahannya adalah perdagangan, dimana akan terdapat aneka produk import yang membanjiri pasar dalam negeri, dan sebaliknya akan ada banyak produk lokal yang berkualitas bagus yang diekspor ke luar negeri. Kondisi ini tentu tak dapat kita elakkan. Jika anda cerdas, situasi tersebut bisa anda manfaatkan sebagai sebuah peluang usaha, baik itu sebagai reseller produk import ataupun sebaliknya.

4. Bisnis Developer Aplikasi
Jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia kian meningkat, termasuk di Indonesia. Tak heran jika bisnis pulsa dan asesoris hp menjadi jenis usaha yang tetap menguntungkan sejak 10 tahun terakhir. Dan peluang bisnis kecil yang makin prospektif dalam tiga tahun terakhir adalah menjadi pengembang aplikasi mobile. Modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak, yakni perangkat komputer, koneksi internet, dan kemampuan dalam coding. Aplikasi kreatif yang anda ciptakan dapat menjadi gerbang menuju jutawan.

5. Bisnis Produk Kreatif
Dengan menghasilkan produk unik, anda bisa melangkah lebih mudah menuju kesuksesan. Aneka produk kreatif, seperti sandal batik, lukisan jerami, T-Shirt 3D, produk daur ulang sampah, dan barang unik lainnya tampaknya akan semakin menarik perhatian di tahun 2016 ini. Apalagi untuk mempopulerkan dan memasarkan produk kreatif tersebut saat ini semakin mudah dilakukan lewat jejaring sosial. Asalkan anda memiliki ide kreatif yang bisa anda wujudkan menjadi sebuah produk nyata, maka peluang usaha ini sangat menjanjikan keuntungan berlimpah.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait