5 Mitos Bisnis Online Ini Perlu Anda Kaji Lebih Dalam Lagi

Saat ini tampaknya banyak orang yang mulai tertarik untuk menggeluti bisnis online. Namun sayangnya, banyak dari mereka justru terjebak oleh aspirasi yang menyatakan bahwa menjalankan strategi bisnis online merupakan pekerjaan yang mudah, tak perlu kerja keras, dan efesien. Jika anda pernah mendengar stigma tersebut, sudah saatnya mulai mengembangkan perspektif baru dalam memandang apa itu bisnis online dan bagaimana caranya bisa sukses. Mungkin langkah awal dalam mengubah cara pandang anda dalam bisnis online adalah mengenal dan memahami 5 mitos yang sering dianggap benar dalam industri bisnis online ini. Apa sajakah kelima jenis mitos yang populer di dunia bisnis online tersebut? Dikutip dari laman Forbes, inilah uraiannya.

1. Anda Hanya Perlu Memulainya dari Passion Anda
Anda mungkin sering mendengar nasihat dari para guru bisnis atau orang lain yang mengarahkan anda untuk mengikuti passion atau bidang yang paling anda senangi, sehingga kelak anda lebih mudah mendapatkan profit besar. Coba pikir lagi! Jika passion berarti profit, maka setiap pebisnis online pasti sudah memiliki rumah dan kendaraan mewah. Tak semua passion di tiap-tiap orang akan sukses menghasilkan profit berlimpah. Bahkan ternyata ada banyak entrepreneur yang sukses menghasilkan kekayaannya diluar dari hal yang disukainya. Jadi, korelasi antara membangun bisnis online yang sesuai passion dengan kesuksesan belum dapat dikaitkan secara utuh. Menurut Ramit Sethi, penulis di New York Times, mengungkapkan bahwa mengikuti passion (hasrat diri) tidak akan cukup untuk membuat anda sukses di bisnis online. Ya, memang passion merupakan komponen vital, tapi itu harus dicocokkan dengan sistem bisnis online dan juga strategi pencapaian tujuan.

Bisnis Online mitos

2. Anda Tidak Membutuhkan Modal untuk Memulainya
Banyak pula persepsi yang beredar bahwa dalam bisnis online, anda bisa memulainya tanpa modal. Ini tak sepenuhnya benar ataupun salah. Memang anda tak harus menyediakan dana 7 atau 8 digit rupiah, tapi setidaknya anda perlu biaya untuk membeli domain, hosting, template profesional, desain logo, platform e-commerce, biaya internet dan sejenisnya.

3. Cukup Dengan Media Sosial, Anda Bisa Sukses
Media Sosial seperti Facebook dan Twitter dapat menjadi alat untuk kegiatan promosi dan marketing bisnis. Namun banyak perusahaan yang mendapati kenyataan bahwa strategi marketing lewat media sosial yang mereka lakukan tak cukup efektif, sehingga mereka harus tetap mengeluarkan biaya marketing dengan beriklan di media online. Mitos yang menyatakan bahwa hanya dengan bermodalkan  media sosial, anda bisa sukses berbisnis onlien, harus dikaji lagi.

4. Anda Bisa Tetap Kerja Sembari Melakoni Bisnis Online
Mungkin di awal-awal bisnis, anda bisa melakoni pekerjaan tetap sembari menjalankan bisnis online. Namun seiring perkembangan bisnis, Anda harus diputuskan untuk memilih yang paling potensial.

5. Anda Bisa Berkantor Di Mana Saja
Bisnis online adalah bisnis yang fleksibel. Anda dapat menjalankan bisnis dari mana saja, selama ada jaringan internet. Bahkan saat anda sedang di perjalanan atau di kamar hotel dapat menjadi tempat kerja anda. Namun, jika anda tidak menetapkan ruang kerja khusus untuk tempat kerja anda, maka itu takkan akan efektif. Anda perlu menetapkan ruang atau kantor kerja, tempat anda bisa fokus mengendalikan bisnis online anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait