5 Artikel Wikipedia yang Paling Sering Diedit

Wikipedia adalah sebuah proyek bersama untuk mewujudkan Ensiklopedia terlengkap dalam semua bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia, komunitas daring dari orang-orang yang tertarik dalam membangun ensiklopedia berkualitas tinggi dalam semangat saling menghormati. Banyak orang menganggap bahwa Wikipedia sebagai sumber informasi terlengkap dan topik terluas. Wikipedia sering menjadi sumber referensi bagi para akademisi dalam menyusun tugas teksnya.

Wikipedia logo
Baru-baru ini, Wikipedia telah merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Sejak diluncurkan 15 Januari 2001, Wikipedia telah memiliki lebih dari 5 juta artikel, dan siapapun dapat memberikan entries dan mengedit tulisan. Berdasarkan catatan Wikipedia, artikel yang berbahasa Inggris paling sering diperbarui (diedit) oleh para sukarelawan  Wikipedia. Ada sekitar 808 juta kali tulisan berbahasa Inggris yang disunting selama mulai berdirinya Wikipedia.

Lalu tulisan atau artikel apa yang paling sering atau paling banyak diedit (di-update) oleh para penulis di Wikipedia?

Ternyata artikel tentang mantan presiden Amerika Serikat, George W. Bush, merupakan topik yang paling sering diedit di Wikipedia. Hingga saat ini, tulisan mengenai biografi George W. Bush tersebut telah disunting sebanyak 46.000 kali. Bahkan tulisan tersebut juga merupakan artikel yang paling banyak diedit dalam satu tahun. Tahun 2005, tulisan tersebut mengalami perbaikan (penyuntingan) sebanyak 20.894 kali oleh 538 orang yang berbeda.

Artikel Wikipedia
Data Forbes
Di posisi ke dua adalah artikel mengenai Perang Lebanon yang mengalami editing sebanyak 15.067 kali. Pada tahun 2009, artikel mengenai Perang Gaza disunting sebanyak 10.490 kali yang menempatkannya di posisi ke tiga. Artikel Sarah Palin yang merupakan wanita pertama sekaligus gubernur termuda yang pernah menjabat Gubernur Alaska menjadi topik yang paling sering diperbarui di Wikipedia pada tahun 2008 lalu. Sementara posisi ke lima adalah artikel tentang kecelakaan Malaysia Airlines Flight 370 yang diedit sebanyak 10.055 kali di tahun 2014 lalu.

Lalu apa artikel populer yang paling banyak diedit tahun 2015 lalu? Jawabannya adalah tulisan tentang "Geospatial summary of the High Peaks / Summits of the Juneau Icefield" yang mengalami perbaikan sebanyak 7.290 kali.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait