Sukses Menggeluti Bisnis Sewa Sepeda Online

Saat ini gaya hidup modern di masyarakat perkotaan telah berubah menuju ke hal-hal yang alami, yakni konsep 'back to nature' dan juga 'green living'. Salah satu gaya hidup modern yang mulai banyak diterapkan adalah 'Bike to Work' yakni pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda gayung. Selain itu, beberapa pemerintah daerah juga mulai sering mengadakan acara sepeda santai yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih sering memakai sepeda daripada menggunakan sepeda motor yang boros energi, seperti yang sudah umum diterapkan oleh negara-negara barat. Salah satu pemerintah daerah yang sangat gencar melakukan acara fun bike adalah Pemda DKI Jakarta. Bahkan di sana, di beberapa jalan protokol telah diterapkan aturan bebas kendaraan, khususnya pada hari minggu, seperti di Jalan Jenderal Sudirman dan M.H. Thamrin. Banyaknya acara fun bike yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta bisa menjadi kesempatan dan peluang bagus untuk membuka bisnis penyewaan sepeda.

Tidak sedikit event - event yang diselenggarakan oleh perusahaan - perusahaan, baik swasta maupun BUMN yang membutuhkan penyediaan sepeda yang banyak. Hal ini memunculkan peluang bisnis yang menawarkan jasa rental sepeda, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang ingin menyelenggarakan event tertentu. Biasanya pihak perusahaan ingin menyewa unit sepeda dalam jumlah banyak untuk para direksi dan karyawannya, sehingga akan semakin memperbesar potensi keuntungan. Tertarik untuk menggeluti bisnis ini? Untuk semakin memperluas pemasaran dan juga mempermudah calon pelanggan menemukan bisnis anda, maka perlu diintegrasikan dengan media online (website).

Bisnis sewa sepeda dayung online
Bagaimanakah caranya memulai usaha sewa sepeda dayung tersebut? Untuk memulai bisnis rental sepeda online ini, ada beberapa hal yang haru diperhatikan, diantaranya adalah website (situs) yang bagus, tempat usaha sekaligus gudang penyimpanan, tenaga pemasaran, dan stok sepeda yang mencukupi, baik itu jumlahnya maupun jenisnya, seperti sepeda gunung dan fixie. Untuk menekan biaya marketing, anda bisa bekerjasama dengan para komunitas pencinta sepeda.

Beberapa tantangan yang sering dihadapi dalam bisnis rental sepeda ini, antara lain: pangsa pasar yang mungkin masih terbatas, pengeluaran biaya perawatan dan kerusakan, serta penyewa yang nakal (penipu).

Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Penyewaan Sepeda

Beberapa kiat berikut dapat anda terapkan dalam menjalankan bisnis rental sepeda:

1. Mengikuti beragam event dan acara yang terkait dengan komunitas sepeda.
2. Membuat situs dengan tampilan yang menarik dan jelas agar memudahkan calon pelanggan melakukan pemesanan.
3. Menyediakan paket penawaran rental yang bervariasi untuk memberikan alternatif bagi para pelanggan. 
4. Menyediakan stok sepeda yang komplit. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait