Toko Online: Cara Meraih Untung Banyak Saat Musim Liburan

Menjelang musim liburan, terutama akhir tahun, aktivitas belanja masyarakat lewat media online akan meningkat signifikan. Sebagai pemilik toko online, Anda pasti telah menyadari hal ini dan tentunya telah mempersiapkan beragam rencana dan ide serta strategi untuk memanfaatkan momen liburan tersebut agar semakin meningkatkan omset bisnis anda. Anda mungkin berencana untuk mendekorasi ulang toko offline anda, serta juga membuat tampilan baru (new design) pada toko online anda agar terlihat lebih fresh dan menarik. Mungkin juga anda berencana untuk menyediakan souvenir atau bingkisan menarik bagi para konsumen yang berbelanja di toko anda (offline / online). Intinya adalah menarik sebanyak-banyak para konsumen di musim liburan ini. Nah sebagai tambahan, berikut disajikan 8 kiat ekstra untuk mencapai keuntungan berlipat di musim liburan ini.

1. Adu Cepat, Mulai Sekarang Juga
Musim liburan panen toko online
Jangan tunda, musim liburan ada batasnya. Lakukan sekarang apa yang anda rencanakan. Anda mungkin akan menerapkan desain template terbaru untuk situs anda, melakukan promo dan sejenisnya. So, lakukan segera sebelum aktivitas belanja konsumen mulai menurun.

2. Lakukan Optimasi SEO untuk Website Anda
Search Engineering Optimation merupakan bagian penting bagi anda yang memiliki toko online. Dengan upaya optimalisasi tersebut, peringkat situs anda menjadi lebih baik sehingga lebih mudah mendatangkan pengunjung internet.

3. Mulailah Menerapkan Situs versi Mobile
Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet kian hari semakin beranjak. Dan desain toko online anda harus menyesuikan dengan tampilan di perangkat mobile. Data menunjukkan bahwa toko online yang telah menrapkan situs versi mobile-nya akan mengalami peluang peningkatan omset sekitar 30 persen.

4. Buat Konten yang Menarik
Konten berupa gambar maupun artikel yang unik adalah salah satu cara terbaik untuk masuk peringkat pertama di mesin pencari Google. Ini berarti anda harus meningkatkan kemampuan menulis dan copywriting anda, atau juga menyewa jasa penulis (pembuat content) yang handal.

5. Tingkatkan Daya Tarik dengan Konten Video
Jika konten gambar dan teks masih belum mampu menarik minat pengguna internet, maka tambahkan dengan konten berupa video, baik video promo produk maupun video tutorial yang membuat calon konsumen memahami apa yang bisnis anda tawarkan. Anda bisa menguploadnya pada situs anda, di Youtube, atau lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram. Selain menarik perhatian pengguna internet, penyediaan konten video ternyata menurut para webmaster juga sangat bagus untuk SEO.

6. Buat dan Lakukan Kampanye Special Musim Liburan
Untuk mendapatkan perhatian khusus pada musim liburan ini, anda wajib membuat sebuah halaman khusus pada web anda, sehingga para pelanggan akan dapat dengan mudah mengetahui apa saja program khusus yang anda tawarkan pada masa liburan ini. Berikan mereka kemudahan dalam menemukan dan mendapatkan keuntungan berlipat di musim ini, seperti kode kupon, voucher hadiah, serta penawaran spesial dari toko online anda.

7. Jangan Lupakan Pemanfaatan Media Sosial
Pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan sejenisnya merupakan kewajiban yang harus anda lakukan untuk mendapat calon pelanggan baru sekaligus juga media untuk mempromosikan bisnis dan program musim liburan kali ini. Optimalkan jejaring sosial tersebut untuk kampanye bisnis toko online anda.

8. Online dan Offline Berjalan Bersama
Bila anda tidak memiliki tempat untuk membuka toko nyata, maka upayakan jangan hanya terpaku pada online shop saja. Anda bisa memanfaatkan bazar atau pameran untuk memperkenalkan brand anda ke khalayak ramai.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait