2 Cara Mudah Meningkatkan Omset Bisnis Kuliner

Ketika bisnis telah mencapai taraf kemapanan, maka satu hal yang harus mulai dipikirkan adalah bagaimana cara mempertahankan eksistensi dan meningkatkan omset bisnis. Pada usaha bidang kuliner, satu jalan yang umum ditempuh oleh para pengusaha dalam meningkatkan omset usahanya adalah dengan melakukan ekspansi membuka cabang baru di beberapa lokasi yang berbeda. Dengan memiliki banyak cabang, maka ada peluang besar untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Tapi, membuka cabang baru berarti anda harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi, serta membutuhkan tenaga dan perhatian ekstra untuk mengontrol cabang baru tersebut. Intinya, anda harus menyiapkan dana dan tenaga ekstra untuk membangun cabang baru dan mengurusnya.

Namun, jika anda ingin lebih berhemat, baik itu dalam hal biaya dan tenaga, anda bisa menggunakan dua cara berikut ini untuk meledakkan omset bisnis kuliner anda.

bisnis kuliner

1. Membuka Toko Online
Jika selama ini anda hanya mengandalkan penjualan produk kuliner anda secara offline, maka sudah saatnya untuk menjangkau konsumen di dunia maya. Mungkin anda telah memiliki produk kuliner andalan yang bercita rasa lezat dan menjadi menu favorit bagi orang-orang di seputaran wilayah tempat usaha anda. Sangat disayangkan jika produk kuliner tersebut (kue, makanan kering, dan sejenisnya) hanya dinikmati oleh orang-orang yang tinggal di seputaran wilayah usaha anda. Oleh karena itu, sudah saatnya produk kuliner anda "go online". Dengan memasarkan produk kuliner anda lewat toko online, anda akan berpeluang menjangkau pangsa pasar se-Indonesia, bahkan seluruh dunia, sehingga omset bisnis pun bisa menjadi sangat besar. Silahkan baca langkah-langkah membuka toko online.

2. Mewaralabakan Bisnis Anda
Jika anda masih kurang familiar dengan konsep toko online, ataupun produk kuliner anda tidak mungkin bisa dipasarkan lewat internet (misalnya bakso, rendang, dan produk yang tidak tahan lama), maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan mewaralabakan bisnis anda. Model bisnis franchise menjadi cara tepat untuk meledakkan omset bisnis anda, apalagi saat ini banyak entrepreneur pemula yang tertarik pada bisnis waralaba, terutama bidang kuliner. Modal bisnis yang lebih terjangkau serta perputaran uang yang cepat merupakan alasan yang sering diajukan oleh pebisnis muda dalam memilih bisnis waralaba kuliner. Dengan semakin banyak orang yang tertarik pada paket waralaba yang anda tawarkan, maka itu sama artinya anda memiliki banyak cabang yang dikontrol langsung oleh para mitra anda. Selain royalti, anda juga akan memperoleh keuntungan dari penjualan bahan produk kepada mitra anda. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang cara mewaralabakan usaha anda.

Demikianlah dua langkah yang bisa anda tempuh untuk meledakkan omset bisnis kuliner anda. Dengan penggabungan kedua cara di atas, niscaya anda berpeluang membangun kerajaan bisnis kuliner yang besar dan kokoh.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait