Tips Memilih Antara Investasi Apartemen dengan Investasi Condotel

Apakah tahun ini anda berencana untuk menginvestasikan uang anda dalam bisnis properti? Jika ya, mungkin anda tengah bingung menentukan pilihan antara membeli apartemen atau menginvestasikan uang anda pada condotel. Nah, untuk menentukan pilihan yang tepat, berikut disajikan sekilas tentang penjelasan kedua pilihan bisnis properti tersebut.

Condotel bagi sebagian orang menyebutnya dengan nama kondo saja, yang merupakan singkatan dari kondominium-hotel. Arti sederhananya adalah apatemen yang difungsikan sebagai hotel. Ukuran condotel juga tak jauh beda seperti apartemen, yakni juga memiliki aneka ragam tipe unit, dengan spesifikasi ruangan meliputi kamar tidur, kamar mandi, dan juga ruang untuk bekerja atau ruang santai. Tren kemunculan condotel tak lepas dari pertumbuhan dan perkembangan hotel yang kian marak. Karena fungsi sebagai hotel, maka komplek condotel biasanya banyak dibangun di kawasan pariwisata, seperti Bali, Bandung, Bogor, dan juga saat ini adalah di kawasan Belitung sebagai tempat dan tujuan pariwisata mancanegara dan turis lokal.

Sementara itu, jika dilihat dari fasilitasnya, condotel banyak dibangun dengan fasilitas yang hampir menyerupai hotel berbintang, misalnya ada kolam renang, restauran, pusat kebugaran, spa, hingga taman bermain. Secara spesifik sisi perbedaan antara apartemen dengan condotel, antara lain:

Condotel merupakan unit apartemen yang telah fully furnished atau yang telah komplit perabotan dan perlengkapan rumahnya, sehingga bagi anda yang memiliki sebuah unit condotel, maka anda tidak perlu memikirkan untuk membeli peralatan dan perabotan tersebut. Semuanya telah ditangani oleh pihak pengelola. Sedangkan jika anda membeli sebuah unit apartemen, maka perlengkapan interior yang biasanya diperoleh adalah pendingin ruangan serta instalasi air dan listrik. Artinya, anda sendiri yang menentukan dan mengurusi masalah isi ruang apartemen tersebut. Sebagai pemilik, anda bebas untuk merubah dan mendekorasi ruang apartemen sesuai keinginan anda.

Ditinjau dari sisi hunian, anda yang memiliki condotel hanya diperbolehkan menempatinya 7 kali dalam setahun. Artinya anda dibatasi untuk memakai condotel tersebut, karena memang difungsikan untuk disewakan seperti hotel. Sedangkan jika anda membeli apartemen, tidak ada batasan apapun yang membatasi anda, karena seisi unit apartemen tersebut adalah hak milik anda. Anda bisa menempatinya atau disewakan kepada orang lain untuk memperoleh keuntungan investasi dari apartemen tersebut.

Dari sisi keuntungan, anda yang berinvestasi pada unit condotel harus berbagi keuntungan (sharing profit) dengan pihak pengelola (operator). Umumnya pembagian keuntungannya adalah 70% untuk investor dan 30% untuk pihak pengelola. Sementara keuntungan dari investasi di apartemen bisa Anda miliki sepenuhnya.

Jika anda melihat prospek keuntungannya, tentu yang paling menguntungkan adalah investasi properti apartemen, karena anda sendiri yang memilikinya langsung dan berkuasa penuh atas keuntungan dari hasil sewa maupun penjualan apartemen tersebut. Sedangkan investasi pada properti condotel memiliki masa berlaku sekitar 30 tahun sebagai milik anda. Nah ketika masa berlakunya telah habis, maka harus dikembalikan lagi kepada pengelola. Selain itu, jika dibandingkan dengan condotel, investasi pada apartemen mempunyai nilai capital gain yang lebih tinggi.

Sementara itu, jika kita tinjau dari Break Event Point antara kedua investasi properti ini, menurut pengalaman para pelaku bisnis (investor) properti, yang paling cepat BEP atau balik modalnya adalah investasi di bidang condotel. Investasi pada condotel menjanjikan titik impas (BEP) lebih cepat dibandingkan anda berinvestasi pada apartemen. Beberapa investor properti di Bali mengaku dapat mencapai break event point hanya kurun waktu dua sampai 3 tahun saja, apalagi jika lokasi condotel tersebut berada di kawasan strategis. Sementara investasi untuk properti apartemen rata-rata mampu mencapai BEP setelah 5 tahun.

Ada hal menarik jika anda memilih investasi pada condotel, yakni pemberian jaminan ROI (Return of Investment) sebesar 8% per tahun, dalam tiga tahun pertama. Misalnya anda membeli sebuah condotel senilai 1 milyar rupiah, berarti keuntungan yang anda peroleh setiap tahun adalah 80 juta rupiah.

Dalam jangka panjang, investasi apartemen lebih menjanjikan, sebaliknya dalam jangka pendek investasi condotel lebih menguntungkan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait