4 Persepsi Ini Bisa Hambat Kesuksesan Karir dan Bisnis Anda

Sebuah stigma dan persepsi yang beredar serta berkembang di masyarakat ternyata jika tidak disaring dengan baik justru bisa menghambat kemajuan karir atau bisnis anda. Banyak orang yang menerima dan percaya begitu saja persepsi dan pandangan umum yang ada di lingkungan sekitarnya. Padahal generalisasi tersebut belum tentu juga sama hasilnya pada diri anda. Nah, berikut ini disajikan empat persepsi di masyarakat yang bisa menjadi boomerang bagi karir anda jika percaya begitu saja. 

1. Plihlah Pekerjaan yang Tawarkan Gaji Besar
Jika anda sedang dihadapkan oleh dua tawaran pekerjaan dari perusahaan yang berbeda, tentu anda akan melihat seberapa besar gaji yang diberikan oleh perusahaan - perusahaan tersebut. Dalam situasi tersebut, banyak orang yang menyarankan agar anda memilih pekerjaan yang menjanjikan gaji besar. Mengapa? Karena persepsinya adalah "gaji yang lebih besar akan membuat anda lebih bahagia". Ya, besaran gaji memang menjadi salah satu tolak ukur dalam memilih pekerjaan. Banyak kita lihat kasus, seorang profesional sering berpindah-pindah ke perusahaan lain karena tergoda oleh tawaran gaji yang lebih besar. Namun setelah itu, mereka merasakan penyesalan. Kenapa? Karena mereka tidak merasakan kepuasaan dan tidak mampu mengembangkan dirinya dalam sebuah karir yang dipilih. So, berpikirlah 1000 kali untuk berganti atau berpindah profesi.

persepsi bisnis

2. Coba Jalani Dulu Pekerjaan yang Ada
Mungkin anda termasuk salah satu orang dari 80 persen pekerja yang tidak puas dengan pekerjaannya saat ini. Mengapa? Karena apa yang mereka geluti sekarang bukanlah passion mereka. Sering kali kita melihat orang bekerja pada suatu bidang pekerjaan yang tidak mereka sukai. Hal ini karena stigma di masyarakat yang menekankan anda agar "Coba jalani dulu pekerjaan yang ada". Apalagi jika passion yang ada pada dirinya belum terlihat menghasilkan uang, sementara pekerjaan yang ada saat ini bisa memenuhi kebutuhannya. Kondisi seperti itulah yang justru menjadi penghambat kesuksesan anda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika waktu yang anda miliki sekarang dimanfaatkan untuk merintis hal yang sesuai dengan minat anda, sebelum anda merasakan penyesalan karena waktu dan kesempatan tidak bisa terulang.

3. Belum Berani Memulai Bisnis
Dari data sebuah penelitian terungkap bahwa ada 70 persen pekerja yang berharap agar pekerjaan yang tengah dilakoinya saat ini bisa menjadi batu loncatan untuk membangun bisnis mandiri di masa depan. Hanya 15 persen yang memiliki kepercayaan diri untuk memulainya segera, sementara sisanya hanya bisa berangan-angan dan berharap ada keajaiban. Bahkan ketika peluang emas sudah ada di depan mata, mereka masih takut untuk melepas pekerjaannya. Akhirnya ketika mereka telah mulai yakin dan percaya diri untuk membangun bisnis, mereka menyadari kalau waktu (umur) tampaknya sudah tak mengizinkan lagi, apalagi di tengah sengitnya kompetisi bisnis.

4. Jangan Sembarangan Berani Mengambil Risiko
Mungkin anda sudah pernah menghitung ada puluhan peluang emas yang terlewatkan begitu saja. Hilangnya kesempatan itu didorong oleh persepsi "jangan sembarangan ambil risiko". Dan akhirnya anda merasa menyesal karena saat itu anda terlalu takut mengambil risiko tersebut. Padahal seseorang yang berani menempuh risiko adalah merekayang bakal lebih cepat sukses dalam karir dan bisnis ketimbang anda yang bersikap stagnan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait