5 Langkah Menemukan Jenis Pekerjaan yang Cocok

Bagi anda yang baru akan memasuki jenjang pendidikan tinggi ataupun yang tengah mencari lowongan pekerjaan, mungkin sedang mengalami perasaan bingung dalam memilih jurusan atau jenis pekerjaan yang paling cocok. Ketakutannya adalah jika telah berjalan sekian bulan, anda akan dihadapkan dengan kebosanan sehingga tidak lagi merasa nyaman kuliah atau bekerja. Memang, tidak semua orang bisa memiliki nasib beruntung memperoleh pekerjaan yang cocok dengan passion hidupnya. Banyak yang justru harus loncat sana loncat sini untuk menjalani profesi yang memang benar-benar di cintai. Tentu anda setuju jika melakukan pekerjaan yang memang kita senangi akan lebih mudah menghasilkan dibandingkan dengan pekerjaan yang bertolak belakang dengan minat kita. Meskipun pekerjaan yang kita lakoni adalah hal yang sulit, tapi jika itu adalah passion hidup kita, maka semuanya tidak lagi menjadi perkara yang memberatkan.

Nah, sebelum anda menyesal memilih profesi yang ternyata tidak membuat anda nyaman, maka anda harus cermat dan hati-hati dalam memilihnya. Berikut adalah lima langkah awal yang bisa anda terapkan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan hasrat anda.

1. Buat Rencana yang Jelas
pekerjaan yang cocok
Mungkin beberapa tahun yang lalu, anda mengimpikan pekerjaan sebagai seorang desainer. Namun, seiring perjalanan waktu dan pengaruh dari faktor luar, cita-cita anda bisa saja berubah 180 derajat. Dalam hidup, perubahan ini adalah sesuatu yang wajar. Nah untuk mengetahui apakah jenis profesi yang tengah anda jalani sekarang atau yang akan anda lamar merupakan pekerjaan yang cocok dengan hasrat anda, maka anda bisa meneropongnya dari rencana-rencana anda. Misalnya anda memiliki rencana dan tujuan dalam 1 - 2 tahu ke depan untuk memiliki sesuatu. Jika rencana-rencana tersebut tampaknya sulit diraih melalui karir yang anda rintis saat ini, maka kemungkinan besar pekerjaan yang sedang anda geluti saat ini memang kurang sesuai.

2. Melek Terhadap Potensi Diri
Orang yang bisa meraih kesuksesan adalah mereka yang sudah mengetahui dan menyadari potensi dirinya sejak dini, kemudian menyalurkan potensinya tersebut ke profesi yang sesuai. Bayangkan anda adalah seorang yang terampil dalam hal menggambar / melukis, kemudian bekerja di bidang kuliner, maka kemungkinan besar anda takkan mampu mengembangkan diri. Seorang ahli bernama Amber Rosenberg menyatakan bahwa sebagai karyawan anda harus mengetahui lima kemampuan utama yang dimiliki, dan tiga dari kemampuan / keahlian tersebut harus dimanfaatkan tiap hari dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Jika pekerjaan yang anda geluti saat ini tidak berhasil memperdayakan kemampuan tersebut, berarti itu pertanda pekerjaan anda kurang cocok. Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari bidang profesi lain atau meminta atasan anda untuk dipindahkan ke divisi yang sesuai.

3. Ikuti Intuisi atau Kata Hati Anda
Mungkin anda termasuk salah satu orang yang saat ini memiliki pekerjaan diluar dari cita-cita anda. Haruskah anda keluar dari pekerjaan tersebut? Eiiit, tunggu dulu! Keputusan ini harus didasarkan atas perasaan anda saat ini. Jika anda merasa puas dan bahagia dengan pekerjaan anda saat ini, maka artinya itu adalah karir yang cocok dengan anda. Orang yang puas dan bahagia dengan profesi yang ia geluti, akan lebih mudah berkembang dan sukses.

4. Analisa Visi dan Misi Pekerjaan Anda
Tak sedikit para pekerja yang tidak mengetahui apakah pekerjaan yang ia geluti saat ini memang sesuai dengan dirinya atau tidak. Apa yang menyebabkan hal itu? Kemungkinan besar karena mereka kurang menyadari apa yang sebenarnya diinginkan dari sebuah pekerjaan. Oleh karena itu, anda diharapkan melakukan analisa terhadap visi dan misi pekerjaan anda. Tulislah hal-hal yang menjadi visi misi anda dalam bekerja, misalnya apa yang membuat pekerjaan menjadi membahagiakan atau ingin memberi pengaruh apa bagi perusahaan. Jika visi misi anda terpenuhi dalam pekerjaan tersebut, maka lupakan untuk pindah pekerjaan.

5. Minta Pertimbangan dan Bantuan Teman Anda
Apakah anda masih bingung dalam menentukan pekerjaan yang cocok? Jangan ragu-ragu untuk meminta saran pendapat dari teman dan orang-orang terdekat anda. Dengan melihat kepribadian anda secara utuh, mereka biasanya memiliki gambaran tentang pekerjaan yang cocok dengan anda. Atau mungkin anda bisa meminta pertimbangan dari rekan kerja yang telah bersama anda setidaknya 6 bulan. Tanyakan padanya apakah bidang pekerjaan yang saat ini anda geluti sudah tepat atau tidak.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait